Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Bagian Luar Kulkas Mini Panas? Ini Penyebab dan Solusinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak manfaat memiliki kulkas mini. Di rumah, kulkas mini bisa digunakan khusus untuk menyimpan minuman dingin atau bahkan ASI.

Sementara itu, bagi Anda yang tinggal di kamar kost, kulkas mini bisa memberikan kenyamanan dalam menyimpan makanan dan minuman.

Namun demikian, salah satu masalah yang kerap terjadi adalah bagian luas kulkas mini panas. Jangan khawatir, ini bukan tanda kulkas mini rusak.

Dikutip dari Home Cook World, Minggu (24/9/2023), berikut penyebab bagian luar kulkas mini panas dan solusinya.

Sisi panas pada kulkas mini mungkin tampak mengejutkan pada awalnya, namun ada penjelasan logis di balik hal ini, dan semuanya bergantung pada cara kerja pendinginan.

Saat Anda mencolokkan kulkas mini dan kulkas tersebut mulai mendinginkan minuman dan makanan, fungsinya lebih dari sekadar meniupkan udara dingin. Faktanya, kulkas mini secara aktif menghilangkan panas dari dalam, dan panas itu harus pergi ke suatu tempat.

Panas itu mengarah ke samping.

Di dalam kulkas mini, zat pendingin bergerak melalui serangkaian kumparan. Saat bergerak, ia menyerap panas dari dalam kulkas mini dan kemudian memindahkannya ke kumparan luar, melepaskan panas ke lingkungan sekitar.

Proses inilah yang menyebabkan sisi kulkas mini terasa hangat, atau pada hari yang sangat hangat, terasa panas jika disentuh.

Wajar jika bagian luar kulkas mini hangat atau panas. Artinya kulkas mini sedang melakukan tugasnya, yakni mengalihkan panas dari dalam ke luar.

Oleh karena itu, jika kulkas mini sering terasa terlalu panas, itu mungkin pertanda kulkas tersebut bekerja terlalu keras, yang mungkin disebabkan oleh beberapa faktor. Bisa jadi karena penuh dengan barang, tidak ada aliran udara di sekitarnya, atau diletakkan di ruangan yang panas.

Solusi menangani bagian luar kulkas mini panas

Meskipun bagian luar yang hangat merupakan ciri khas kulkas mini, permukaan yang terlalu panas mungkin merupakan tanda bahwa kulkas bekerja lebih keras dari yang seharusnya.

Berikut beberapa solusi untuk memastikan kulkas mini mendinginkan makanan dan minuman secara efisien tanpa menjadi panas.

1. Jangan mengisi kulkas mini terlalu penuh

Mungkin Anda tergoda untuk mengisi kulkas mini sampai penuh. Namun, hal ini dapat membatasi aliran udara di dalam, sehingga mempersulit kulkas untuk mendinginkan semuanya secara merata.

Hal ini, pada gilirannya, memaksa kulkas bekerja lembur, sehingga menyebabkan panas berlebih. Jadi, sisakan sedikit ruang di antara makanan dan minuman agar udara dapat bersirkulasi dengan bebas.

2. Pertahankan aliran udara yang baik di sekitar kulkas

Sama seperti kulkas yang membutuhkan aliran udara di dalam, kulkas mini juga memerlukan ruang bernapas di luar. Jika Anda meletakkan kulkas di sudut yang sempit, atau mendorongnya ke dinding atau furnitur, kulkas mungkin kesulitan melepaskan panas secara efektif.

Sediakan ruang kosong beberapa inci di seluruh sisi kulkas mini agar panas dapat hilang dengan baik.

3. Jangan letakkan kulkas mini di ruangan yang panas

Jika kulkas mini berada di ruangan yang cukup panas, misalnya di samping jendela yang terkena sinar matahari, atau di ruangan tanpa kipas angin atau AC, maka kulkas tersebut harus bekerja lebih keras.

Pertimbangkan untuk memindahkan kulkas ke tempat yang lebih sejuk di rumah atau kamar kost. Area yang jauh dari sinar matahari langsung atau peralatan penghasil panas adalah yang terbaik.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/09/24/104700776/kenapa-bagian-luar-kulkas-mini-panas-ini-penyebab-dan-solusinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke