Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Tanaman Hias yang Aman untuk Anak-anak dan Hewan Peliharaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara termudah untuk menghidupkan ruangan adalah dengan menambahkan tanaman hias. Tanaman tidak hanya menambah warna, tetapi banyak tanaman hias juga memiliki sifat membersihkan udara.

Namun demikian, beberapa tanaman hias populer juga beracun bagi hewan peliharaan dan anak-anak. Jika Anda ingin mendekorasi rumah tanpa khawatir, pertimbangkan tanaman ini.

Tanaman-tanaman hias berikut tidak beracun sehingga hewan peliharaan dan anak-anak akan aman. Dilansir HGTV Canada, Selasa (6/6/2023), berikut beberapa tanaman hias yang aman untuk anak-anak dan hewan peliharaan.

1. Christmas cactus (Schlumbergera)

Tanaman hias Christmas cactus menyukai tingkat cahaya sedang dan tidak terlalu banyak air. Tanaman ini mudah untuk diperbanyak, sehingga cocok diberikan kepada teman atau keluarga sebagai hadiah.

2. Pakis Boston (Nephrolepis exaltata)

Beberapa pakis sangat beracun, tetapi jika Anda mencari tanaman pakis yang aman, pakis Boston adalah pilihan yang bagus.

Berasal dari daerah tropis, tanaman ini lebih menyukai cahaya yang disaring dan tingkat kelembapan yang tinggi.

3. Blue echeveria (Echeveria glauca)

Juga dikenal sebagai hen and chicks, blue echeveria adalah tanamab sukulen asli daerah semi-gurun di Meksiko dan Amerika Tengah. Karena warnanya yang kebiruan dan bentuknya yang seperti bunga, tanaman ini merupakan tanaman hias yang menarik.

Tanaman ini lebih suka banyak cahaya dan tidak terlalu banyak air.

4. African violet (Saintpaulia)

African violet berasal dari bagian tropis Afrika Timur. Tanaman ini paling baik tumbuh di dalam ruangan karena sensitif terhadap perubahan suhu.

Tanaman ini tidak dianggap dapat dimakan, tetapi juga tidak beracun.

5. Baby rubber plant (Peperomia obtusifolia)

Tanaman karet atau rubber plant adalah salah satu tanaman hias beracun, tetapi baby rubber plant adalah alternatif yang tidak beracun. Ini adalah tanaman asli Florida, Karibia, dan Meksiko dan tumbuh subur di bawah sinar matahari yang cerah dan tidak langsung.

6. Baby tears (Soleirolia soleirolii)

Baby tears atau Soleirolia adalah tanaman yang aman untuk anak-anak dan hewan peliharaan yang menghasilkan banyak bunga putih kecil. Ini adalah tanaman asli Mediterania utara.

7. Swedish ivy (Plectranthus verticillatus)

Swedish ivy adalah tanaman yang berasal dari Afrika selatan. Ini adalah pilihan yang baik untuk pot gantung.

Tanaman ini lebih menyukai kelembapan dan sinar matahari tidak langsung.

Tanaman doa atau prayer plant mendapatkan namanya dari cara daunnya terlipat di malam hari, seolah-olah seperti sedang berdoa. Berasal dari hutan hujan Brazil, tanaman ini lebih menyukai sinar matahari tidak langsung yang cerah dan kelembapan tinggi.

9. Hoya carnosa

Hoya carnosa berasal dari Asia Timur dan Australia. Tanaman ini menghasilkan kelompok bunga berbentuk bintang yang hadir dalam berbagai nuansa merah jambu dan memiliki aroma yang manis.

Tanaman ini lebih menyukai cahaya terang.

10. Palem kuning (Dypsis lutescens)

Palem kuning atau areca palm berasal dari Madagaskar dan lebih menyukai cahaya terang dan tidak langsung. Merawatnya mudah asalkan tidak disepelekan.

Tanaman ini dapat tumbuh hingga sekitar dua meter dan dapat hidup selama 10 tahun.

11. Burro's tail (Sedum morganianum)

Tanaman Burro's tail juga dikenal sebagai ekor keledai atau ekor domba. Berasal dari Meksiko dan Honduras, tanaman ini paling baik di bawah sinar matahari penuh dan menjadi tanaman gantung yang bagus.

Tanaman ini menghasilkan bunga merah muda hingga merah dan sensitif terhadap penyiraman berlebihan saat cuaca dingin.

12. Lili paris (Chlorophytum comosum)

Berasal dari Afrika tropis dan selatan, tanaman laba-laba atau lili paris lebih menyukai cahaya sedang tetapi akan tumbuh dalam berbagai kondisi dan akan memaafkan Anda jika Anda lupa menyiraminya.

Berikan pertimbangan ekstra pada tanaman ini jika Anda memiliki kucing, karena ini bukan pilihan yang paling ramah kucing.

13. Ponytail palm (Beaucarnea recurvata)

Tanaman ini dapat bertahan dalam waktu lama tanpa disiram, menjadikannya pilihan tanaman yang mudah dirawat. Ponytail palm berasal dari Meksiko dan tumbuh paling baik di bawah sinar matahari penuh.

14. Haworthia

Haworthia adalah pilihan yang aman jika Anda menginginkan tanaman sukulen yang penampilannya unik. Tanaman ini asli Afrika selatan dan ada banyak varietas berbeda.

15. Anggrek bulan

Tanaman bunga ini berasal dari Asia dan Australia. Anggrek bulan lebih menyukai suhu yang lebih tinggi, kelembapan tinggi, dan kondisi cahaya rendah.

Ada banyak spesies anggrek bulan yang berbeda dan hadir dalam berbagai warna.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/06/172125876/15-tanaman-hias-yang-aman-untuk-anak-anak-dan-hewan-peliharaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke