Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukan Marah, Ini 5 Alasan Anjing Tidur di Kolong Tempat Tidur

Hal ini mungkin membuat pemiliknya khawatir dan bertanya-tanya mengapa anjing tidur di kolong tempat tidur. 

Anjing tidur di kolong tempat tidur bukan perilaku yang tidak biasa dilakukan sahabat bulu. Ini adalah area kecil dan tertutup yang gelap serta pribadi.

Anjing menganggap kolong tempat tidur adalah tempat perlindungan kecil untuk memperoleh ketenangan atau sebagai sarang mereka. 

Namun, ada sejumlah alasan anjing tidur di kolong tempat tidur disadur dari Love to Know Pets, Kamis (8/6/2023).  

Tidur di bawah tempat tidur memungkinkan anjing peliharaan melihat dari semua sudut sehingga memberikan rasa aman.

Ruang di kolong tempat tidur juga tertutup dari atas, yang meningkatkan rasa aman anjing peliharaan. Dengan cara ini, anjing tidak perlu memperhatikan apa yang terjadi di atas atau  belakangnya sehingga merasa aman. 

Menyukai kehangatan

Selanjutnya, alasan anjing tidur di kolong tempat tidur adalah menyukai kehangatan. Anjing adalah makhluk yang nyaman dan akan merasa lebih hangat saat berada di kolong tempat tidur untuk meningkatkan kenyamanannya.

Area ini gelap, tapi tidak sampai membuat anjing tidak bisa melihat, terlebih bila memiliki karpet atau selimut di bawahnya. 

Lantai dan ruang di bawah tempat tidur juga dapat membuat perbedaan. Anjing mungkin hanya mencari tempat yang hangat untuk tidur.

Maka itu, jika Anda tidak keberatan dan ada cukup ruang, letakkan tempat tidur anjing di bawahnya untuk membuatnya lebih nyaman.  

Anjing yang tidur di kolong tempat tidur masih bisa mencium bau Anda dan merasa lebih aman di dekat pemiliknya. Selain itu, anjing merasa dapat melindungi Anda saat dekat dengan Anda.

Menginginkan privasi

Ada kalanya anjing membutuhkan ruang sendiri ketika merasa cemas. Hal ini kerap menjadi alasan anjing tidur di kolong tempat tidur.

Anjing lebih suka berdiam di kolong tempat tidur untuk mendapatkan ketenangan. Dalam hal ini, kolong tempat tidur adalah tempat peristirahatan yang aman bagi anjing peliharaan.

Selama tidak mengganggu dan tidak masuk ke dalam sesuatu di bawah sana, kolong tempat tidur adalah tempat yang baik bagi untuk anjing bersantai.  

Sakit 

Ini adalah saat di mana Anda harus khawatir. Anjing secara naluriah akan bersembunyi ketik sakit. Anjing dikenal suka menyembunyikan luka.

Jika tidur di kolong tempat tidur tidak normal bagi anjing Anda, ini bisa menjadi petunjuk pertama bahwa ada sesuatu yang salah.

Bersembunyi saat sakit adalah naluri bertahan hidup bagi anjing. Nenek moyang anjing, serigala, berada dalam bahaya jika mereka tidak dapat memberi makan dirinya sendiri alias sakit dan pemangsa lain dapat mengincarnya jika terluka.

Karena itu, serigala bersembunyi di sarang untuk memulihkan diri. Hal ini pula yang dilakukan anjing. Itu dia sejumlah alasan anjing tidur di kolong tempat tidur 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/08/110822376/bukan-marah-ini-5-alasan-anjing-tidur-di-kolong-tempat-tidur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke