Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Rumah di Sudut Jalan? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Rumah-rumah yang berlokasi di tengah kota atau kota besar tentu memiliki harga lebih tinggi dibanding di pinggiran kota, bahkan daerah. 

Pencarian lokasi, baik di perkotaan, pinggiran kota, maupun daerah, juga perlu berhati-hati dan perlu pertimbangan matang.

Katakanlah Anda telah menemukan rumah impian, tetapi lokasinya tidak seperti yang diharapkan.

Anda mungkin mencari rumah yang terletak di depan jalan besar dan di belakang jalan atau dalam gang. Namun, kenyataannya malah mendapatkan rumah yang terletak disudut jalan.  

Courtney Klosterman, pakar wawasan rumah di Hippo—sebuah grup asuransi rumah— mengatakan membeli rumah di sudut jalan mempunyai kelebihan dan tantangan tersendiri.  

Biasanya, jalan tersebut membentang di bagian depan dan satu sisi kavling atau rumah. Rumah-rumah ini akan memiliki lebih banyak trotoar, lebih banyak halaman depan, dan lebih banyak jarak pandang daripada kavling tetangga.

Anda dapat menemukan bahwa rumah di sudut jalan berada di tengah-tengah lingkungan atau  bagian atas jalan yang sangat sibuk.

Singkatnya, ada berbagai lokasi untuk kavling sudut, masing-masing dengan pro dan kontra. Namun, semua rumah di sudut jalan berada di persimpangan.

Nah, dilansir dari Better Homes and Garden, Senin (14/8/2023), berikut sejumlah kelebihan dan kekurangan membeli rumah di sudut jalan. 

Lebih banyak halaman

Lebih banyak halaman berarti lebih banyak pekerjaan rumah, yang bisa menjadi kerugian, tergantung situasi Anda.

"Rumah di sudut jalan cenderung memiliki halaman lebih luas, yang berarti lebih banyak pekerjaan untuk merawat lanskap, rumput, dan puing-puing lainnya," kata Klosterman.

Jika penyedia layanan, seperti tukang kebun bukan pilihan bagi Anda, bersiaplah melakukan pekerjaan ekstra, seperti memotong rumput. 

"Selalu disarankan mempertimbangkan cuaca dan badai sepanjang tahun di daerah tersebut dan kegiatan untuk mencegah masalah, seperti membajak salju dan es atau melindungi rumah dari banjir atau angin kencang," ucap Klosterman. 

Martin menyebut seberapa banyak lalu lintas yang bisa terjadi, tergantung pada lingkungan di mana rumah itu berada. 

Di lingkungan perumahan yang tenang, mungkin tidak akan ada banyak dampak lalu lintas sama sekali karena berada di sudut jalan. 

Namun, jika daerah tersebut memiliki lalu lintas lebih padat secara umum, memiliki rumah di sudut jalan akan sangat mengganggu.  

"Lalu lintas ekstra bisa berarti lebih banyak kebisingan, lebih banyak cahaya dari lampu depan yang menyinari rumah, dan lebih sedikit privasi," imbuh Martin. 

Dean Sinibaldi, seorang Realtor dari Better Homes and Gardens Real Estate Main Street Properties, telah melihat bahwa peningkatan lalu lintas ini juga menyebabkan kecelakaan  lebih sering terjadi.

"Saya memiliki rumah yang berdekatan dengan sudut jalan dan telah menyaksikan beberapa kecelakaan cukup parah akibat pengemudi menerobos rambu-rambu lalu lintas di jalan yang bersimpangan," ujarnya. 

Visibilitas lebih tinggi

Visibilitas yang lebih tinggi juga menjadi kelebihan dan kekurangan membeli rumah di sudut jalan. Beberapa pembeli mungkin khawatir tentang implikasi visibilitas yang lebih tinggi karena lokasi rumah di sudut jalan.

"Rumah di sudut jalan mungkin dianggap memiliki risiko pencurian lebih tinggi," ucap Martin.

Hal ini karena rumah di sudut jalan memiliki sedikit tetangga yang mengelilinginya dan lebih mudah diakses karena dapat diakses dari dua jalan, tetapi hal ini juga memberikan pemilik rumah sedikit lebih banyak privasi. 

Namun, Anda dapat mengurangi risiko tersebut jika Anda khawatir. "Pemilik rumah yang memiliki kekhawatiran dapat mempertimbangkan lebih banyak fitur pencahayaan dan keamanan untuk membantu menenangkan pikiran," tambah Martin. 

Selain visibilitas yang lebih tinggi terhadap calon pencuri, rumah di sudut jalan akan terlihat jelas di lingkungan sekitar dan daya tarik tepi jalan (atau ketiadaannya) akan lebih terlihat.

Sinibaldi mengatakan beberapa Realtors mungkin setuju bahwa kavling sudut digambarkan sebagai pintu gerbang ke jalan, jalan kecil, lingkungan, dan tunduk pada pengawasan yang lebih ketat.

Lebih sering daripada tidak, rumah di sudut jalan memiliki standar penampilan lebih tinggi oleh komunitas HOA atau asosiasi lingkungan.  Tentu saja, Anda mungkin akan menikmati pusat perhatian.

"Di Stone Martin Builders, kami menemukanmereka yang membangun rumah di sudut jalan tampaknya menyukai kreativitas yang ditawarkan ruang halaman tambahan dalam hal lansekap dan berkebun," kata Martin. 

Fitur tambahan 

Terakhir, kelebihan dan kekurangan membeli rumah di sudut jalan adalah memiliki fitur tambahan.

Menurut Martin, Rumah di sudut jalan memiliki tata letak unik dibanding jenis kavling lainnya di subdivisi tertentu. Hal ini berarti lebih banyak pilihan untuk tata letak dan desain properti.

"Sering kali rumah di kavling sudut menawarkan lebih banyak pilihan desain daripada  rumah yang dibangun di kavling biasa," turur Martin.

Misalnya, rumah di sudut jalan dapat didesain dengan garasi di samping rumah untuk memberikan daya tarik luar biasa karena bagian depan rumah tidak terhalang garasi yang masuk dari depan. 

Ditamba, rumah di sudut jalan biasanya berukuran besar yang menawarkan lebih banyak kesempatan untuk fitur luar ruangan yang dapat ditambahkan pembeli nantinya.

"Ruang tanah ekstra dari kavling sudut juga bisa berarti lebih banyak pilihan di luar, seperti ruang untuk kolam renang dan peralatan bermain untuk anak-anak," kata Martin.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/14/085200176/apa-itu-rumah-di-sudut-jalan-ini-kelebihan-dan-kekurangannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke