Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Memilih Anjing Peliharaan yang Tepat

Anda harus berkomitmen untuk memberikan anjing peliharaan pelukan, kasih sayang, perhatian, mengajaknya  berjalan-jalan, mengunjungi dokter hewan, dan memberi makan. 

Ini adalah sebuah proses dan keputusan yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Untuk membantu Anda, berikut cara memilih anjing peliharaan yang tepat disadur dari Love to Know Pets, Minggu (21/5/2023).  

Apakah menginginkan anjing pendamping, yang juga dapat memberi Anda perlindungan? Apakah sedang mencari anjing pemandu?

Apakah menemukan ras hipoalergenik merupakan persyaratan bagi Anda? Apakah lebih suka anjing besar atau anjing yang lebih kecil? Atau menginginkan anjing peliharaan yang penuh kasih dan suka meringkuk?

Buatlah daftar kualitas yang Anda inginkan sehingga memiliki keinginan jelas dan sesuai harapan.  

Evaluasi gaya hidup dan rumah Anda

Selanjutnya, cara memilih anjing peliharaan yang tepat adalah mengevaluasi gaya hidup dan rumah Anda. Sayangnya, ada perbedaan besar antara apa yang diinginkan dari seekor anjing dan apa yang dapat Anda akomodir.

Anda harus mencermati gaya hidup, jadwal, anggaran, dan lingkungan Anda sebelum mulai mencari anjing. Tanyakan pada diri Anda sendiri pertanyaan-pertanyaan ini dan sesuaikan daftar "keinginan" Anda: 

1. Berapa banyak ruang yang dimiliki di rumah dan halaman Anda?

Anjing yang lebih kecil dan tidak banyak bergerak dapat hidup baik di rumah kecil, sedangkan anjing yang aktif membutuhkan ruang yang luas. 

Ras anjing atletis sering kali membutuhkan dua jam atau lebih untuk berolahraga setiap hari dan anjing berbulu panjang biasanya membutuhkan perawatan setiap hari.

3. Apakah dapat menangani perawatan anak anjing?

Anak anjing membutuhkan banyak perhatian dan harus dikeluarkan setiap satu atau dua jam sekali selama pelatihan toilet.

4. Apakah memiliki hewan peliharaan lain di rumah?

Anjing dan kucing bisa rukun, tetapi Anda membutuhkan ruang dan peralatan untuk memperkenalkannya dengan tepat. 

5. Seperti apa anggaran Anda?

Anjing ras murni dapat dibanderol dengan harga tinggi, tergantung pada ras dan silsilahnya. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan biaya makanan, perlengkapan, perawatan pencegahan, dan potensi keadaan darurat medis. 

Sebagian besar tempat penyelamatan akan mengizinkan Anda menghabiskan waktu di ruangan tertutup atau ruang terbuka dengan anjing sehingga dapat mengenalnya. 

Bicaralah dengan anjing tersebut dan lihat bagaimana reaksinya. Jika anjing mengizinkan Anda, belai mereka dengan lembut. 

Banyak anjing yang tegang di tempat penampungan, jadi ada kemungkinan anjing tidak akan menunjukkan kepribadiannya secara utuh.

Beberapa anjing mungkin terlihat tenang saat pertama kali bertemu di tempat penyelamatan, tapi kemudian menjadi gugup saat Anda membawanya pulang.

Namun, Anda harus memiliki firasat tentang apakah anjing ini cocok untuk Anda. Jika tidak memiliki kecocokan, tidak apa-apa. Temui sebanyak mungkin anjing atau anak anjing yang Anda perlukan sebelum menemukan yang tepat.  

Buat keputusan bersama

Sekarang saatnya membuat keputusan. Jika memiliki orang dewasa, anak-anak, atau hewan peliharaan lain yang tinggal di rumah, mereka harus mempertimbangkan pilihan tersebut.

Pastikan semua orang setuju dengan ras anjing yang dipilih. Jika mengalami kesulitan  memutuskan di antara beberapa anjing, temui mereka sebanyak yang Anda butuhkan sebelum menentukan pilihan.

Baik mengadopsi maupun membeli, mungkin ada beberapa hal yang mendesak seputar keputusan Anda. Jika  ragu-ragu, jangan biarkan tekanan itu menguasai Anda.

Memelihara anjing adalah komitmen besar dan Anda harus merasa yakin. Luangkan waktu saat memilih anjing atau ras mana yang tepat untuk Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/21/160500976/4-cara-memilih-anjing-peliharaan-yang-tepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke