Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pintu Masuk Rumah Warna Gelap Vs Terang, Mana yang Sebaiknya Dipilih?

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya interior rumah, warna eksterior rumah juga harus dipilih secara cermat, termasuk warna pintu masuk rumah. Namun, mana yang lebih baik, warna gelap atau terang untuk pintu masuk rumah?

Dikutip dari Homes & Gardens, Senin (6/3/2023), secara umum, saat merencanakan ide warna pintu masuk rumah, Anda disarankan memilih warna yang lebih gelap jika eksterior rumah memiliki dinding yang lebih terang, dan warna yang lebih terang jika dinding eksterior lebih gelap.

Ini menciptakan elemen kontras yang bergaya, teknik yang digunakan oleh desainer interior dan arsitek untuk menciptakan skema desain yang sukses dan seimbang.

Pada akhirnya, sepenuhnya terserah Anda warna apa yang Anda pilih untuk pintu masuk rumah.

Akan tetapi, ada beberapa pertimbangan yang perlu diketahui sebelum Anda memilih warna pintu masuk rumah. Berikut penjelasannya.

Menurut Kimberly Horton dari HK Home Design, warna pintu dapat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tampilan dan nuansa rumah secara keseluruhan.

Saat memilih warna pintu yang tepat, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti gaya rumah, dekorasi di sekitarnya, dan preferensi pribadi.

Mengenai apakah pintu harus lebih gelap atau lebih terang dari rumah, itu sangat tergantung pada situasi spesifiknya.

Umumnya, pintu yang lebih gelap dapat menciptakan kesan drama dan kontras, sedangkan pintu yang lebih terang dapat menciptakan tampilan yang lebih halus dan kohesif, sebut Horton.

Kapan harus memilih warna terang untuk pintu masuk rumah?

Bisa dibilang lebih ramah, warna-warna terang terlihat kontemporer dan segar, meskipun membutuhkan lebih banyak perawatan dan pembersihan.

Kontras adalah kunci ketika memilih warna yang tepat untuk pintu masuk rumah.

Dengan demikian, jika rumah Anda memiliki dinding luar yang lebih gelap, apakah itu melalui kelongsong kayu hitam atau cat abu-abu tua, memilih warna pintu depan yang lebih terang akan bekerja dengan baik.

Jika rumah Anda berwarna lebih gelap, seperti coklat atau abu-abu, maka warna yang lebih terang untuk pintu masuk rumah adalah pilihan yang lebih baik, karena ini akan memberi kesan cerah pada pintu masuk rumah, saran Jeanette Fusco, desainer interior di HiHomePicks.

Desainer interior dan pendiri Arsight, Artem Kropovinsky juga menjelaskan, warna pastel atau lembut dapat menambahkan sentuhan yang menawan dan ramah, terutama untuk rumah bergaya tradisional atau pedesaan.

Kapan harus memilih warna gelap untuk pintu masuk rumah?

Jamie Gasparovic, pemilik dan desainer utama Studio Gaspo, firma desain interior di Orlando, Florida, AS mengatakan, pintu masuk rumah harus lebih gelap daripada rumah Anda.

Warna gelap benar-benar menjadi dasar pintu masuk rumah, dan menarik perhatian ke dirinya sendiri, mengundang Anda masuk. Baik itu kayu bernoda lebih gelap, warna murung, atau bahkan hitam klasik, Anda tidak akan salah dengan warna gelap yang membuat pernyataan, ujar dia.

Kropovinsky juga menyarankan, jika Anda lebih suka pintu masuk rumah yang berani atau dramatis, warna yang lebih gelap dapat bekerja dengan baik.

Pintu depan berwarna hitam atau biru tua dapat memberikan tampilan yang modern dan elegan, sedangkan warna merah tua atau hijau tua dapat memberikan sentuhan klasik dan elegan.

Anda butuhkan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/06/194000176/pintu-masuk-rumah-warna-gelap-vs-terang-mana-yang-sebaiknya-dipilih-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke