Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Warna Handuk yang Tidak Disarankan Desainer Interior, Termasuk Putih

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna handuk mandi biasanya tidak terlalu dipertimbangkan dengan matang. Namun demikian, ada warna-warna handuk tertentu yang harus kita hindari di kamar mandi.

Dikutip dari Homes & Gardens, Kamis (27/4/2023), ada beberapa aturan penting yang mengejutkan untuk membeli handuk yang mungkin tidak disadari banyak dari kita, dan warna adalah salah satunya.

Kelima warna handuk ini akan membuat ruangan terlihat kuno atau bahkan merusak suasana santai, kata para desainer interior. Berikut beberapa warna handuk mandi yang tidak disarankan oleh desainer interior.

1. Putih

Handuk putih adalah pilihan yang tidak lekang oleh waktu untuk handuk mandi, tetapi tidak masuk dalam daftar pilihan saat desainer interior memilih tren handuk favorit mereka untuk tahun 2023. Mengapa?

Karena mencuci handuk agar tetap putih sangatlah sulit, sehingga menimbulkan warna abu-abu yang membuat kamar mandi terlihat kuno.

Selain itu, meskipun warna putih dapat melambangkan modernitas, kebersihan, dan kemurnian, handuk mandi putih bersih yang berlimpah dapat menciptakan suasana yang impersonal dan steril di kamar mandi Anda, kata Julio Arco, pakar warna, desainer interior, dan pendiri Bark and Chase.

Handuk putih akan mencegah suasana santai dan menenangkan yang ingin kita ciptakan di kamar mandi.

2. Kuning cerah dan oranye

Kecuali jika Anda sedang mencari ide kamar mandi penuh warna untuk membantu Anda bangun di pagi hari, maka warna kuning dan oranye yang cerah harus dihindari, ujar Michelle Lynne, pendiri dan desainer interior di ML Interiors Group.

Oranye adalah warna sekunder yang menonjol yang sering menarik perhatian bahkan dalam warna yang kencang, jelas Lynne.


Kuning juga memberi energi bahkan ketika diencerkan menjadi pastel. Akibatnya, warna-warna ini sebaiknya dibiarkan untuk ruang rias yang eksentrik daripada diletakkan di kamar mandi utama Anda, yang seharusnya menenangkan dan meremajakan, imbuh dia.

3. Merah

Mendekorasi dengan warna merah terkenal sulit dilakukan, dan dari sudut pandang psikologi warna, ini adalah salah satu warna yang paling membuat stres.

Akibatnya, ini adalah warna yang sangat rumit untuk digunakan pada handuk mandi, tutur Lynne.

Sebagai warna utama, merah sangat diasosiasikan dengan hal-hal seperti 'komik, mainan anak-anak, dan seni modern. Jika latar belakang yang menenangkan diinginkan, itu adalah warna yang harus dihindari di handuk Anda, ungkapnya.

Bahkan di kamar mandi warna netral, handuk merah dapat mengalahkan ruang dan mengalihkan perhatian dari perlengkapan dan fitur lain yang lebih menarik, terang Artem Kropovinsky, desainer interior dan pendiri studio desain Arsight.

Untuk mempertahankan suasana santai, lebih baik tetap menggunakan warna tenang, menawarkan warna merah muda halus sebagai alternatif yang menenangkan, saran Kropovinsky.

4. Hitam

Kecuali Anda ingin kamar mandi Anda seperti suasana di salon, maka hindari menggunakan handuk serba hitam di kamar mandi.

Menambahkan aksen hitam ke kamar mandi dapat membantu membuat ruangan terasa lebih mewah, terutama dengan lapisan matte, tetapi handuk hitam atau gelap dapat membuat kamar mandi kewalahan atau menambah suasana muram, ucap Lauren Brantley, desainer interior dan pendiri Lauren Ashley Desain.

Terlebih lagi, handuk mandi berwarna hitam akan membuat ruangan terasa lebih tertutup, khususnya kamar mandi kecil atau ruang bedak. Ini berkontribusi pada rasa klaustrofobia dan mengurangi suasana damai yang ingin Anda promosikan oleh desainer.


5. Handuk multiwarna

Handuk multiwarna dengan pola cerah atau mengganggu adalah skema warna lain yang harus dihindari, terang Arco.

Selain warna, peran pola dan tekstur tidak boleh diabaikan dalam menciptakan kamar mandi yang tenang dan bersih.

Handuk dengan dua warna cerah atau lebih seperti jeruk, merah, dan kuning, misalnya, paling baik ditinggalkan di rak toko dengan handuk polos yang menawarkan pilihan abadi yang sesuai dengan skema kamar mandi, apa pun gaya dekorasi yang Anda gunakan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/27/151800776/5-warna-handuk-yang-tidak-disarankan-desainer-interior-termasuk-putih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke