Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Membersihkan Oven dengan Soda Kue dan Cuka

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring penggunaan, oven dapat kotor karena remah-remah makanan, minyak dan kotoran lainnya. Kotoran dapat menempel di bagian dalam, kaca, hingga bagian luar. 

Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan bahan alami yang mungkin sudah Anda miliki di dapur. Dengan beberapa langkah, oven Anda akan kembali bersih.

Dilansir dari Real Simple, Sabtu (27/5/2023), berikut ini cara membersihkan oven dengan soda kue dan cuka.

Membersihkan bagian dalam oven

Untuk membersihkan oven, Anda dapat menggunakan fitur self-cleaning pada oven, menggunakan pembersih oven yang dibeli di toko, atau membuat pembersih sendiri.

Jika Anda ingin membersihkan oven menggunakan pembersih alami yang dibuat sendiri, Anda dapat menggunakan soda kue, cuka, dan air.

Menurut Jessica Samson, director of national branding The Maids, kombinasi soda kue dan air adalah pembersih buatan sendiri yang ampuh.

Ia mengatakan, soda kue berfungsi sebagai bahan abrasif dan air melembutkan minyak yang terpanggang dan melonggarkan partikel makanan.

Ia menyarankan untuk membuat pasta, mengoleskannya pada permukaan bagian dalam oven dan membiarkannya selama 20 menit atau lebih lama untuk mengurai makanan yang gosong.

Anda juga dapat menambahkan sedikit cuka ke dalam campuran soda kue Anda untuk menambah daya pembersih. Semprotkan cuka di atasnya, biarkan menggelembung dan diamkan selama 20 menit.


Selanjutnya, gunakan penggosok non-abrasif untuk menggosok semua permukaan dengan lembut.

Keluarkan dan rendam rak

Ron Shimek, president Mr. Appliance mengatakan, apa pun jenis oven yang Anda miliki, cara terbaik untuk membersihkan rak logam adalah dengan melepaskannya dari oven dan merendamnya dalam air panas dengan sedikit detergen pencuci piring.

Ia mengatakan, bathtub adalah tempat yang cocok untuk merendam rak oven. Setelah direndam selama dua jam, gosok rak dengan sikat yang kaku, bilas, dan keringkan sebelun dikembalikan ke dalam oven.

Tambahkan soda kue untuk menghilangkan noda yang membandel

Selain air mendidih, Anda juga bisa menggunakan campuran soda kue dan air dengan semprotan cuka. Penting untuk mendiamkannya cukup lama agar bahan-bahan tersebut bekerja dengan baik sehingga Anda tidak perlu menggosok terlalu keras.

Membersihkan kenop oven

Gunakan kain mikrofiber untuk menyeka kenop

Anda dapat membersihkan kenop dengan kain mikrofiber lembap. Jika perlu, gunakan kain lap dengan sabun atau tisu basah.

Hindari penyemprotan langsung pada kenop

Shimek mengingatkan untuk tidak menyemprot kenop oven secara langsung dengan pembersih rumah tangga.

Menurutnya, cairan tersebut dapat masuk ke balik kenop dan sakelar. “Sebagai gantinya, semprotkan kain lap dengan cairan pembersih lalu gosokkan pada tombol-tombolnya untuk mencegah korsleting,” katanya.

Membersihkan pintu kaca oven

Buat pasta dari soda kue

Pintu kaca oven membutuhkan pendekatan yang lebih lembut dibandingkan dengan rak karena kaca lebih rentan terhadap goresan. Hindari produk yang bersifat abrasif dan menggosoknya terlalu agresif.

Samson mengatakan, untuk membersihkan kaca pintu oven tanpa menggoresnya, campurkan soda kue dan air untuk membuat pasta yang kental. Kemudian, oleskan pasta tersebut secara merata pada kaca dan diamkan selama 20 menit atau lebih.

“Setelah itu, seka pasta dengan lembut menggunakan kain mikrofiber, bilas dengan air, dan gosok hingga kering agar berkilau,” katanya.

Bersihkan dengan pembersih kaca

Sebagai alternatif, Anda dapat menyemprotkan air sabun atau pembersih oven. Untuk menuntaskan pekerjaan, gunakan pembersih kaca atau sedikit cuka yang diencerkan dan kain lembut untuk membuatnya lebih berkilau.

Bersihkan debu dan kotoran dari area tersembunyi

Terkadang pintu kaca oven terdiri dari dua bagian kaca, yang dapat menyebabkan penumpukan remah-remah, debu atau noda minyak seiring waktu. Kotoran tersebut dapat Anda bersihkan dengan mudah, meskipun memerlukan beberapa langkah ekstra.

Pertama, buka pintu dan sandarkan pada kaki Anda sebagai penopang, kemudian buka bagian atas pintu. Dengan membiarkan pintu bertumpu pada kaki Anda, Anda mencegahnya jatuh dan rusak.

Setelah dibuka, Anda dapat mengakses lapisan di antara pintu oven. Untuk membersihkan debu dan remah-remah, gunakan vacuum cleaner dengan nozel kecil. Untuk membersihkan minyak, gunakan spons basah dengan gagang yang panjang.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/27/210700676/tips-membersihkan-oven-dengan-soda-kue-dan-cuka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke