Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memakai Kompor Listrik untuk Pertama Kali

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beragam jenis kompor yang tersedia saat ini, salah satunya adalah kompor listrik. Bagi sebagian orang, memasak dengan kompor listrik memiliki keuntungan tersendiri, termasuk lebih hemat dan tidak ada risiko kebocoran gas.

Akan tetapi, penggunaan kompor listrik bisa cukup rumit, khususnya bagi pemula. Tungku kompor listrik lambat untuk memanas dan mendingin, yang bisa sangat sulit ketika Anda perlu mengubah panas dengan cepat untuk mencegah makanan terlalu matang atau bahkan gosong.

Dikutip dari Lifehacker, Senin (19/6/2023), ada beberapa tips dan cara memakai kompor listrik untuk pertama kalinya.

1. Panas tinggi hanya untuk merebus air

Karena kompor listrik membutuhkan waktu lama untuk memanas dan mendingin, panas tinggi pada dasarnya tidak pernah sepadan. Pada saat panci mencapai suhu yang diinginkan, sudah terlambat untuk mencegahnya dari kepanasan.

Bahkan jika Anda menurunkan atau mematikan kompor, sisa panas akan terus memanaskan panci untuk sementara waktu.

Bergantung pada kompor dan peralatan masak Anda, ini bisa memakan waktu hingga dua atau tiga menit.

Kecuali jika Anda benar-benar merebus air, pertahankan tingkat panas mendekati sedang. Butuh waktu lebih lama untuk memulai, tetapi itu lebih baik daripada alternatifnya.

2. Gunakan panci dan wajan dengan dasar tebal

Jangan gunakan panci yang ringan dan tipis pada kompor listrik kecuali jika Anda menginginkannya panas.

Semakin tipis bagian bawah peralatan masak, semakin sedikit penyangga antara makanan dan tungku kompor, serta semakin besar kemungkinannya untuk hangus saat Anda tidak memperhatikan.

Secara umum, wajan tipis dan kompor listrik tidak dapat digabungkan.

Namun, bahkan panci yang kokoh dan kuat memiliki kelemahan. Peralatan masak dengan alas ekstra tebal, terutama yang terbuat dari bahan yang sangat bergantung pada panas, seperti besi cor, bisa menjadi terlalu panas secara bertahap saat digunakan untuk waktu yang lama.

Jika Anda membuat panekuk di atas kompor listrik, misalnya, Anda mungkin mendapati bahwa adonan yang lebih baru berwarna cokelat jauh lebih cepat daripada yang pertama.

Menggunakan pengaturan panas yang lebih rendah untuk memulai pasti membantu menghindari kekacauan yang terbakar, tetapi bersiaplah untuk menyesuaikan suhu saat Anda melakukannya.

3. Bersabarlah

Kesabaran adalah tips sukses memasak dengan kompor listrik. Panci yang dipanaskan dengan benar kan memakan waktu lebih lama untuk panas pada kompor listrik daripada kompor gas, dan tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mengubahnya.

Cobalah untuk menahan keinginan untuk menaikkan panas. Sebagai gantinya, berikan waktu pada kompor untuk melakukan tugasnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/19/172752676/tips-memakai-kompor-listrik-untuk-pertama-kali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke