Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencegah Sinar Matahari dan Hawa Panas Masuk Melalui Jendela

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas dapat menyebabkan rumah kita menjadi terlalu panas dan menjadi sangat tidak tertahankan. Sering kali jendela adalah penyebabnya.

Sinar matahari dan hawa panas bisa masuk ke dalam rumah melalui jendela. Ini tentu saja bisa membuat ruangan dan rumah terasa panas, serta menimbulkan ketidaknyamanan bagi Anda dan keluarga di dalamnya.

Dikutip dari Homes & Gardens, Kamis (27/7/2023), berikut beberapa cara mencegah sinar matahari dan hawa panas masuk melalui jendela.

1. Perhatikan tirai di rumah

Menurut desainer interior dan pakar rumah Mohammad Ahmed, salah satu metode termudah untuk mencegah masuknya panas melalui jendela adalah dengan tirai dan gorden.

Tirai anti tembus pandang adalah cara terbaik untuk memblokir panas dari jendela. Tirai ini memblokir hampir 100 persen cahaya dan terlihat bagus juga, tutur Ahmed.

Tirai anti tembus pandang dapat membantu menahan panas, seperti halnya tirai termal. Tirai termal dapat menghalangi hingga 80 persen perolehan panas matahari sambil tetap membiarkan cahaya alami masuk ke dalam ruangan, tutur David Mason, pendiri Knobs.co.

Anda dapat memaksimalkan efek gorden dengan menggunakan gorden berinsulasi tebal. Gorden berinsulasi tidak hanya mengurangi perpindahan panas melalui jendela, tetapi juga membantu meredam suara dari luar.

Gorden ini dimaksudkan untuk menyaring sinar matahari dan menjaga ruangan dari panas, terutama pada hari-hari panas.

Untuk mendapatkan efek terbaik, pilih gorden dengan eksterior berwarna terang untuk mengurangi penyerapan panas.

2. Tambahkan kaca film

Salah satu cara mudah untuk mengurangi perpindahan panas melalui jendela adalah dengan memasang kaca film reflektif.

Memasang kaca film reflektif akan memblokir sejumlah besar panas matahari sekaligus membiarkan cahaya alami masuk, ujar David Flax, presiden direktur Window Genie.

Kaca film berfungsi seperti kacamata hitam untuk memblokir radiasi infra merah dan ultraviolet memasuki rumah. Kaca film juga bagus untuk mengurangi pudarnya furnitur, gorden, karpet, dan penutup lantai lainnya dari sinar matahari.

Anda juga dapat menggunakan kaca film reflektif untuk memantulkan panas dari permukaan kaca.

Ini akan mencegah rumah memanas, memungkinkan Anda menjaga rumah pada suhu yang lebih terkontrol. Ini pada akhirnya membantu menghemat uang karena AC tidak akan bekerja keras.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/27/111608576/cara-mencegah-sinar-matahari-dan-hawa-panas-masuk-melalui-jendela

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke