Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Ide Warna Kamar Mandi Minimalis yang Elegan dan Tampak Mewah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi minimalis adalah salah satu gaya desain yang banyak digemari. Jika Anda ingin mendesain kamar mandi yang sangat tenang, kontemporer, dan mewah, tidak perlu mencari yang lain selain minimalis.

Dikutip dari Living Etc, Selasa (4/4/2023), gaya desain minimalis adalah tentang menciptakan ruang bebas kekacauan yang meningkatkan kesejahteraan kita. Gaya ini ideal jika Anda ingin kamar mandi memiliki suasana seperti spa.

Karena minimalis dalam desain interior menerapkan ornamen dengan sangat hemat, triknya adalah dengan menggunakan warna secara konservatif. Anda perlu memastikan gaya desain kamar mandi terasa menenangkan dan kohesif, jadi hindari warna yang menarik perhatian atau menonjolkan dinding dengan cara apa pun.

Bukan berarti palet warna untuk kamar mandi minimalis harus membosankan. Berikut beberapa ide warna kamar mandi minimalis untuk tampilan yang elegan dan mewah.

1. Putih klasik dan abu-abu yang sejuk

Di kamar mandi minimalis, palet warna dasar putih dapat dipadukan dengan lapisan logam dan pola organik pada ubin.

Putih klasik memantulkan cahaya di setiap kamar mandi kecil dan memberikan kesan ruang yang lebih luas, kata Danielle Krieg, seorang desainer interior di Studio AM.

Cahaya alami, garis sederhana, dan cat putih klasik memastikan kamar mandi ini elegan tanpa mencolok. Perlengkapan pipa nikel yang dipoles, sconce, cermin, dan kaca di latar belakang menambah lapisan dan kedalaman tanpa menimbulkan kerumitan, sebut Krieg.

Minimalisme adalah cara terbaik untuk memanfaatkan kamar mandi dengan pemandangan indah. Warna yang hangat, netral, dan garis-garis bersih dari kamar mandi bergaya spa menarik mata Anda ke luar ke alam.

Warna netral ini memproyeksikan rasa nyaman dengan lapisan akhir, tutur Krieg.

Anda bisa menambahkan tekstur dan lapisan dengan semburat lembut, bunga merah dan lampu gantung yang terbuat dari kaca di atas meja batu yang dipoles.

3. Coklat, beige, dan abu-abu

Dalam gelombang minimalis terbaru, yang sering disebut soft minimalism, menggabungkan bahan alami sangat penting.

Idenya adalah bahwa benda-benda organik membantu menenangkan kita dengan menghubungkan kembali kita dengan alam. Ini membuat warna netral yang bersahaja pilihan tepat untuk kamar mandi minimalis.

Merek Salvatori mengatakan, karena semakin banyak desain yang mengesampingkan pentingnya menjalin hubungan dengan alam, tampilan minimalis alami adalah tren kamar mandi yang ditakdirkan untuk tetap ada.

Salvatori merekomendasikan penggunaan warna netral seperti krem dan abu-abu, atau bahan alami seperti kayu dan tanaman untuk menciptakan tautan ke luar ruangan.

Ini tentang menciptakan efek yang hangat dan menenangkan, apakah itu penggunaan palet warna tanah atau tekstur yang terinspirasi bumi pada batu alam, untuk menciptakan suasana yang ramah, apa pun iklimnya.

4. Serba putih dan nuansa kayu

Ada alasan mengapa ruang serba putih menjadi klise dalam hal desain minimalis. Ini menjadikannya solusi sempurna untuk kamar mandi kecil atau remang-remang, menerangi ruang dengan garis bersih dan menciptakan efek rapi, tutur pihak Salvatori.

Jika Anda menggunakan warna putih di atas putih, pastikan Anda menggunakan berbagai tekstur, seperti yang ditunjukkan di kamar mandi di atas.

Salvatori menjelaskan, untuk menghindari hasil yang kaku dan steril, mereka merekomendasikan bermain dengan bentuk dan tekstur ubin atau menambahkan beberapa aksesori marmer putih ke desain yang sudah ada.

5. Putih dan abu-abu

Putih dan abu-abu adalah solusi mudah lainnya untuk kamar mandi minimalis, terutama jika Anda memasukkan warna dalam bahan alami seperti marmer.

Anda benar-benar tidak akan salah dengan palet yang berpusat pada warna putih klasik di kamar mandi, ungkap Jessica Erp, desainer interior di Cushing Terrell.

Putih selalu terasa segar, bersih, dan minimal. Kunci saya untuk memilih cat putih yang terasa cerah tanpa terlihat klinis adalah dengan memilih warna yang menawarkan sedikit warna abu-abu, sebut Erp.

6. Putih, abu-abu dan kayu

Saat memilih palet warna untuk kamar mandi minimalis, yang terbaik adalah membiarkan bahan yang Anda gunakan memandu jalannya. Menentukan palet warna tergantung pada ruang dan bahan finishing, ucap Mark de Reus, Pendiri De Reus Architecture.

Misalnya, gunakan marmer atau batu alam, lantai batu basal abu-abu muda, langit-langit dan lemari kayu ek putih bernoda abu-abu muda. Ketiga bahan finishing ini membentuk keseluruhan palet pewarnaan dan tekstur ruangan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/04/175000076/7-ide-warna-kamar-mandi-minimalis-yang-elegan-dan-tampak-mewah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke