Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Hal yang Harus Dilakukan Saat Pindah ke Rumah Baru

Sebab, ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum pindah rumah, dari memilah barang-barang yang akan dibawa, mengemas barang, hingga mengurus berbagai macam dokumen. 

Namun, selain persiapan tersebut, ada beberapa hal yang tak kalah penting yang harus dilakukan saat pindah ke rumah baru untuk memastikan Anda dan hunian dalam kondisi aman. 

Dikutip dari House Digest, Jumat (8/9/2023), berikut sejumlah hal yang harus dilakukan saat pindah ke rumah baru. 

Jadi, jangan mengambil risiko orang-orang tidak bertanggung jawab dapat masuk, bahkan melakukan tidak kriminal di rumah Anda. 

Anda dapat menghubungi tukang kunci profesional untuk mengganti kunci dengan cepat dan mudah. Pastikan menyimpan kunci cadangan di tempat yang aman. 

Lakukan pembersihan mendalam

Selanjutnya, hal yang harus dilakukan saat pindah ke rumah baru adalah pembersihan mendalam dan menyeluruh pada hunian. 

Hal ini akan membuat rumah terasa lebih bersih dan nyaman serta membantu Anda menemukan masalah atau kerusakan yang mungkin ada di rumah baru. 

Periksa peralatan

Setelah pindah ke rumah baru, penting memeriksa semua peralatan yang ada di dalam. Hal bertujuan memastikan semua peralatan berfungsi baik dan tidak ada kerusakan. 

Tentu saja, memeriksa ini dapat melindungi keselamatan semua anggota rumah serta keamanan rumah dari risiko kebakaran.

Ganti filter HVAC

Filter HVAC adalah komponen penting dari sistem pemanas, ventilasi, dan AC (HVAC). Filter membantu menyaring debu, alergen, dan partikel lain dari udara yang masuk ke rumah.

Setelah pindah ke rumah baru, penting mengganti filter HVAC untuknmembantu memastikan sistem HVAC berfungsi efisien dan mejaga udara di rumah baru tetap bersih.  

Periksa pipa dan listrik

Setelah pindah ke rumah baru, penting memeriksa pipa dan listrik untuk memastikan  semuanya berfungsi  baik dan tidak ada kerusakan, yang dapat membahayakan hunian. 

Hal ini akan memastikan Anda tetap menerima layanan yang dibutuhkan dan menghindari masalah pada kemudian hari, seperti salah mengirim dokumen serta paket barang.  

Pastikan rumah bebas hewan pengerat

Setelah pindah ke rumah baru, penting memeriksa hama guna memastikan hunia bebas  serangga, tikus, dan hewan pengerat lainnya.

Temukan katup penutup air utama

Terakhir, hal yang harus dilakukan saat pindah ke rumah baru adalah menemukan katup penutup air utama.

Katup ini penting karena membantu pemilik rumah mematikan aliran air ke seluruh rumah dalam keadaan darurat, seperti kebocoran pipa atau banjir.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/09/08/190809476/9-hal-yang-harus-dilakukan-saat-pindah-ke-rumah-baru

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke