Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Ini Daftar Makanan Sugar Glider

Sugar glider memiliki ukuran sebesar telapak tangan dengan berat sekitar 80-160 gram, panjang sekitar 12-17 sentimeter, serta panjang ekor 17 sentimeter. 

Sugar glider memiliki tampilan lucu serta menawan yang terlihat seperti hewan pengerat. Namun, sugar glinder memiliki hubungan paling dekat dengan kanguru serta koala.

Sugar glinder berasal dari hutan tropis dan beriklim sejuk di Australia (bagian timur), Papua Nugini, dan Indonesia. 

Kini, sugar glider telah menjadi hewan peliharaan eksotis populer yang dipelihara di seluruh dunia. Hewan sugar glider dikenal dengan selaput tipis di antara "pergelangan tangan" dan pergelangan kaki yang memungkinkannya melompat dari ketinggian dan meluncur hingga 30 meter sebelum mencapai putaran.

Lantaran belum begitu familiar, mereka yang telah memelihara sugar glider maupun  berencana memeliharanya masih bingung mengenai makanan sugar glider. 

Sugar glider adalah hewan omnivora yang memakan makanan berbeda pada waktu berbeda sepanjang tahun, tergantung pada apa yang tersedia.

Sugar glider mendapatkan namanya sebagian karena kegemarannya memakan makanan manis, termasuk getah pohon tertentu, dan kemampuan meluncurnya.

Sebagai hewan peliharaan, makanan sugar glider harus sama beragamnya dengan mempertimbangkan kebutuhan diet khusus mereka.

Dilansir dari AZ Animals, Jumat (24/2/2023), berikut daftar makanan sugar glider yang paling umum dikonsumsi. 

  • Getah akasia.
  • Getah kayu putih.
  • Madu.
  • Serbuk sari.
  • Kumbang.
  • Laba-laba.
  • Burung kecil.
  • Telur burung.
  • Biji akasia.
  • Nektar.
  • Jamur.
  • Cacing makanan.
  • Jangkrik.
  • Kiwi.
  • Ngengat.
  • Cacing tanah

Makanan-makanan sugar glider ini merupakan elemen paling penting di alam liar. Makanan ini bergizi dan menyediakan energi yang dibutuhkan sugar glider untuk terus aktif. 

Tubuh sugar glider dikhususkan untuk membantunya menemukan makanan dalam kondisi unik. Bagaimana pun makhluk ini adalah perpaduan menarik antara pemburu nokturnal dan pemakan getah.

Mata sugar glider yang relatif besar memfasilitasi penglihatan malam yang baik, cakar untuk memanjat, serta telinga dapat bergerak secara independen satu sama lain untuk menentukan lokasi makanan dan pemangsa.

Ketika berburu mangsa, sugar glider akan menggunakan penglihatan dan pendengarannya yang sangat baik untuk menemukan serangga, bahkan vertebrata kecil. 

Sugar glider akan menunggu mangsanya berhenti bergerak untuk mencari makan atau beristirahat. Kemudian, melompat dan meluncur ke arah mangsa menggunakan selaput luncurnya untuk meluncur serta ekor untuk membantu mengarahkannya.

Sugar glider menyergap mangsanya dan dengan cepat memakannya. Meski predator yang sangat efektif dalam hal ini, kenyataannya sugar glider menemukan sebagian besar makanannya dengan memanjat pohon untuk memakan getah, serbuk sari, atau getah yang terakumulasi di atasnya.

Sugar glider menggunakan kemampuan memanjat yang luar biasa untuk mencapai tempat tinggi di pohon dan mengonsumsi makanan dengan aman. Sugar glider dapat melarikan diri dari pemangsa dengan melompat dan meluncur ke pohon lain. 

Di alam liar, sugar glider dapat makan antara 10-15 persen dari berat badannya setiap hari untuk mengimbangi gaya hidup mereka yang berenergi tinggi. 

Sugar glider adalah hewan peliharaan eksotis, tetapi pola makan alami mereka sulit ditiru karena memiliki akses ke makanan berbeda di negara asalnya, Australia dan Papua Nugini, dibanding di Amerika Serikat.

Beberapa makanan sugar glider di penangkaran antara lain:

Perlu diingat, sugar glider tidak memakan banyak makanan. Sebagian besar makanan sugar glider adalah campuran antara makanan komersial, campuran Leadbeater, buah-buahan, dan serangga.

Saat memberi makan sugar glider beberapa serangga, penting "mengisi perut" atau memberi makan serangga terlebih dahulu dengan makanan yang sarat nutrisi sebelum memberinya makan sugar glider.

Saat memelihara sugar glider, Anda perlu berkonsultasi dengan pemilik dan spesialis yang berpengalaman untuk mendapatkan wawasan tentang merawat hewan ini. 

Penting dicatat, tidak semua tempat di seluruh dunia mengizinkan orang memelihara sugar glider atau memiliki aturan tertentu untuk memeliharanya seperti mengharuskan dua atau lebih hewan berkantung ini untuk hidup bersama. 

Ada beberapa makanan yang beracun untuk sugar glider dan yang lainnya hanya menyebabkan komplikasi serius. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari dikonsumsi sugar glider:

Ini semua adalah makanan yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan atau berakibat fatal bagi sugar glider. 

Karena itu, hindari memberikan daftar makanan tersebut dari sugar glider. Konsultasikan dengan spesialis atau dokter hewan Anda sebelum memberi makan sugar glider apa pun. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/24/120712576/catat-ini-daftar-makanan-sugar-glider

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke