Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tips Membersihkan Dapur Serba Putih

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki dapur dengan warna serba putih memiliki tantangan tersendiri dalam pembersihan.

Setiap cipratan saus atau kuah di meja dapur, sidik jari di pintu lemari dapur, remah-remah makanan di lantai dapat terlihat jelas.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar dapur serba putih tetap terlihat bersih. Dilansir My Domaine, Sabtu (25/2/2023), berikut ini 7 tips membersihkan dapur serba putih.

1. Sering membersihkan kabinet dapur

Membersihkan kabinet dapur dengan segera setelah terkena cipratan makanan merupakan hal penting. Kabinet dapur sebaiknya dibersihkan setidaknya dua kali sebulan agar kotoran tidak menumpuk.

Becky Rapinchuk, penulis Clean Mama's Guide to a Peaceful Home dan pendiri situs web Clean Mama menyarankan, untuk membersihkan kabinet, campurkan air hangat dan beberapa tetes sabun cuci piring atau sabun castile ke dalam botol.

Semprotkan, lalu lap dengan kain mikrofiber dari atas ke bawah dan dadi kiri ke kanan.

2. Bersihkan tumpahan secepatnya

Tumpahan harus dibersihkan dengan cepat agar tidak meninggalkan noda. Pel lantai dengan segera dengan pembersih serbaguna dan pel mikrofiber.

3. Bersihkan bak cuci piring setiap malam

Noda sisa makanan dapat terlihat jelas di bak cuci piring berwarna putih. Karena itu, Rapinchuk membersihkannya setiap malam.

Ia mencampurkan beberapa tetes minyak esensial dengan sekitar 473 ml soda kue dan menyimpan campuran tersebut dalam toples.

Pada malam hari, Rapinchuk menyendok dan menaburkan satu atau dua sendok makan campuran tersebut ke wastafel basah yang kosong, membubuhkan sabun cuci piring, lalu menggosok, membilas dan mengeringkannya.

Sebaiknya hindari produk abrasif dan bahan kimia kuat seperti pemutih dan aseton yang dapat menggores permukaan bak cuci.

4. Perhatikan dinding dapur

Dinding putih dapat membuat ruangan terasa cerah, namun juga membuat noda kecil terlihat lebih jelas. Seka cipratan sesegera mungkin dengan pembersih serba guna sebelum sempat mengering dan meninggalkan noda.

Untuk noda berminyak, tepuk-tepuk dengan tepung maizena, diamkan selama beberapa menit untuk menyerap minyak. Setelah itu, kikis residunya. Kemudian, bersihkan area dengan air sabun dan kain sebelum dibilas dan dikeringkan.

5. Lap peralatan

Sering-seringlah menyeka kotoran yang terlihat di peralatan dapur yang berwarna putih. Siapkan tisu disinfektan atau beberapa handuk mikfofiber dan botol semprot pembersih serba guna di dapur.

6. Cobalah membuat larutan pembersih

Para ahli setuju bahwa terdapat larutan pembersihan buatan sendiri yang bekerja dengan baik di semua permukaan countertop atau meja putih termasuk marmer, granit, kuarsa dan laminasi.

Campurkan 2 sendok makan alkohol gosok, sekitar 355 mililiter air, dan 1/4 sendok teh sabun castile dalam botol semprot. Semprot meja, bersihkan dengan mifkrofiber.

7. Manfaatkan pembersih serbaguna

Sebagian besar percikan pada backsplash seperti percikan timat dapat dibersihkan dengan semprotan pembersih serba guna.

Noda minyak yang membandel dapat dibersihkan dengan campuran sabun cuci piring dan soda kue dengan perbandingan yang sama. Atau, coba usapkan handuk kertas yang dicelupkan ke dalam alkohol gosok ke area noda beberapa kali.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/25/165600176/7-tips-membersihkan-dapur-serba-putih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke