Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanaman Berbunga yang Cocok Jadi Dekorasi Ruangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias dapat menyegarkan dan mempercantik ruangan. Selain itu, tanaman juga menghadirkan suasana alam.

Jika koleksi tanaman dalam ruangan Anda terlihat terlalu hijau, mungkin ini saatnya menambahkan beberapa warna dengan tanaman berbunga.

Terdapat berbagai pilihan tanaman dalam ruangan yang berbunga dan umumnya mudah dirawat. Dilansir Living Etc, Sabtu (1/7/2023), berikut ini tanaman berbunga yang cocok untuk jadi dekorasi ruangan.

1. African violet

Bunga African violet dapat menjadi pilihan yang ideal untuk mengubah ambang jendela menjadi taman dalam ruangan.

Tanaman ini juga merupakan salah satu tanaman yang paling mudah dirawat untuk berkebun di dalam ruangan. African violet hadir dalam berbagai pola bunga dan daun yang menawan.

Alina Smith, pengelola toko khusus berkebun dalam ruangan Plantfix mengatakan, sebagian besar tanaman membutuhkan cahaya yang baik dan sinar matahari langsung untuk berbunga, namun tidak demikian halnya dengan bunga African violet, tumbuh subur dan berbunga di dalam ruangan. 

Jaga kelembapan kompos, buang bunga yang mati atau daun yang rusak, dan lindungi dari sinar matahari yang terik serta aliran udara yang dingin.

2  Peace lily

Tanaman ini dikenal dengan bunganya yang indah dan elegan berwarna putih dan daunnya yang hijau mengilap, kata Bend McInerney, direktur homegardenguides.

Ia menambahkan, Peace lily membutuhkan kondisi cahaya rendah hingga sedang, jadi hindari meletakkannya di bawah sinar matahari langsung.


Tanaman ini lebih sensitif terhadap penyiraman yang berlebihan. Perhatikan daunnya.

Jika daunnya masuh terkulai setelah Anda menyiramnya, ini merupakan indikator yang baik bahwa mereka membutuhkan lebih banyak air, sebut McInerney. 

3. Geranium

Geranium merupakan tanaman yang fleksibel dan dapat tumbuh dengan baik di dalam maupun di luar ruangan.

Smith mengatakan, tanaman ini sangat mudah diperbanyak. Geranium tumbuh dengan cepat, menghasilkan berbagai macam warna bunga, dan dapat tumbuh sangat tinggi, bahkan dalam pot kecil. 

Bunga geranium akan mekar hampir sepanjang tahun jika disimpan di ambang jendela yang hangat dan cerah. Ingatlah untuk tidak menyiramnya secara berlebihan.

4. Impatiens

Bunganya tersedia dalam berbagai warna termasuk putih, oranye, merah muda, ungu, dan merah. Mereka menyukai cahaya terang. Bahkan, bunganya akan rontok jika tidak mendapatkan kondisi cahaya yang tepat.

Tempat yang cerah dan menghadap ke selatan sangat ideal. Mereka juga menyukai kompos yang lembap dan suhu yang hangat. Sebaiknya letakkan tanaman Anda di atas piring berisi kerikil yang lembap dan semprotkan kabut air ke dedaunannya setiap hari.

Jika dibudidayakan sebagai tanaman dalam ruangan, kebanyak bromeliad ditanam dalam campuran kompos dan pasir. Mereka membutuhkan sinar matahari yang cerah dan tidak langsung untuk tumbuh subur.

Tunggu hingga dua inci bagian atas tanah terasa kering saat disentuh sebelum menyiramnya. Varietas yang paling mudah tumbuh adalah Billbergia nutans, yang menghasilkan kepala bunga yang melengkung dalam kondisi ruangan biasa.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/01/145100976/5-tanaman-berbunga-yang-cocok-jadi-dekorasi-ruangan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke