Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanaman Bunga Beraroma Wangi, Bisa Mengharumkan Ruangan

Pengharum ruangan sebenarnya bisa didapatkan di supermarket terdekat. Namun, jika ingin mendapatkan aroma alami, Anda bisa menempatkan beberapa tanaman hias yang beraroma harum di dalam rumah. 

Tanaman-tanaman ini dapat memberikan keharuman serta menciptakan suasana menenangkan di rumah.

Melansir dari The Spruce, Senin (7/8/2023), berikut beberapa tanaman bunga beraroma wangi yang dapat mengharumkan ruangan.

Melati memiliki aroma menyegarkan dan menenangkan yang dapat mengharumkan ruangan. 

Bunga melati juga tampilan cantik dengan warna putih yang menawan, yang dapat mempercantik ruangan.

Perawatan bunga melati tidak sulit, cukup menyiram tanaman dengan rutin dan pastikan  terkena sinar matahari. Selain itu, biarkan suhu malam lebih dingin dan gelap agar bunga melati cepat mekar. 

Anggrek

Tak hanya indah, beberapa jenis bunga anggrek memiliki aroma sangat harum. Bunga anggrek biasanya mengeluarkan aroma harum yang manis cukup kuat.

Aroma tersebut semakin kuat dalam kondisi lembap. Meski demikian, tidak semua jenis bunga anggrek memiliki aroma semerbak. Jadi, sebaiknya membeli anggrek yang sedang mekar karena aromanya lebih kuat.

Lavender

Jenis tanaman bunga beraroma wangi lainnya adalah lavender. Lavender dapat ditanam dalam pot, kemudian diletakkan di sudut ruangan atau meja.

Selain aromanya harum, tanaman hias ini juga memiliki bentuk unik dan berwarna cerah. Lavender juga bermanfaat sebagai tanaman herbal dan sering digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Lavender dapat ditanam di taman atau halaman rumah sehingga meningkatkan tampilan eksterior. 

Tanaman bunga ini bisa diletakkan di dalam rumah, asalkan menghadap ke selatan atau timur agar daunnya tetap hijau dan mengkilap.

Gardenia juga menyukai suhu malam yang sejuk serta cocok menjadi tanaman hias dalam ruangan lantaran memiliki aroma yang harum dan tampilan cantik. 

Geranium

Geranium juga termasuk tanaman bunga beraroma wangi. Aromaersebut terdapat pada daun tanaman bunga geranium.

Untuk mengeluarkan aroma harum, daun geranium harus ditumbuk atau dihancurkan terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan geranium di tempat terang dan diteteskan aromaterapi setiap harinya.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/07/124400176/5-tanaman-bunga-beraroma-wangi-bisa-mengharumkan-ruangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke