Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Rumput Palsu

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumput palsu atau rumput artifisial merupakan salah satu pilihan untuk melengkapi area luar ruangan. Rumput palsu memerlukan perawatan yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan rumput alami, misalnya tidak perlu dipupuk, dipangkas, atau disiram.

Namun, penting untuk mengetahui cara membersihkan rumput palsu dengan benar agar tetap terlihat dalam kondisi terbaik.

Dikutip dari Woman and Home, Minggu (2/7/2023), meskipun menyemprotnya hingga bersih dengan mesin pembersih bertekanan mungkin tampak seperti metode yang tepat, para ahli sebenarnya menyarankan agar Anda tidak menggunakan jet washer untuk membersihkan rumput palsu karena air bertekanan tinggi dapat merusak serat dan menyebabkannya mengendur atau berjumbai.

Berikut cara membersihkan rumput palsu.

1. Bersihkan permukaan

Jika terdapat kotoran yang tertinggal, kotoran tersebut dapat tertanam dan menyebabkan lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membersihkannya.

Mulailah dengan menyikat rumput menggunakan sapu untuk menyingkirkan kotoran dan daun. Sebaiknya hindari menggunakan sapu kawat karena dapat merusak serat rumput.

"Menyikat rumput secara teratur seminggu sekali, atau dua minggu sekali, dengan sapu atau penggaruk daun plastik akan membantu menjaga serat-seratnya tetap lurus dan rata," kata Sarah Hooper, grass buyer di Carpetright.

2. Bilas dengan air

Anda dapat mulai membersihkan rumput palsu. Langkah pertama adalah membilasnya dengan air untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel.

"Noda dan tumpahan apa pun dapat dibersihkan dengan air," kata Hooper.

Cukup celupkan spons ke dalam air bersih, peras kelebihan airnya agar tetap lembap dan tidak meneteskan air, lalu gunakan untuk menyeka rumput.

Anda juga bisa menggunakan selang untuk membilas rumput.

"Pastikan Anda membasuhnya secara menyeluruh, dan pastikan tekanan airnya tidak terlalu tinggi karena bisa merusak rumput," kata Lily Cameron, cleaning supervisor di Fantastic Services.

3. Gunakan larutan pembersih

Sementara beberapa ahli kebersihan menyarankan untuk menggunakan solusi rumahan termasuk membersihkan dengan cuka, soda kue, dan sabun, Cameron tidak menyarankan hal ini. Menurutnya, hal ini tidak akan mengatasi sumber kekacauan dan bau dengan baik.

Sebagai gantinya, ia menyarankan untuk menggunakan larutan pembersih yang diformulasikan khusus untuk rumput sintetis.

4. Gosok permukaan

Setelah Anda menyiapkan larutan pembersih khusus, saatnya untuk menggosoknya dengan menggunakan metode yang sama seperti membersihkan noda pada karpet.

Ivo Iv, pendiri Decor Home Ideas menyarankan untuk menggunakan sikat berbulu halus untuk menggosok permukaan rumput palsu dengan lembut.

"Pastikan untuk mengerjakannya di bagian-bagian kecil, dengan memperhatikan area mana saja yang mungkin memiliki lebih banyak kotoran dan noda," katanya.

Sarah mengatakan, untuk noda atau tumpahan yang mengeras, Anda mungkin perlu membersihkannya dengan hati-hati saat menggunakan spatula plastik atau pisau plastik. Anda juga bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan noda dengan lembut.

5. Bilas kembali

Setelah larutan pembersih berada di atas rumput selama waktu yang disarankan, biasanya 10-15 menit, sekarang saatnya untuk membilas larutan pembersih dan kotoran yang terbawa oleh gosokan.

Ivo Iv menyarankan, untuk membilas secara menyeluruh dengan selang setelah Anda menggosok seluruh permukaan rumput.

"Pastikan untuk membilas semua larutan pembersih, karena residu yang tertinggal di rumput dapat menarik kotoran atau kotoran lainnya," katanya.

6. Biarkan mengering

Sebelum memindahkan furnitur outdoor untuk mulai menggunakan rumput palsu Anda lagi, Anda harus menunggu hingga benar-benar kering.

Hal yang sama berlaku saat membersihkan bantal luar ruangan atau karpet luar ruangan akrena kelembapan yang terperangkap menyebabkan jamur.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/02/171159376/cara-membersihkan-rumput-palsu

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke