Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Cara Membersihkan Freezer dengan Cepat

JAKARTA, KOMPAS.com - Freezer merupakan bagian kulkas yang kerap digunakan sebagai penyimpanan bahan makanan dalam jangka panjang. Karena itu, bahan makanan yang ada di dalamnya terkadang terlupakan.

Seperti bagian kulkas lainnya, freezer sebaiknya dibersihkan secara rutin. Pembersihan juga merupakan waktu yang tepat untuk menyortir makanan. Jika kebersihannya kurang diperhatikan, freezer dapat menjadi bau.

Dilansir The Kitchn, Jumat (24/2/2023), berikut ini 10 cara membersihkan freezer dengan cepat.

1. Matikan freezer

Sebelum mulai membersihkan, matikan pengatur pada suhu freezer supaya bunga es mencair, sehingga lebih mudah dibersihkan. Anda juga dapat mematikan kulkas dengan mencabut kabel listrik. 

2. Kosongkan baki es

Kosongkan baki es yang berisi es batu. Anda dapat menggunakan cooler box sebagai penyimpanan sementara.

Setelah itu, rendam baki di bak cuci yang berisi campuran air hangat dan sabun pencuci piring.

3. Keluarkan isi freezer

Setelah itu, kosongkan freezer. Keluarkan semua makanan beku dari dalam freezer, lalu masukkan ke dalam cooler atau pendingin.

4. Lepaskan dan cuci laci dan rak

Lepas dan cuci semua laci dan rak yang dapat dilepas, lalu diamkan sejenak sebelum dibersihkan agar mencapai suhu kamar untuk menghindari retak. Setelah itu, cuci di bak cuci yang berisi air sabun hangat.

Jika memungkinkan, sebaiknya gunakan sabun cuci piring yang bebas pewangi. Hal ini untuk menghindari berpindahnya aroma tersebut ke freezer yang akhirnya dapat terserap makanan.

Bilas hingga bersih, lalu sisihkan hingga mengering.

5. Buat larutan pembersih

Buat larutan permbersih dari air panas dan cuka dengan perbandingan yang sama, atau 1 liter air panas dengan 2 sendok makan soda kue. Masukkan larutan ke botol semprot, lalu gunakan untuk meyemprot bagian dalam freezer.

6. Lap bagian dalam

Seka freezer dengan spons atau lap piring. Gunakan kembali larutan pembersih sesuai kebutuhan. Jika terdapat sisa makanan yang menempel dan sulit dibersihkan, semprotkan larutan pembersih pada tisu dapur, letakkan di area yang lengket.

Diamkan selama sekitar 10 menit agar larutan meresap, lalu bersihkan. Jika perlu, gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok area tersebut.

7. Lap bagian pintu

Jangan lupa mengelap pintu freezer dan sealnya. Anda dapat membersihkannya dengan sikat gigi bekas.

8. Keringkan bagian dalam

Keringkan bagian dalam freezer secara menyeluruh. Gunakan handuk kertas atau lap piring untuk mengeringkannya.

9. Pasang kembali rak dan laci

Setelah bagian dalam freezer benar-benar kering, pasang kembali rak dan laci yang telah dibersihkan dan sudah dalam keadaan kering.

10. Masukkan kembali makanan dan es

Periksa semua isi kulkas sebelum memasukkannya kembali ke freezer. Singkirkan bahan makanan yang telah mengalami freezer burn.

Jangan lupa untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa makanan. Tata sisa makanan berdasarkan prioritas, lalu nyalakan kembali kulkas.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/24/093402876/simak-cara-membersihkan-freezer-dengan-cepat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke