Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dijamin Awet, Ini Cara Merawat dan Membersihkan Wajan Keramik

Ada banyak manfaat menggunakan wajan keramik, seperti tahan terhadap goresan, sifat non-reaktif untuk menikmati rasa makanan yang sebenarnya, serta tahan lama. 

Peralatan masak keramik menawarkan keserbagunaan luar biasa dalam dunia kuliner karena lapisan antilengket alami yang memungkinkan Anda mengurangi jumlah minyak goreng yang diperlukan untuk makanan. 

Meski demikian, wajan keramik memerlukan perawatan untuk membuatnya bertahan lama. Tanpa perawatan tepat, peralatan masak keramik akan mulai menunjukkan tanda-tanda keausan seperti permukaan yang rusak dan melengkung.

Nah, dikutip dari Rhythm of the Home, Jumat (17/3/2023), berikut cara membersihkan wajan keramik. 

Jika membuang air dingin ke dalam wajan keramik kotor yang panas, ini berisiko besar merusak lapisan keramik karena perubahan suhu yang tiba-tiba.

Pastikan tidak ada lagi suara mendesis dan wajan sudah benar-benar dingin sebelum membersihkannya. 

Selain itu, tidak membiarkan wajan keramik dingin terlebih dulu sebelum mencucinya dapat membuat peralatan melengkung. 

Peralatan masak keramik mengandalkan bahan aluminium atau baja tahan karat yang tidak merespons baik terhadap perubahan suhu yang tiba-tiba.

Hindari sengatan panas dengan cara apa pun untuk meningkatkan masa pakai peralatan masak keramik.  

Selalu cuci peralatan dengan tangan 

Selanjutnya, cara membersihkan wajan keramik adalah mencucinya dengan tangan meski wajan memiliki label aman untuk dicuci di mesin pencuci piring. 

Semua jenis peralatan masak keramik dapat rusak seiring waktu jika dicuci di mesin pencuci piring. Untungnya, tidak perlu banyak usaha membersihkan peralatan masak keramik dengan tangan karena kinerja pelepasan makanan yang bagus secara alami dari lapisan keramik. 

Bahkan goresan kecil yang hampir tidak terlihat pun dapat mengurangi kemampuan antilengket pada peralatan masak keramik.

Karena itu, pastikan Anda tidak pernah menggunakan sabut baja, bantalan logam, atau pembersih yang bersifat abrasif. Direkomendasikan menggunakan spons nonabrasif. 

Baking soda mengatasi noda yang mengeras

Untuk membersihkan wajan keramik dengan noda membandel, dapat memberikan hasil kurang memuaskan bila menggunakan spons lembut untuk menyekanya. 

Sebagai solusi, gunakan baking soda. Caranya, rendam wajan keramik dalam air sabun selama sekitar 20 menit dan oleskan sedikit baking soda ke serbet atau spons pembersih Anda.

Pilihan lain, menaburkan baking soda pada area yang terkena noda dan mencampurnya dengan beberapa tetes air panas. Gosok noda yang mengeras hanya setelah baking soda menempel di permukaan wajan keramik selama 20 menit. 

Singkirkan perubahan warna dengan hidrogen peroksida 

Jika secara tidak sengaja membakar makanan di atas wajan keramik terlalu sering, ini bisa menyebabkan perubahan warna pada lapisannya.

Warna ini tidak akan hilang, bahkan setelah digosok dengan sabun cuci piring dan baking soda. Solusi yang lebih efektif adalah menargetkan area yang berubah warna dengan bantuan hidrogen peroksida.

Pembersih rumah tangga aman ini menawarkan efek pemutihan untuk mengembalikan kecerahan asli lapisan keramik pada peralatan masak keramik. 

Sama dengan peralatan masak antilengket lainnya, sebaiknya tidak menggunakan peralatan logam untuk sendok mmasak demi menghindari goresan pada lapisan keramik. Bahan perkakas yang aman adalah kayu, silikon, dan plastik. 

Hindari semprotan minyak goreng

Minyak berbahan dasar aerosol dapat menyebabkan noda yang sulit dihilangkan pada peralatan masak keramik. Pilihlah minyak berbahan dasar cairan jika ingin meningkatkan kinerja pelepasan makanan dari peralatan masak.

Semprotan minyak memang praktis dan sering digunakan untuk mengurangi jumlah minyak goreng yang dibutuhkan.

Namun, kabar baiknya adalah Anda sudah bisa memanfaatkan masakan yang lebih sehat karena panci dan wajan keramik hanya membutuhkan sedikit minyak.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/17/071500376/dijamin-awet-ini-cara-merawat-dan-membersihkan-wajan-keramik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke