Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Manfaat Menggunakan Plester Microcement di Rumah

Microcement berfungsi sebagai pelapis atau plester yang dapat diaplikasikan pada dinding, lantai, tangga, kolam renang, dan benda-benda dekoratif yang akan mengubah tampilan rumah secara total. 

Microcement terbuat dari semen, resin, aditif, dan pigmen mineral untuk membuat lapisan. Microcement adalah bahan konstruksi yang dapat digunakan untu interior dan eksterior.

Bahan ini menonjol karena tebalnya hanya sekitar tiga milimeter, tetapi tetap memberikan tampilan modern dan canggih.

Selain itu, berkat keserbagunaannya yang luar biasa, microcement dapat memberikan hasil akhir dekoratif yang berbeda dan memiliki permukaan yang bebas sambungan.

Microcement juga menjadi bahan dekoratif revolusioner yang dapat membantu mengubah estetika rumah atau bangunan apa pun.

Jika ingin mendekorasi rumah dengan microcement atau ingin mempelajari lebih lanjut tentang hal ini, berikut sejumlah manfaat menggunakan plester microcement di rumah disadur dari Decor Tips, Jumat (7/4/2023). 

Microcement dapat digunakan di permukaan apa pun, dari lantai, dinding, kamar mandi, hingga dapur.

Microcement merupakan bahan serbaguna dengan kemampuan merekat yang baik pada berbagai macam penyangga, seperti keramik, marmer, beton, semen, plester, ubin, periuk, atau teraso. 

Perlu diketahui, meski plester microcement adalah bahan yang mudah digunakan, beberapa tindakan pencegahan perlu dilakukan, termasuk membersihkan penyangga, menggunakan jaring fiberglass, dan aplikasi serta penyelesaiannya. 

Hasil akhir menarik 

Selanjutnya, manfaat menggunakan plester microcement di rumah adalah memberikan hasil akhir yang menarik untuk semua selera dan gaya dekoratif.

Hal ini menjadikan plester microcement pilihan sempurna bagi orang-orang yang ingin merenovasi interior rumah tanpa hal-hal rumit. Beberapa hasil akhir yang paling menonjol adalah matte, super matte, non-slip matte, satin, dan gloss.

Jadi, di mana pun microcement diaplikasikan, Anda akan mendapatkan hasil akhir yang halus dan merata, yang bisa disesuaikan dengan berbagai warna dan tekstur.

Selain itu, ini bisa dipoles untuk menghasilkan hasil yang lebih baik sehingga dapat menciptakan desain unik. Hasilnya, Anda akan mendapatkan tampilan dan nuansa yang orisinil serta personal pada rumah sesuai dengan selera Anda. 

Selain itu, plester microcement juga memiliki daya tahan tinggi terhadap noda dan abrasi. Apabila Anda tertarik menyelesaikan renovasi atau melakukan pekerjaan di rumah, microcement tidak sulit diaplikasikan serta memiliki masa pakai yang panjang dan bermanfaat.

Dengan beberapa perawatan dan pembersihan dasar yang sederhana, microcement akan bertahan seiring berjalannya waktu. 

Mudah dibersihkan

Mudah dibersihkan menjadi salah satu manfaat menggunakan plester microcement di rumah. Ada produk pembersih khusus untuk menjaga permukaan microcement dalam kondisi baik.

Namun, sedikit sabun dan air sudah cukup untuk merawat microcement serta memaksimalkannya secara estetika. Selain itu, menggunakan lilin akan mempertahankan kilau, bahkan meningkatkan lapisan dari waktu ke waktu.  

Karena tidak rentan terhadap noda, perawatan plester microcement mudah dilakukan. Anda tidak memerlukan banyak bahan atau produk khusus untuk menjaganya tetap dalam kondisi baik. Dengan demikian, microcement menjadi pilihan tepat untuk mereka yang sibuk. 

Selain itu, pemasangan microcement murah karena tidak memerlukan alat instalasi khusus dan investasi yang dapat bertahan seumur hidup dengan perawatan baik. 

Ideal untuk area basah

Terakhir, manfaat menggunakan plester microcement di rumah adalah cocok untuk area basah.

Microcement adalah pilihan populer untuk lantai berkat sifatnya yang tidak licin. Ini adalah bawaan dari agregat khusus yang ditambahkan ke dalam semen.

Dengan demikian, plester microcement adalah alternatif sangat baik untuk area basah, seperti kamar mandi, dapur, dan kolam renang. Selain itu, cocok di area yang mengutamakan kesejahteraan dan keselamatan penghuni. 

Jika ingin mengubah area basah dan mengisinya dengan modernitas dan keanggunan, memilih melapisi lantai dan dinding dengan microcement adalah ide bagus. Selain tidak licin, bahan ini juga akan meningkatkan estetika rumah. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/07/131100576/6-manfaat-menggunakan-plester-microcement-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke