Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Tips Menanam Tomat Saat Musim Hujan agar Tak Gagal Panen

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim memengaruhi budidaya tanaman, baik di lahan pertanian maupun halaman rumah. Khususnya untuk tanaman tomat, musim hujan dapat menyebabkan produksi tomat menurun karena kelembapan yang tinggi, sehingga intensitas penyakit meningkat.

Kondisi tersebut bisa menyebabkan tanaman tomat gagal panen. Oleh sebab itu, dibutuhkan teknik menanam tomat yang sesuai agar tanaman tetap berproduksi tanpa khawatir intensitas curah hujan yang tinggi.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Rabu (22/2/2024), berikut beberapa tips menanam tomat saat musim hujan agar tidak gagal panen.

1. Gunakan bibit unggul

Penggunaan bibit unggul meliputi varietas tomat yang tepat untuk ditanam pada musim hujan dan tahan terhadap serangan penyakit.

2. Atur jarak tanam

Buat jarak tanam lebih renggang, baik itu jarak tanam antar barisan atau jarak tanam dalam barisan, yaitu antara 50 sampai 60 cm. Tujuannya adalah agar sirkulasi udara menjadi lebih lancar serta cahaya matahari lebih merata ke dasar dan lebih mudah menjangkau sela-sela tanaman.

Selain itu, pengaturan jarak tanam menahan laju penularan penyakit, jamur, maupun bakteri.

3. Bedengan dibuat lebih tinggi

Bedengan perlu dibuat lebih tinggi agar air hujan segera tuntas dan tidak menggenang. Sebab, penyebaran spora dari patogen seperti antraknosa adalah melalui percikan air dan genangan air pada bedengan, sehingga menular melalui tanah dan percikan air.

Hal ini tidak akan terjadi jika bedengan dibuat lebih tinggi sekitar 30 cm atau lebih.

4. Menggunakan plastik mulsa

Saat musim hujan, penggunaan plastik mulsa atau mulsa plastik pada bedengan menjadi penting karena menghalangi air hujan untuk langsung meresap ke bedengan. Dengan demikian, air hujan akan jatuh dan mengalir ke drainase antar bedengan.

Selain itu, tanah bedengan tidak terlalu basah dan tidak cepat padat.

5. Kurangi pupuk nitrogen saat pemberian pupuk dasar

Pada musim hujan, kandungan nitrogen bebas di udara sangat tinggi akibat reaksi kimia pada awan yang terbawa air hujan. Nitrogen yang berlebihan dan tidak terserap oleh tanaman akan menyuburkan jamur patogen seperti antraknosa.

Oleh karena itu, saat musim hujan, pupuk ZA dan pupuk urea tidak dipakai, namun gunakan pupuk NPK 15-15-15 sebagai pupuk dasar, ditambah pupuk TSP dan pupuk KCL.

6. Lakukan perawatan preventif

Pengaturan drainase yang baik dapat dilakukan dengan membuat sistem buka tutup pengairan dan membuat akses pembuangan air apabila hujan turun deras agar tidak terjadi genangan berlebih.

Lakukan juga penyiangan atau pembersihan gulma di sekitar tanaman, dan lakukan lebih sering mengingat pertumbuhan gula akan lebih cepat pada musim hujan. Pembumbunan juga perlu dilakukan dengan memperbaiki lahan bedengan yang tergerus air hujan.

7. Kendalikan hama dan penyakit

Sanitasi atau pemangkasan terhadap bagian tanaman yang terserang penyakit, sebelum penyemprotan fungisida, agar tidak terjadi penularan terhadap tanaman di sekitarnya dan memutus siklus perkembangan penyakit.

Aplikasi pestisida kontak menggunakan pestisida nabati dilakukan minimal 10 hari sekali.

Namun, perlu diingat bahwa pada saat menjelang panen, penyemprotan minimal dilakukan seminggu sebelum pemanenan agar terhindar dari bahaya pestisida saat dikonsumsi.

8. Lakukan penyemprotan kalsium

Gunakan pupuk kalsium untuk meningkatkan imunitas tanaman terhadap serangan hama dan penyakit di musim penghujan.

9. Lakukan pemupukan berimbang

Gunakan pupuk yang mengandung fosfor sekitar 60 persen untuk merangsang buah agar tetap mulus dan batang lebih kuat. Selain itu, KNO3 agar buah mempunyai bobot yang lebih berat.

Kemudian, pupuk KNO3 merah yang berfungsi untuk meningkatkan produktivitas buah pada tomat. Larutkan semua bahan dengan air bersih dengan dosis disesuaikan dengan label yang tertera pada kemasan. 

Pemberian dilakukan dengan cara dikocor di sekitar tanaman sekitar 250 ml per tanaman.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/22/202700476/9-tips-menanam-tomat-saat-musim-hujan-agar-tak-gagal-panen

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke