Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Noda Urine Anjing dari Kasur

Meski demikian, hal ini juga memiliki banyak tantangan, salah satunya anjing yang kencing sembarangan meski telah diajari menggunakan kotak pasir.  

Kasur pemilik menjadi permukaan yang sering dikencingi anjing peliharaan. Hal ini tak hanya meninggalkan bau, tetapi juga noda urine. 

Pasalnya, noda urine anjing meninggalkan warna tidak menyenangkan dan bau tak sedap yang membuat kasur tidak sedap dipandang serta tidak menarik.

Untungnya, menghilangkan noda urine anjing dari kasur tidaklah rumit. Anda bahkan dapat melakukannya tanpa harus membeli produk pembersih komersial yang keras.

Langkah terbaik adalah membersihkan noda urine anjing dari kasur segera setelah kecelakaan terjadi untuk memastikan noda tidak meresap ke dalam bahan kasur.

Jadi, setelah menemukan kecelakaan tersebut, segeralah membersihkan noda kencing anjing dari kasur agar tidak bertambah buruk dan sulit dibersihkan. 

Nah, dilansir dari Petkeen, Kamis (10/8/2023), berikut sejumlah cara membersihkan noda urine anjing dari kasur.  

Noda urine anjing cepat mengeras, jadi Anda harus segera memasukkan barang-barang yang dapat dicuci ini ke mesin cuci dengan detergen berkekuatan sedang.

Setelah mencuci seprai sekali, bau urine anjing mungkin masih tersisa atau noda masih terlihat. Jika itu yang terjadi, tambahkan 236 mililiter cuka putih ke dalam campuran dan cuci ulang. 

Bersihkan kasur 

Selanjutnya, cara membersihkan noda urine anjing dari kasur adalah membersihkan kasur. Gunakan tisu untuk menyerap noda urine anjing pada kasur.

Namun, jangan menggosok noda urine anjing tersebut karena hanya akan mendorong cairan lebih jauh ke dalam kain.

Semakin dalam, semakin sulit menghilangkan noda urine anjing dan bau secara menyeluruh.

Caranya, ambil botol semprot, lalu tuangkan 473 mililiter air dingin, tambahkan 236 mililiter cuka putih, dan dua hingga tiga sendok makan detergen. 

Campur semua bahan dengan mengaduknya, bukan dikocok, karena detergen akan menggelembung serta meningkatkan tekanan botol terlalu banyak. 

Rendam kasur dengan larutan cuka 

Semprotkan larutan cuka ke seluruh bagian noda sampai ke bagian tepi. Rendam secara menyeluruh agar larutan cuka dapat mengencerkan noda urine anjing hingga ke tingkat  paling parah dan memecah molekul-molekul yang berbau.

Jika khawatir larutan cuka tidak cukup kuat atau tidak menyukai bau cuka, cobalah menggunakan pembersih enzimatik.

Biarkan larutan meresap 

Setelah merendam kasur yang terkena noda urine anjing dengan cuka, diamkan dan biarkan meresap selama 10-15 menit.

Setelah itu, tepuk-tepuk kembali area yang telah direndam cuka menggunakan kain bersih atau lebih banyak tisu. 

Setelah mendiamkannya, seharusnya tidak benar-benar kering. Sebaliknya, hal ini seharusnya akan memunculkan urine lebih lanjut di permukaan dan di bawahnya serta baunya.  

Baking soda adalah salah satu solusi pembersih paling efektif menghilangkan bau pada kain. Larutan cuka seharusnya membantu membersihkan area yang kotor dan langkah ini menjamin Anda tidak akan terus mencium bau bekas kecelakaan pada kemudian hari.

Bersihkan baking soda kue dengan vakum 

Terakhir, cara membersihkan noda urine anjing dari kasur adalah membersihkan sisa baking soda dengan vacuum cleaner. Gunakan selang untuk menyedot kotoran dalam hitungan menit.

Jika baking soda belum sepenuhnya kering, diamkan lebih lama. Apabila bedak tidak kering, akan berisiko merusak penyedot debu ketika tersumbat oleh baking soda yang lembap. 

Jika ingin tempat tidur siap lebih awal, Anda bisa menggunakan vakum basah/kering untuk membersihkan bedak yang lembap.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/10/215400976/cara-membersihkan-noda-urine-anjing-dari-kasur

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke