Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Ini 7 Cara Menambahkan Warna pada Ruang Tamu

Menambahkan warna bisa menjadi pilihan membuat ruang tamu menarik sekaligus menyegarkan. Warna bisa dihadirkan dengan berbagai elemen dekorasi dan aksesori. 

Tentu saja, cara ini hemat biaya serta cocok untuk Anda yang tidak berencana menggunakan warna-warna tersebut secara permanen.

Dikutip dari House Beautiful, Sabtu (2/9/2023), berikut sejumlah cara menambahkan warna di ruang tamu.

Karpet tak hanya menambahkan warna, tapi juga mengubah tampilan ruangan serta memberi kenyamanan, kehangatan, tekstur, dan pola pada ruangan.

"Tergantung selera, Anda bisa memilih pola modern, warna solid, tekstur organik lembut, atau karpet antik yang tidak terlalu mencolok untuk mengubah nuansa rumah," imbuhnya.

Bantal

Ramsey mengatakan suka menambahkan aksen warna pada sebuah ruangan dengan bantal. Namun, jangan puas dengan dua bantal yang sama persis. Ia menyarankan memilih koleksi bantal yang serasi.

Susan Spath, principal designer di Kern & Co, mengatakan, jika ingin menyegarkan sofa charcoal, memilih bantal bermotif warna-warni yang menyenangkan akan membuatnya lebih hidup.

"Bingkai jendela dengan motif warna-warni yang menyenangkan atau pilih kain warna solid dengan hiasan apik," ujarya.

Ia lebih menyukai warna lebih gelap serta berat dengan tekstur beludru dan wol yang menambah kesan lembut.

Jika menyukai tirai yang lebih terbuka, kain linen, atau tirai sheer dapat menciptakan kesan ringan dan lapang.

Aksen natural

Tambahkan tanaman untuk menghidupkan ruangan secara alami. Jika mendapatkan cahaya terang, Ramsey menyarankan menambahkan tanaman pohon ara biola untuk menciptakan bayangan indah dari daunnya yang besar.

Tanaman penuh warna juga bisa menambahkan suasana menyenangkan diruang tamu. Di area yang tidak mendapat sinar matahari melimpah, cobalah meletakkan tanaman dengan perawatan lebih rendah, seperti lidah mertua atau mmenambahkan bunga palsu ke rak buku, tangga, dan pintu masuk.

Meacham mengatakan lampu atau sconce dengan kap lampu putih itu membosankan. Ia menyarankan berinvestasi pada beberapa kap lampu berwarna-warni yang memancarkan warnanya ke sekeliling ruangan.

Rak buku

Menurut Mindy O'Connor, principal dan pendiri Melinda Kelson O'Connor Architecture, menambahkan wallpaper pada rak buku built-in atau rak buku biasa akan menambah kedalaman dan daya tarik di ruang tamu. 

"Ditambah, ini jauh lebih sederhana dan investasi lebih minimal daripada menutupi dinding Anda," ucapnya.

Sebagai alternatif, cat rak-rak yang ada di ruang tamu.

Alice Chiu, principal designer Miss Alice Designs, mengatakan, jika ruang tamu sebagian besar berwarna netral, mengubah warna rak built-in atau rak yang berdiri sendiri menjadi lebih gelap, seperti biru tua, hitam, coklat, atau forest green akan menciptakan kontras visual yang menarik.

Menyegarkan barang dekoratif

Ramsey merekomendasikan menukar pernak-pernik yang sudah ketinggalan zaman dengan barang-barang yang lebih kekinian.

"Kita bisa terjebak dengan barang-barang dekoratif yang sama di rumah selama bertahun-tahun karena takut membuangnya," ucapnya.

Carilah barang dekorasi baru yang sesuai. Seiring dengan perubahan gaya dan tren, Anda bisa memperbaruinya.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/09/02/120000876/simak-ini-7-cara-menambahkan-warna-pada-ruang-tamu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke