Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanaman Hias Dalam Ruangan yang Mudah Dirawat, Cocok untuk Pemula

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias merupakan jenis tanaman yang banyak dipilih oleh masyarakat untuk merawatnya di dalam ruangan di rumah.

Tren tanaman hias mulai naik daun sejak masa pandemi Covid-19 dan banyak yang terus tertarik untuk memeliharanya hingga saat ini. Namun, untuk sebagian masyarakat masih merasa kesulitan untuk merawatnya.

Tanaman perawatan rendah atau tanaman hias yang mudah dirawat merupakan jawaban bagi mereka yang merasa kesulitan dan pilihan yang baik untuk para pemula.

Mengutip dari Living Etc, Jumat (18/8/2023), tanaman hias yang mudah dirawat sangat populer di kalangan penyuka tanaman yang ingin menikmati kehijauan yang membutuhkan lebih sedikit waktu dan perawatan agar tetap hidup.

Tanaman hias yang mudah dirawat umumnya dapat mentolerir kondisi cahaya rendah, tetapi akan tumbuh lebih baik dalam cahaya terang.

Alasan lain yang membuat tanaman mudah dirawat adalah frekuensi penyiramannya dan kemampuannya untuk toleran terhadap kekeringan.

Berikut adalah 5 tanaman hias perawatan rendah yang cocok dipilih, terutama untuk pemula.

1. Lidah mertua

Sansiviera, dikenal juga sebagai lidah mertua adalah pilihan populer memiliki sifat yang tahan banting dan daun yang unik seperti pedang.

Tanaman lidah mertua membutuhkan penyiraman yang sangat jarang, karena berasal dari gurun gersang Afrika Barat, ungkap ahli tanaman Lindsay Pangborn di Bloomscape.

Dalam hal perawatan, penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkannya membusuk. Tips lainnya adalah menjaga agar daun tetap kering saat disiram dan arahkan air ke sekeliling tepi pot dengan menghindari bagian tengah daun, ungkap Pangborn.

Lidah mertua dikenal karena kualitas pemurni udaranya, menjadikannya tambahan yang bermanfaat untuk ruangan mana pun dan akan bertahan hidup walaupun jarang disiram.

2. Rubber plant atau tanaman karet

Rubber plant atau disebut tanaman karet adalah tanaman rumahan yang santai dengan ciri daunnya yang tebal dan hijau.

Ada banyak jenis tanaman karet, beberapa dengan daun berdaging berbintik-bintik atau bergaris dengan semburat abu-abu, kuning, atau merah muda di antara hijau.

Tanaman karet dapat hidup tanpa banyak cahaya alami ataupun penyiraman, tidak membutuhkan banyak hal untuk berkembang.

Tanaman seperti ini biasanya membutuhkan penyiraman hanya setiap 7 sampai 10 hari tergantung pada kondisi lingkungannya dan beberapa bahkan dapat bertahan lebih lama tanpa air, ujar Paris Lalicata dari The Sill.

3. Sirih gading atau pothos

Tanaman hias yang dapat bertahan paling lama dibandingkan tanaman hias lainnya. Sirih gading dapat beradaptasi dengan kondisi pencahayaan yang berbeda dan toleran terhadap kekeringan.

Hal itu menjadi pilihan yang sangat baik untuk Anda yang punya banyak kesibukkan maupun untuk pemula, terang Nick Sandford, pendiri Leaf & Clay.

Hal yang membuat menarik dari tanaman sirih gading adalah kemampuannya untuk membersihkan udara.

Untuk merawat tanaman sirih gading, siram ketika bagian atas tanah terasa kering dan letakkan di area dengan cahaya rendah hingga terang.

Dengan memberikan perawatan sederhana seperti, sesekali menyiram dan menempatkannya di area dengan kondisi cahaya yang bervariasi.

4. Monstera deliciosa atau janda bolong

Monstera deliciosa atau janda bolong merupakan daun berlubang yang khas dan cenderung tumbuh subur di sebagian besar lingkungan dalam ruangan, terutama dengan dukungan tiang lumut untuk mengarahkan pertumbuhannya ke atas, ucap Pangborn.

Janda bolong akan tumbuh lebih cepat dan menjadi lebih maksimal di pencahayaan terang, tetapi tidak dipungkiri akan tumbuh di sebagian besat lingkungan dalam ruangan.

Untuk merawat tanaman ini, debu pada daun secara teratur dapat memungkinan menyerap cahaya sebanyak mungkin, terang Pangborn.


Siram tanaman janda bolong saat tanah hampir kering dan pastikan air yang berlebih mengalir keluar melalui lubang drainase di bagian bawah pot.

5. Kaktus

Daftar tanaman yang mudah dirawat atau pemeliharaan rendah tidak akan lengkap tanpa kaktus. Tanaman asli gurun ini membutuhkan air yang sangat sedikit, walaupun membutuhkan sinar matahari yang penuh.

Namun, sedikit penyiraman dan suhu stabil yang tidak pernah terlalu dingin Kaktus sudah dapat hidup dengan baik, terang Matt dari Lively Root.

Kaktus sebaiknya diletakkan di dekat jendela untuk menerima sinar matahari sebanyak mungkin. Pastikan untuk membiarkan tanah hampir mengering sepenuhnya di antara penyiraman.

Jika ragu, tunggu lebih lama lagi sebelum menyiram. Ada begitu banyak bentuk dan tekstur kaktus yang berbeda untuk menjadi pilihan Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/18/163100076/5-tanaman-hias-dalam-ruangan-yang-mudah-dirawat-cocok-untuk-pemula

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke