Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Lama Udang Bisa Disimpan di Kulkas agar Kualitasnya Terjaga?

JAKARTA, KOMPAS.com - Udang adalah sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi dalam bentuk beragam hidangan lezat. Namun, untuk memanfaatkannya secara maksimal, udang perlu disimpan dengan benar di kulkas.

Nah, berapa lama udang bisa disimpan di kulkas dan bagaimana caranya? Dikutip dari Eating Well, Jumat (31/3/2023), berikut penjelasannya.

Berapa lama udang mentah bisa disimpan di kulkas?

Udang mentah bertahan di kulkas selama satu hingga dua hari. Beberapa kemasan udang mungkin memiliki tanggal berupa "Best before" atau "Use by", yang menunjukkan perkiraan pengemas kapan produk akan memiliki kualitas terbaik.

Udang bisa bertahan lebih dari dua hari, tetapi jika Anda tidak yakin periksa tekstur dan baunya. Jika udang berlendir atau berbau seperti amonia, sebaiknya dibuang saja.

Jika Anda tidak bisa memasaknya dalam dua hari, Anda bisa membekukan udang mentah di freezer, yang akan memperpanjang waktu kegunaannya.

Untuk menyimpan udang di freezer, letakkan dalam satu lapisan di atas loyang dan bekukan sampai padat. Langkah ini memastikan udang tidak menggumpal saat membeku.

Kemudian, pindahkan ke kantong kedap udara yang aman untuk freezer. Meskipun udang dapat bertahan hingga satu tahun di dalam freezer, sebaiknya gunakan dalam waktu tiga bulan untuk rasa dan tekstur yang optimal.

Pastikan untuk memberi label dan tanggal pada kantong sehingga Anda tahu kapan awalnya dibekukan.

Berapa lama udang matang bisa disimpan di kulkas?

Udang matang bertahan di kulkas selama tiga hingga empat hari. Jika Anda perlu memanaskan kembali udang, disarankan untuk melakukannya dengan menggunakan metode memasak aslinya.

Saat memanaskan ulang, gunakan suhu yang lebih rendah agar tidak terlalu matang. Anda juga dapat menambahkan sedikit air, lemak, atau cairan yang awalnya digunakan untuk memasak udang.

Pastikan untuk memeriksa udang sesering mungkin untuk melihat apakah sudah panas karena dapat cepat matang, dan hasilnya adalah tekstur yang kenyal.

Cara menyimpan udang di kulkas

Simpan udang mentah dalam kemasan aslinya di rak paling bawah kulkas. Jika ada kebocoran cairan dari wadah udang, menyimpan bahan jauh dari makanan lain membantu meminimalkan risiko kontaminasi silang.

Untuk udang yang sudah matang, simpan dalam wadah kedap udara di kulkas. Untuk memastikan udang mentah atau matang tetap aman, pastikan suhu kulkas dalam kondisi tepat, yakni 4,4 derajat celcius atau lebih rendah.

Kesimpulan

Udang mentah bertahan di kulkas selama satu hingga dua hari tetapi bisa bertahan berbulan-bulan jika dibekukan. Udang matang bertahan tiga sampai empat hari.

Untuk memanaskan kembali udang yang sudah matang, gunakan suhu yang lebih rendah dan sering-seringlah memeriksanya agar tidak terlalu matang. Saat menyimpan udang mentah di kulkas, simpan di rak paling bawah.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/31/172700876/berapa-lama-udang-bisa-disimpan-di-kulkas-agar-kualitasnya-terjaga-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke