Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, 4 Tanda Anda Menyia-nyiakan Ruang di Dapur dan Solusinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur adalah ruangan tersibuk di rumah. Namun demikian, banyak di antara kita menyia-nyiakan ruangan di dapur, yang bisa membuat dapur justru berantakan dan tidak sedap dipandang.

Pun banyak di antara kita tidak menata dapur dengan benar, akibatnya ruangan yang terbatas jadi tampak penuh dan mengganggu aktivitas memasak dan menyiapkan makanan.

Dikutip dari Homes & Gardens, Selasa (23/5/2023), meskipun kita dapat menemukan cara untuk membuat lebih banyak ruang penyimpanan dapur, sering kali cara mengatur dapur yang membuat perbedaan terbesar pada seberapa efisien ruang tersebut.

Namun demikian, acap kali kita melewatkan peluang penyimpanan yang sangat baik tanpa menyadarinya.

Berikut beberapa tanda Anda menyia-nyiakan ruang di dapur dan solusinya.

1. Tidak menggunakan ruang vertikal pada lemari dapur

Kesalahan penyimpanan di dapur yang umum terjadi adalah menganggap lemari dapur baik-baik saja.

Namun, menumpuk barang-barang seperti panci dan baki di tumpukan bukanlah penggunaan ruang vertikal kabinet dapur yang baik, karena membuat barang-barang sulit untuk keluar, kata Britnee Tanner, penyelenggara profesional di Eponymous.

Ini paling sering terjadi ketika baki ditempatkan di lemari yang dalam di atas satu sama lain, tutur Tanner.

Solusi yang jauh lebih baik adalah dengan memiringkannya dan menyimpannya menggunakan organizer atau penata baki.


Hal ini memungkinkan Anda memanfaatkan ruang vertikal dengan lebih baik, membebaskan dasar kabinet untuk peralatan dapur lainnya, dan lebih mudah menemukan baki yang Anda cari.

2. Mengabaikan ruang di atas lemari dapur

Bagian atas lemari dapur adalah contoh paling umum dari ruang terbuang di dapur.

Tinggi dan canggung untuk dijangkau, ini bukan tempat yang bagus untuk gadget dapur yang paling sering Anda gunakan, tetapi sangat ideal untuk menyimpan barang-barang dekoratif atau bahkan tanaman buatan, saran Eileen Roth, penyelenggara profesional dan pendiri Everything in its Place dan penulis Organizing for Dummies.

Hal ini dapat menambah kepribadian pada dapur tanpa membuang-buang dekorasi meja dapur yang berharga.

Satu hal yang perlu diperhatikan mengenai bagian atas lemari dapur adalah sulit untuk dibersihkan, terang Roth.

Menurut dia, jika Anda benar-benar kekurangan ruang dan perlu menggunakannya untuk menyimpan barang-barang dapur, maka sebaiknya letakkan di wadah plastik bening sehingga Anda tidak memilikinya. untuk membersihkannya saat Anda membutuhkannya dan dapat melihat apa adanya saat naik ke sana untuk mengambil sesuatu.

Barang-barang yang bisa Anda simpan di sana mungkin bagus untuk set mangkok atau baki yang hanya Anda tarik untuk makan besar pada hari libur, saran Roth.

3. Tidak menggunakan rak penyimpanan khusus di lemari di bawah bak cuci piring

Kita mungkin tidak terlalu memperhatikan bagaimana kita mengatur barang di bawah bak cuci piring karena disediakan untuk persediaan pembersih.

Akan tetapi, menumpuk botol pembersih, kain lap, dan spons cuci piring dapat menjadi sulit untuk dikelola.

Ini menghasilkan ruang terbuang yang dapat dengan mudah diperbaiki dengan pengatur khusus yang pas di sekitar pipa, jelas Lauren Saltman, penyelenggara profesional dan pendiri Living. Simplified.

Memanfaatkan sistem laci berjenjang akan memungkinkan Anda menggunakan ketinggian yang tersedia untuk Anda dan akan membantu Anda mengatur semua barang yang Anda simpan di bawah bak cuci piring, ujar Saltman.

Anda akan takjub melihat betapa banyak ruang ekstra yang Anda miliki untuk perlengkapan rumah tangga lainnya dengan menciptakan sebuah sistem, sebut dia.

4. Tidak menata meja dapur dengan baik

Meja dapur, meskipun penting, sering kali menjadi penyebab besar ruang yang terbuang saat kita meninggalkan barang-barang di atasnya sepanjang waktu.

Sementara merapikan meja dapur pasti membantu membuat tempat ini lebih fungsional, perlengkapan permanen seperti peralatan dapur dan balok pisau menghabiskan ruang persiapan yang berharga, papar Roth.

Sebaliknya, Anda harus menyimpan sesedikit mungkin di meja dapur, sarannya.

Anda membutuhkan meja dapur untuk persiapan. Banyak peralatan yang biasa Anda gunakan dapat disimpan dengan mudah di dalam lemari dapur, seperti stand mixer, dan peralatan penting lainnya seperti microwave dapat dipasang di dalamnya.


Jaga agar meja dapur tetap terbuka dan bersih, siap untuk digunakan segera setelah Anda masuk ke dalam ruangan, saran Roth.

Untuk dapur kecil, pertimbangkan cara untuk membuat lebih banyak ruang meja di dapur.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/23/133500576/simak-4-tanda-anda-menyia-nyiakan-ruang-di-dapur-dan-solusinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke