Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menanam Nanas di Air, Gunakan Mahkotanya

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak tanaman yang bisa ditanam di air, termasuk tanaman buah. Salah satunya adalah nanas, dengan memanfaatkan mahkotanya atau bagian daunnya. 

Dikutip dari My Recipes, Kamis (31/8/2023), menanam nanas sendiri adalah proses yang sangat mudah, walaupun sangat lambat.

Nanas adalah buah tropis asli Amerika Selatan. Nanas tumbuh dari batang tengah yang ditanam di tanah.

Jika Anda ingin menanam nanas, Anda harus bersabar. Sebab, butuh waktu beberapa tahun sebelum Anda benar-benar dapat menikmati hasil panennya. 

Ada pendapat bahwa yang terbaik adalah menanam tajuk dalam segelas air. Tujuannya agar akar dapat berkembang sebelum memindahkan tanaman ke tanah.

Ada pula yang berpendapat bahwa yang terbaik adalah melewatkan perantara dan memindahkan tajuk langsung ke dalam tanah.

Berikut cara menanam nanas di air sebelum dipindahkan ke tanah. 

Pertama, pilih nanas yang sehat. Nanas tersebut harus memiliki banyak daun hijau dan tampak sehat.

Putar daun dari badannya. Pegang nanas dengan kuat menggunakan satu tangan dan pegang pangkal daunnya dengan tangan lainnya.

Mengambilnya dari pangkal adalah hal yang penting untuk memastikan daun tetap utuh dan terlepas dalam keadaan utuh. Setelah Anda memegang erat kedua tangan, pelintir daun nanas.

Kupas beberapa lapisan bawah daun untuk memperlihatkan batangnya. Anda akan mendapatkan sekitar satu inci batang yang terbuka.

Biarkan batangnya mengering selama beberapa hari. 

Rendam batang yang terbuka ke dalam air. Pilihlah gelas atau stoples yang mulutnya cukup besar untuk menampung batangnya, namun cukup kecil agar seluruh isinya tidak terjatuh.

Daunnya harus terlihat di bagian atas stoples, sedangkan batangnya harus terendam. Letakkan toples di dekat jendela yang mendapat banyak sinar matahari.

Anda akan mulai melihat akar putih tumbuh dalam waktu sekitar satu minggu.

Setelah akarnya terbentuk sempurna, saatnya memindahkannya ke tanah. Gunakan media tanam yang cepat kering dan pot berukuran 6 hingga 8 inci dengan drainase bawah.

Jagalah agar tanah tetap lembap, tetapi hindari penyiraman yang berlebihan. Penyiraman ringan seminggu sekali sudah cukup untuk menjaga tanaman nanas tetap sehat dan tumbuh subur.

Pemupukan dilakukan sebulan sekali selama musim tanam.

Anda dapat memindahkan tanaman ke luar selama cuaca panas ke area yang mendapat sebagian sinar matahari. Pindahkan ke dalam ruangan selama musim hujan atau cuaca sejuk.

Seiring waktu, daun asli akan mulai berubah warna menjadi coklat. Buang daun-daun yang mati agar ada ruang bagi daun baru untuk tumbuh.

Setelah beberapa tahun, kerucut merah akan muncul. Ini akan diikuti oleh bunga dan buah.

Jika semua berjalan sesuai rencana, buah akan siap dipanen sekitar enam bulan setelah muncul. Biarkan nanas matang sepenuhnya sebelum Anda memanennya.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/31/223603176/cara-menanam-nanas-di-air-gunakan-mahkotanya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke