Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kamar Tidur Berantakan Bisa Ciptakan Kecemasan dan Gangguan Tidur

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi kamar tidur tidak hanya memengarugi tampilan ruangan secara keseluurhan. Namun, menurut sejumlah ahli, kamar tidur berantakan bisa mengganggu kualitas tidur Anda.

Dikutip dari Homes & Gardens, Senin (28/8/2023), kekacauan memiliki konotasi negatif, namun tidak dapat dihindari di rumah. Apabila Anda sedang mencari cara untuk tidur lebih nyenyak, solusinya bisa dengan merapikan kamar tidur.

Penting untuk mengingat seberapa besar pengaruh lingkungan terhadap tidur kita. Kamar tidur yang berantakan dan berantakan tidak hanya memengaruhi seberapa cepat Anda tertidur, tetapi juga kualitas tidur Anda, kata pakar tidur dan pemilik Bed Guru Carl Walsh.

Jika Anda dikelilingi oleh kekacauan sebelum tidur, kemungkinan besar Anda akan merasa cemas atau gelisah.

Robert Pagano, salah satu pendiri Sleepline, juga memperingatkan agar tidak ada kekacauan di kamar tidur.

Kamar tidur yang tidak teratur dapat menjadi gangguan dan menyulitkan untuk rileks dan tertidur. Ini juga bisa menjadi sumber stres, yang bisa mengganggu tidur, ujar dia.

Kamar tidur yang berantakan mungkin berdampak pada jadwal tidur kita, tapi apa yang membuatnya begitu berpengaruh?

Otak adalah mesin pengenalan pola dan membuat hubungan yang kuat antara lingkungan dan perilaku Anda, tutur Chelsie Rohrscheib, kepala pakar tidur dan ahli saraf di Wesper.

Oleh karena itu, ketika kamar tidur rapi, nyaman, dan tenang, otak Anda akan mengasosiasikan kamar tidur dengan relaksasi, membuatnya lebih mudah untuk rileks dan tertidur, imbuh dia.


Namun, ketika kamar tidur berantakan, otak mengalami rangsangan berlebihan. Menurut Rohrscheib, otak akan cepat mengasosiasikan kamar tidur dengan stres, yang berarti lebih sulit untuk tertidur di ruang ini.

Cara mengatasi kamar tidur berantakan untuk mendukung kualitas tidur yang baik

Menghindari kekacauan dan mengatur kamar tidur adalah dua cara paling berdampak untuk meningkatkan kualitas tidur. Berikut beberapa di antaranya.

1. Hanya menampilkan barang-barang yang merangsang tidur

Proses merapikan barang adalah hal penting, tetapi jika Anda ingin menambah ruang, Anda dapat melakukannya dengan hanya memamerkan barang-barang yang membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Disarankan agar kamar tidur tidak berantakan. Seharusnya hanya ada barang yang membantu Anda tidur lebih nyenyak, terang Walsh.

Dia merekomendasikan memilih lampu untuk penerangan sekitar, buku, dan tempat tidur terbaik. Semua hal ini membantu membuat Anda mengantuk, tutur dia.

2. Sering-seringlah membersihkan kamar tidur

Memastikan kamar tidur bebas dari kekacauan dan bersih sangat penting untuk menjaga tidur yang nyenyak sepanjang minggu.

Namun, Rohrscheib merekomendasikan untuk melakukan pembersihan menyeluruh setidaknya sekali seminggu untuk memastikan kamar tidur terus mendukung tidur Anda tanpa harus mengalami pembersihan yang berlebihan.


Hal ini melibatkan mencuci seprai dan menghilangkan bahan pengiritasi yang dapat memengaruhi kualitas tidur, seperti debu.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/28/224900176/kamar-tidur-berantakan-bisa-ciptakan-kecemasan-dan-gangguan-tidur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke