Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Ide Dekorasi Dinding Ruang Tamu agar Sedap Dipandang

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu merupakan ruang untuk menyambut tamu dan berkumpul. Untuk itu, ruang tamu perlu ditata dan didekorasi semenarik mungkin.

Jika dinding ruang tamu masih kosong, Anda dapat menambahkan berbagai dekorasi. Dekorasi dinding dapat menambahkan kedalaman dan daya tarik visual pada ruang tamu.

Dilansir Better Homes & Gardens, Sabtu (27/5/2023), berikut ini sejumlah ide untuk mendekorasi dinding ruang tamu.

1. Gantung karya seni berukuran besar

Sebuah karya seni berukuran besar merupakan cara yang sederhana namun efektif untuk mendekorasi dinding ruang tamu. Karya seni akan menjadi titik fokus yang menonjol jika digantung pada latar belakang yang kontras.

Pastikan karya seni tersebut sesuai dengan gaya dan skema warna ruangan. Tarik lebih banyak perhatian pada karya tersebut dan tingkatkan tampilannya dengan lampu gambar yang diposisikan dengan baik.

2. Dekorasi dinding bertema alam

Tambahkan dekorasi bertema alam pada dinding ruang tamu. Anda dapat memajang lukisan atau gambar yang menggambarkan alam. Namun, hal ini tidak memberi efek meningkatkan suasana hati dan manfaat kesehatan yang sama seperti tanaman.

Tanaman pada dinding merupakan cara mudah untuk menyegarkan ruang Anda dan terhubung dengan alam. Anda juga dapat menambahkan beberapa pot tanaman pada beberapa rak apung yang dipasang di dinding.

Jika Anda ragu dengan tampilannya, atau tinggal di rumah sewa, pertimbangkan untuk memasang peel and stick wallpaper yang dapat dengan mudah dilepas.

4. Dinding galeri

Untuk membuat dinding galer, belilah satu set bingkai yang serasi dan pajang dengan rapi untuk menciptakan titik fokus di ruangan. Anda dapat mengisi bingkai dengan foto keluarga atau serangkaian poster warna-warni yang terinspirasi oleh skema warna ruang tamu Anda.

Pilih dua atau tiga warna dari karya seni dalam bingkai dan gunakan warna-warna tersebut di sekeliling ruangan dengan aksesori dekoratif dan furnitur untuk tampilan yang kohesif.

5. Berpegang pada tema

Gantungkan vas atau wadah silinder kaca yang tinggi dan isi dengan benda-benda yang sesuai dengan tema ruangan.

Sebagai contoh, jika Anda kerap menggunakan ruang tamu untuk menonton pertandingan olahraga, isilah dengan berbagai macam bola. Untuk tampilan rustic, Anda dapat mengisinya dengan buah pinus.


Tidak hanya akan menambah daya tarik dan mencerahkan dinding ruang tamu Anda, hiasan ini juga akan menjadi pembuka percakapan. Pastikan rak dan vas diletakkan cukup tinggi sehingga kepala Anda tidak akan terbentur saat bersantai di sofa.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/27/161245876/5-ide-dekorasi-dinding-ruang-tamu-agar-sedap-dipandang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke