Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membasmi Lalat Buah dari Rumah, Dijamin Enggak Bakal Muncul Lagi

Dikenal juga sebagai Drosophila melanogaster, lalat buah adalah spesies lalat rumah biasa yang dapat dikenali dari matanya berwarna merah, dada berwarna coklat, dan perut berwarna hitam. 

Sesuai dengan namanya, lalat buah tertarik pada buah yang matang atau busuk untuk memperoleh makanan dan lokasi bertelur. 

Lalat buah dewasa berukuran tiga sampai empat milimeter dan dapat hidup selama 40-50 hari. Lalat buah bisa menjadi gangguan di dalam rumah kapan saja sepanjang tahun, tetapi paling aktif selama musim panen pada musim gugur.

Lalat buah suka muncul atau hinggap di sekitar tempat sampah dan tempat-tempat lain yang bisa mendapatkan makanan gratis serta lezat.

Lalat buah memiliki sistem reproduksi serangga empat tahap, yaitu telur, larva, pupa, dan dewasa. Larva mulai memakan buah yang membusuk segera setelah menetas. 

Seekor lalat buah betina dapat menghasilkan hingga 500 telur dalam masa hidupnya yang singkat dan inilah yang membuat sangat sulit dibasmi. 

Lalat buah tertarik pada buah yang terlalu matang di atas meja dan bahan yang berfermentasi di saluran air, kain pel, juga tong sampah.

Lalat buah juga dapat tertarik oleh kelalaian pemilik rumah ketika menggunakan hasil kebun mereka. Serangga ini tertarik pada aroma buah yang matang dan sayuran yang membusuk.

Meski dapat menjadi gangguan sepanjang tahun jika makanan berlimpah, lalat buah lebih sering menjadi masalah di dalam ruangan pada musim panas dan musim gugur.  

Cara membasmi lalat buah dari rumah 

Ada banyak cara membasmi lalat buah dari rumah yang bisa dilakukan. Cara ini mudah dan cepat dilakukan. 

Setelah membasmi lalat buah, lakukan langkah pencegahan seperti mencuci rutin saluran air wastafel, dan konter, serta secara menyeluruh membersihkan tumpahan air.

Setelah tiba di rumah dari toko bahan makanan, cuci produk yang dibeli untuk menyingkirkan kemungkinan telur lalat buah yang mungkin telah menempel. 

Terakhir, gunakan atau buang produk yang sudah membusuk atau terlalu matang. Inilah cara membasmi lalat buah dari rumah sesegera mungkin.  

Selain itu, ada cara membasmi lalat buah yang bisa Anda coba seperti dilansir dari AZ Animals, Senin (3/4/2023), berikut ini. 

Lalat buah akan tertarik pada cuka dan begitu masuk, lalati tidak akan bisa keluar karena tertutup bungkus plastik.

Pilihan lain, mencampurkan sabun cuci piring dengan cuka sari apel. Sabun cuci piring dan cuka harus dicampur dengan baik dalam sebuah wadah.

Lalat tertarik pada rasa pahit cuka sari apel dan sabun cuci piring berfungsi menurunkan tegangan permukaan cairan sehingga lalat dapat segera menyelam ke dalam larutan setelah menjelajahinya dan terperangkap di dalamnya.

  • Ramuan dapur

Campurkan dua sendok teh gula pasir dengan 120 mililiter susu. Gula akan larut setelah beberapa menit dipanaskan di atas kompor atau dalam microwave, sambil terus diaduk.

Taruh isinya ke dalam mangkuk dengan beberapa tetes sabun cuci piring untuk membuat permukaan cairan sedikit lengket serta mencegah lalat buah keluar.

Tambahkan lada hitam di atasnya. Anda mungkin akan kesulitan membedakan antara lada hitam dan lalat buah, tapi begitu mencoba cara ini, Anda akan terkejut dengan sedikitnya lalat buah yang tersisa di rumah. 

Buatlah lubang kecil di bagian bawah penyaring kopi yang berbentuk kerucut. Letakkan di atas stoples dan lipat kertas di tepi stoples agar tetap di tempatnya dan menangkap lalat buah. 

  • Buah busuk

Lantaran tertarik pada buah, Anda bisa memanfaatkan buah busuk untuk membasmi lalat buah. Caranya, taruh beberapa buah busuk yang sudah dipotong ke dalam mangkuk.

Dengan menggunakan karet gelang, bungkus dengan kuat plastik pembungkus di sekeliling mangkuk. Buatlah beberapa lubang pada plastik menggunakan jarum atau tusuk gigi.

Lalat buah seharusnya dapat merangkak melalui lubang-lubang tersebut, tetapi tidak dapat melarikan diri karena ukurannya yang besar.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/03/071500376/cara-membasmi-lalat-buah-dari-rumah-dijamin-enggak-bakal-muncul-lagi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke