Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menggunakan Minyak Nimba untuk Membasmi Hama Tanaman

JAKARTA, KOMPAS.com - Menemukan serangga menjijikkan yang memakan daun tanaman hias dapat menimbulkan kepanikan. Akan tetapi, membasmi kutu daun atau hama tanaman lainnya adalah tentang bersikap tenang dan menghentikan masalah sejak awal, sebelum tanaman mati.

Seringkali, menyemprot tanaman dalam ruangan dengan air sudah cukup untuk menghilangkan hama serangga.

Namun, jika infestasi hama tidak terkendali, Anda mungkin mempertimbangkan minyak nimba untuk tanaman guna membantu Anda membasmi tungau laba-laba atau serangga pengganggu lainnya.

Dikutip dari Reader's Digest, Selasa (30/5/2023), ahli berkebun Beth Buckley menjelaskan, terkait pestisida, minyak nimba adalah salah satu alternatif yang lebih baik.

Minyak nimba dibuat secara alami, toksisitas rendah dan memiliki sejarah penggunaan yang panjang, katanya.

Apa itu minyak nimba?

Minyak nimba adalah pestisida alami yang berasal dari biji pohon nimba yang berasal Asia Selatan (Azadirachta indica).

Minyak nimba juga digunakan dalam pengobatan Ayurveda tradisional, dan Anda dapat menemukannya di bahan bakar pemanas, sabun, kosmetik, dan pasta gigi.

Bahan aktif utama dalam minyak nimba yang memungkinkannya bekerja sebagai pestisida adalah azadirachtin.

Anda dapat menggunakan minyak nimba untuk mengendalikan serangan hama tanaman. Ini termasuk kutu daun, tungau laba-laba, kumbang, kutu putih, thrips, lalat putih dan penambang daun.

Minyak nimba efektif selama fase dewasa mereka, tetapi tidak akan membunuh serangga dewasa.

Selain itu, serangga yang memiliki tubuh keras atau cangkang pelindung (seperti kutu sisik) sama sekali tidak terpengaruh oleh minyak nimba, tutur Buckley.

Azadirachtin bekerja dengan menghambat metabolisme dan hormon hama, dan minyaknya benar-benar dapat melumpuhkan serangga bertubuh lunak, terang dia.

Minyak nimba memblokir pori-pori pernapasan hama dengan cara yang sama seperti sabun insektisida. Azadirachtin mengganggu makan, pertumbuhan dan reproduksi serangga saat mereka memakannya dan bertindak sebagai penolak.

Namun, azadirachtin harus dicerna oleh serangga agar efektif. Jika hama tidak memakan jaringan daun, seperti tepung akar, misalnya, ia tidak akan memakan minyak nimba, ujar Buckley.  

Selain itu, hasil langsung jarang terjadi. Aplikasi berulang biasanya diperlukan untuk menghapus invasi hama serangga.

Studi juga menunjukkan minyak nimba secara efektif membatasi penyebaran penyakit jamur umum, karat dan embun tepung.

Tanaman apa yang mendapat manfaat dari minyak nimba?

Anda dapat menggunakan minyak Mimba pada berbagai macam tanaman, sayuran, dan buah-buahan sebagai bagian dari strategi pengendalian hama.

Akan tetapi, ada baiknya selalu menguji pada area kecil dari satu daun sebelum menutupi semua dedaunan tanaman dengan bahan ini.

Anda harus menghindari penggunaan minyak nimba pada tanaman yang direpotting baru-baru ini atau tanaman yang menunjukkan tanda-tanda stres.

Jika ragu, Buckley merekomendasikan pilihan pengelolaan hama alami lainnya yang melelahkan sebelum beralih ke minyak nimba untuk tanaman.

Cara paling aman, paling alami dan terbaik untuk mengatasi hama pada daun tanaman adalah dengan semburan yang kuat dari selang. Menggunakan serangga predator yang menguntungkan adalah pilihan lainnya.

Jangan gunakan minyak nimba untuk tanaman-tanaman ini

Beberapa pohon sensitif terhadap minyak hortikultura seperti minyak nimba. Selain itu, ada tindakan pencegahan untuk digunakan pada tanaman sensitif, yang meliputi impatiens, fuchsia, kembang sepatu dan beberapa varietas mawar dan anyelir.

Minyak nimba lebih cenderung membakar dan merusak dedaunannya.

Selain itu, ketika tanaman memiliki dedaunan bertekstur, seperti calatheas, hasilnya mungkin tidak seefektif itu karena sulit untuk mendapatkan cakupan minyak yang lengkap.


Hal ini memudahkan serangga untuk melarikan diri atau mengunyah bagian dedaunan yang bebas minyak.

Bergantung pada seberapa sensitif indera penciuman Anda, Anda mungkin ingin tetap menggunakan minyak nimba pada tanaman luar ruangan daripada tanaman dalam ruangan. Sebab, ungkap Buckley, minyak nimba berbau busuk.

Cara menggunakan minyak nimba untuk tanaman

Membuat semprotan minyak nimba sendiri untuk tanaman sangatlah mudah. Selain itu, solusi ini menawarkan kontrol lebih besar atas kekuatan dan bahan tambahan.

Isi botol semprot satu liter hampir penuh dengan air ledeng. Campurkan seperempat hingga setengah sendok teh sabun cuci piring.

Menambahkan sabun pengemulsi merupakan langkah penting untuk membantu meningkatkan kelarutan minyak nimba dalam air. Kocok botol dengan baik.

Tambahkan 1 hingga 2 sendok teh minyak nimba ke dalam campuran sabun dan air dan kocok hingga rata hingga terlihat keruh. Menggunakan air hangat membantu campuran minyak nimba lebih baik.

Jangan menyiram tanaman langsung dengan semprotan. Periksa kepekaannya dan kekuatan larutan dengan mengujinya pada bagian kecil dari satu daun.

Kemudian tunggu 24 jam. Jika tanaman menunjukkan tanda-tanda kerusakan atau perubahan warna, coba encerkan larutan lebih lanjut atau pilih strategi pengelolaan hama alternatif.

Bahkan jika tanaman tidak keberatan dengan aplikasi minyak nimba sebelumnya, selalu disarankan untuk melakukan pengujian ulang. Beberapa tanaman bisa lebih sensitif pada waktu-waktu tertentu dalam setahun.


Kenakan sarung tangan pelindung sebelum menyemprot permukaan dan bagian bawah daun tanaman.

Pelapisan yang ringan dan merata daripada dicekik adalah yang terbaik untuk memastikan tanaman dapat sepenuhnya menyerap cahaya yang dibutuhkannya dan untuk meminimalkan kemungkinan merendam daun mulai membusuk atau mengembangkan masalah jamur.

Pertimbangkan juga untuk menggosokkan semprotan dengan lembut ke daun untuk meningkatkan cakupan terbaik. Lapisan harus memakan waktu sekitar 30 menit hingga satu jam untuk mengering.

Anda mungkin harus menyemprotkan kembali untuk membasmi semua serangga di tanaman Anda. Menyiram setiap hari selama seminggu terkadang merupakan strategi terbaik saat ada gerombolan serangga.

Ketika tanaman tidak memiliki terlalu banyak pengunjung kecil, perawatan seminggu sekali sudah cukup.

Bahan aktif dalam semprotan minyak nimba buatan sendiri untuk tanaman kehilangan keefektifannya cukup cepat setelah dicampur dengan air. Jangan mencampur dalam jumlah besar sekaligus.

Yang terbaik adalah menyimpan secukupnya untuk digunakan selama satu atau dua hari ke depan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/30/213100176/cara-menggunakan-minyak-nimba-untuk-membasmi-hama-tanaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke