Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Ide Mendekorasi Ruang Makan dengan Warna Biru

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna biru sering diasosiasikan dengan langit cerah dan laut. Warna biru menjadi latar belakang yang bagus untuk dan menciptakan suasana menenangkan pada berbagai ruangan, termasuk ruang makan.

Dari biru telur asin, hingga navy blue, ada berbagai pilihan warna untuk ruang makan Anda sehingga tampak elegan, bahkan hangat. Warna biru bisa menjadi pilihan yang cocok untuk ruang makan berukuran besar maupun kecil.

Dikutip dari Homes and Gardens, Kamis (31/8/2023), berikut sejumlah ide mendekorasi ruang makan dengan warna biru.

1. Tambahkan material kain dan karya seni biru

Jika mencari warna biru yang serasi dengan ide ruang makan kecil, Anda mungkin perlu menjaga ruangan sebagan besar berwarna putih agar terasa lebih besar dan membawa warna biru sebagai warna aksen.

Emma Sims-Hilditch, pendiri Sims Hilditch Interiors, menyarankan mempertimbangkan menggunakan warna biru di sekeliling ruangan.

"Pada kain yang digunakan pada pelapis kursi makan, pada karya seni dan bahkan pada bunga dan dedaunan yang diletakkan di atas meja makan," katanya.

Ia menambahkan, untuk membuat tampilan menonjol, Anda bahkan dapat mempertimbangkan mengecat kayu dengan warna biru tua guna menambah kesan dramatis pada desain.

2. Gunakan sebagai warna aksen

Jika ingin menghadirkan warna biru ke dalam ruang makan dengan cara yang lebih halus, Anda dapat menjadikannya sebagai warna aksen.

Teknik menambahkan warna yang tak terduga di area kecil di ruang makan adalah salah satu cara tercepat menambahkan kesan dramatis pada sebuah ruang.

"Biru dapat bekerja dengan baik sebagai warna aksen di ruang makan yang diimbangi denagn latar belakang netral, benar-benar membuatnya menonjol," terang Sims-Hilditch.

3. Tambahkan percikan warna biru

Sims-Hilditch mengatakan, biru tidak harus menjadi warna utama yang digunakan dalam palet warna Anda.

Anda dapat menambahkan percikan warna ke ruang dengan memasukkan buku-buku bersampul biru ke dalam rak buku atau melengkapi meja makan dengan serbet biru.

Sebagai contoh, Anda dapat menambahkan warna biru dengan cara halus seperti melalui taplak ruang makan sehingga menambahkan warna pada palet netral.

4. Ciptakan kehangatan dengan nuansa tanah

Cortney Bishop, desainer interior, mengatakan biru cenderung menjadi warna menonjol di ruang makan. Ia tidak menyarankan menggunakan warna sangat kontras seperti kuning dan oranye.

Sebaliknya, ia melengkapi warna biru dengan warna organik dan alami yang mudah menyatu dengan warna yang lebih sejuk.


"Pilihlah warna dengan rona warna tanah yang membangkitkan rasa kehangatan. Saya cenderung tertarik pada warna-warna yang tidak terlalu kontras untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman," ungkap Bishop.

5. Gunakan beberapa warna biru

"Dengan warna biru yang tepat, Anda bisa menciptakan lingkungan yang hangat dan ramah," kata Nicole Salvesen, Co-founder Salvesen Graham.

Menurutnya, menggunakan beberapa warna biru secara bersamaan dapat melembutkan skema, sementara menambahkan warna-warna komplementer akan menambah ketertarikan dan kehangatan pada ruangan.

6. Menambahkan tekstur dengan wallpaper

Ruth Mottershead, Creative Director di Little Greene, mengatakan, ruang makan adalah tempat yang tepat untuk menambahkan tekstur pada desain interior dengan menggunakan wallpaper.

"Pola merupakan pilihan pribadi, tapi ingatlah untuk memilih warna cat komplementer yang akan membantu Anda menciptakan interior yang lebih kohesif dan terkoordinasi," terang dia.

7. Dapatkan tampilan bersih dengan warna putih dan biru

Dekorasi biru dan putih tak lekang oleh waktu dan merupakan salah satu kombinasi desain interior klasik, cocok untuk menciptakan estetika tenang namun segar.

Jadikan putih sebagai warna dasar, tambahkan perabot biru, padukan dengan corak dan pola. Sedikit warna hijau juga cocok dengan kombinasi ini.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/31/135100176/7-ide-mendekorasi-ruang-makan-dengan-warna-biru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke