Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Menjaga Rumah Tetap Aman dan Terlindungi dari Pencuri

Meski keduanya terlihat seperti hal yang sama, kenyataannya keselamatan dan keamanan adalah dua hal yang berbeda.  

Keselamatan melibatkan semua aspek keamanan di dalam rumah, dari orang yang masuk hingga keadaan darurat, seperti kebakaran. Di sisi lain, keamanan memiliki satu fokus utama, yakni menjaga rumah bebas penyusup. 

Nah, untuk membantu Anda, berikut cara menjaga rumah tetap aman dan terlindungi dikutip dari My Decorative, Selasa (25/7/2023).

Sistem alarm dapat mengeluarkan suara, seperti sirene atau mengirim pesan ke ponsel Anda. Anda juga dapat mengaturnya untuk memperingatkan perusahaan keamanan sehingga mereka dapat mencapai rumah jika Anda tidak bisa atau tak berada di dalam rumah dan tidak dapat menghubungi mereka.

Alarm ini sering kali bekerja dengan detektor gerakan, tetapi terkadang ini bisa menjadi masalah karena Anda atau hewan peliharaan bisa saja secara tidak sengaja memicunya.

Pilihan lainnya adalah memiliki alarm pintu yang memperingatkan Anda ketika seseorang mencoba membuka pintu. 

Kamera CCTV 

Memiliki kamera keamanan atau CCTV menjadi cara menjaga rumah tetap aman dan terlindungi lainnya. Kamera CCTV dapat mencegah kemungkinan penyusup untuk masuk ke rumah Anda karena orang cenderung tidak akan melakukan kejahatan jika mengetahui telah terdeteksi. 

Selain itu, memiliki kamera CCTV juga membantu Anda melihat apa yang terjadi di rumah, bahkan saat di luar atau bepergian karena sebagian besar sistem kamera memiliki opsi di mana Anda dapat melihat rekaman di ponsel.

Kamera CCTV juga memberi Anda kesempatan melihat apa yang terjadi di semua area rumah tanpa harus bangun dan melihat. 

Meski tinggal di daerah yang relatif aman, jika memiliki jendela yang terbuka, akan sangat menggoda seseorang untuk masuk ke rumah.

Namun, pada saat bersamaan, menjaga jendela tetap tertutup sepanjang waktu juga tidak ideal. Burglar bar adalah solusi yang saling menguntungkan.

Anda bisa tetap membuka jendela, tapi tetap merasa tenang. Ingatlah, menjaga keamanan garasi juga penting dilakukan.

Tidak ada gunanya memiliki palang pencuri jika seseorang mudah masuk ke garasi Anda dan mendapatkan akses ke rumah dengan cara itu.  

Pekerjakan asisten rumah tangga

Sudah menjadi rahasia umum bahwa rumah kosong lebih mudah dibobol maling. Itulah mengapa sebaiknya memiliki asisten rumah tangga atau penjaga unruk menjaga rumah saat  Anda pergi, terutama untuk waktu lama.

Dengan demikan, bisa menghentikan niat penyusup untuk masuk ke rumah Anda. Selain itu, mempekerjakan orang juga memastikan semuanya beres sehingga Anda tidak pulang ke rumah dengan kejutan yang tidak menyenangkan, seperti keran air yang tidak sengaja terbuka.  

Jadi, jika memungkinkan, cobalah mendapatkan rumah yang berada di daerah yang relatif aman. Sebaiknya, juga memastikan rumah Anda tidak terlalu terpencil.

Dengan demikian, tetangga bisa mendengar jika ada sesuatu yang tidak beres dan juga tidak terlalu dekat dengan hutan atau apa pun yang memungkinkan penyusup melarikan diri dan bersembunyi setelah terjadi kejahatan.

Cobalah berbicara dan membangun interkasi dengan orang-orang yang tinggal di sana. 

Pelihara seekor anjing

Terakhir, cara menjaga rumah tetap aman dan terlindungi adalah memelihara seekor anjing. Pilih anjing yang lebih besar dan menggonggo keras untuk menakut-nakuti penyusup agar tidak mendekat dan mengincar rumah Anda. 

Anjing juga sangat intuitif, yang berarti tidak hanya memperingatkan Anda tentang pencurian, tetapi juga mengetahui jika ada hal lain yang tidak beres, seperti kebakaran.

Selain itu, Anda akan merasa lebih tenang saat meninggalkan rumah karena anjing akan berada di sana untuk melindunginya. Anjing juga bisa menjadi tambahan yang menyenangkan untuk keluarga dan rumah. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/25/213500476/6-cara-menjaga-rumah-tetap-aman-dan-terlindungi-dari-pencuri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke