Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Membasmi Serangga dari Kamar Tidur

Namun, hal ini bukan ide baik karena ketika terbangun bukan tak mungkin ada "tamu" yang tidak diinginkan masuk ke kamar tidur, seperti serangga, di antaranya nyamuk dan lalat.  

Membiarkan jendela kamar tidur tetap terbuka dapat mengundang serangga pun masuk dengan sendirinya.

Terlepas dari usaha Anda membasmi lalat dan mengusir nyamuk dari rumah, tidak diragukan lagi akan ada satu atau dua serangga yang tidak mau berhenti mencoba.

Dilansir dari Ideal Home, Sabtu (23/9/2023), berikut beberapa cara membasmi serangga dari kamar tidur tanpa harus mengorbankan kenyamanan ruangan yang sejuk. 

Difusser beraroma serai atau minyak esensial kayu putih dapat membantu mengusir serangga dari kamar tidur. 

Meski menggunakan lilin serai wangi untuk mengusir nyamuk terbukti bukan metode paling efektif, minyak serai wangi di sisi lain adalah pemenangnya, ditambah ini dapat membuat rumah menjadi harum.  

Sebagai alternatif, cobalah menggunakan minyak peppermint atau lavender. Cukup tambahkan beberapa tetes ke dalam botol semprotan air dan sebarkan campuran tersebut di sekitar rumah dengan fokus pada jendela dan pintu. 

Gunakan metode alami

Selanjutnya, cara membasmi serangga dari kamar tidur adalah menggunakan metode alami.

Jika ingin memulai kebun herbal kecil sendiri, entah itu di luar ruangan atau di beberapa wadah di ambang jendela, tidak ada waktu lebih baik daripada sekarang untuk mempelajari cara memperbanyak rosemary atau lavender.

Jonathan mengatakan menanam tanaman herbal pengusir serangga, seperti rosemary atau lavender, di dekat jendela dapat mencegah serangga muncul di kamar tidur.  

Bahkan, jika tidak menanam herbal sendiri, Anda bisa membelinya di toko dan meletakkan buket lavender segar di dalam vas di atas meja samping tempat tidur yang rapi, seperti yang direkomendasikan Sophie Thorogood dari tim teknis Pest-Stop.

Untuk upaya lebih mudah lagi, letakkan kulit jeruk segar di area lalat cenderung berdengung.

Dominic Lees-Bell, ahli kebersihan di Tap Warehouse, mengungkapkan rempah-rempah lain seperti serai, kemangi, dan peppermint juga efektif mengusir lalat.  

Tunggulah hingga Anda berencana tidur untuk mematikan lampu besar di kamar tidur. 

Nick Shacklock dari Online-Bedrooms memastikan Anda akan memiliki lebih sedikit kesempatan bagi hama-hama ini untuk masuk ke kamar tidu jika menyingkirkan cahaya yang berpotensi mereka ikuti. 

Tempatkan kipas angin di dekat jendela kamar tidur 

Jika mencari solusi sederhana lainnya, cobalah menempatkan kipas angin di dekat jendela. Ini adalah trik jenius mencegah serangga terbang.

Apakah Anda memilih kipas angin terbaik yang bisa dibeli dengan uang atau memilih yang lebih kecil, seperti kipas angin genggam John Lewis, pasti akan membuat perbedaan.

"Kipas angin mengusir lalat dan nyamuk, keduanya tidak menyukai udara bergerak. Menempatkan kipas angin di dekat jendela akan mencegah lalat dan nyamuk masuk," imbuh Nick.  

Jaga kebersihan kamar tidur 

Menjaga kebersihan ruangan menjadi cara membasmi serangga dari kamar tidur. Lalat sangat tertarik pada lingkungan hangat, yang membuat rumah menjadi tempat ideal dpada musim panas.

Jika memiliki kecenderungan makan di kamar tidur atau menyimpan tempat sampah di sana, Dominic mengingatkan membuang buah dan sayuran yang sudah terlalu matang serta menjaga tempat sampah tertutup rapat dan mengosongkannya secara teratur.

Dia menambahkan, selain makanan busuk, bau gula juga bisa menarik perhatian lalat. Maka itu, hindari makan dan minum di kamar tidur serta menyimpan makanan di meja dapur. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/09/23/085000276/5-cara-membasmi-serangga-dari-kamar-tidur-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke