Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Ide Memasukkan Warna ke Ruang Bermain Anak

Warna dan gaya cat yang Anda pilih untuk ruangan bermain anak dapat membantu mendorong aktivitas tersebut serta membuatnya lebih menyenangkan. 

Misalnya, Anda dapat menambahkan cat papan tulis pada dinding sehingg anak dapat mengeksplorasi bakat artistik mereka dengan cara kreatif tanpa harus mencoret dinding.

Bisa pula, apabila anak tertarik pada warna-warna cerah, menambahkan mural pelangi yang berani dapat membantu menstimulasi indra serta imajinasi mereka.

Nah, dilansir dari Angi, Selasa (7/2/2023), berikut beberapa ide memasukkan warna ke ruang bermain anak untuk mendorong kreativitasnya. 

Jika tidak memiliki kemampuan melukis, Anda bisa menyewa seniman lokal untuk membuatnya dan bisa membeli stensil untuk membuatnya lebih mudah. 

Buatlah dinding beraksen gemerlap

Sulit menemukan anak yang tidak senang dengan gemerlap, jadi menambahkan dinding beraksen gemerlap ke ruang bermain adalah ide bagus.

Keindahan dari ide ini adalah sangat mudah diterapkan. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mencampur sedikit Mod Podge Gloss dengan banyak glitter (sekitar 60 mL per kaki persegi), lalu gunakan sikat spons untuk menambahkannya ke dinding dengan sapuan ke atas.

Tambahkan cat papan tulis

Selanjutnya, ide memasukkan warna ke ruang bermain anak adalah melalui cat papan tulis. Banyak orang tua merasa cemas saat anak-anak suka menggambar di dinding.

Untungnya, cat papan tulis memungkinkan anak menggoreskan gambarnya di dinding tanpa merusak dinding lainnya di rumah.

Cat papan tulis dapat mengubah permukaan apa pun menjadi papan tulis yang fungsional. Anda bisa mengecat semua dinding dengan cat ini, membiarkan si kecil mencoret-coret seluruh ruangan, atau mengecat bagian yang lebih kecil jika Anda ingin menjaga agar kekacauan tetap terkendali. 

Anda juga bisa membuat dinding aksen berpola atau mengecat seluruh ruangan dengan pola  semarak, tergantung pada preferensi Anda dan anak.

Bahkan lebih baik lagi, Anda tidak memerlukan bakat artistik untuk melaksanakan ide ini dengan indah. Benda-benda seperti selotip dan stensil memungkinkan Anda membuat bentuk dan pola yang bersih serta mencolok dengan sangat mudah. 

Gunakan pemblokiran warna

Pemblokiran warna memiliki kemampuan menambahkan kontras menarik ke ruang mana pun, termasuk ruang bermain. Ini juga menjadi ide memasukkan warna ke ruang bermain anak. 

Pertimbangkan memilih tiga atau empat warna yang cocok untuk dipadukan, lalu mengecat bagian berbeda dari dinding yang sama dengan warna-warna tersebut.

Misalnya, Anda bisa mengecat sepertiga bagian bawah dinding dengan warna merah muda, lalu mengecat bagian tengah dengan warna oranye, dan menutupi bagian atas dengan cat kuning.

Anda juga bisa membuat blok warna dengan mengecat bentuk-bentuk besar dengan warna yang berbeda, seperti lingkaran dan lengkungan. 

Jika Anda suka tampilan lebih sederhana, bisa mengecat dinding dengan satu warna berani, seperti biru elektrik atau kuning cerah, untuk menciptakan fondasi yang memberi energi. 

Kemudian sempurnakan dengan karya seni dan foto-foto menyenangkan. Anda juga bisa memilih beberapa warna cerah serta mengecat setiap dinding dengan warna berbeda untuk membuat pernyataan berani. 

Tenangkan dengan warna-warna pastel yang cantik

Terakhir, ide memasukkan warna ke ruang bermain anak adalah menggunakan warna-warna pastel. Jika lebih suka desain ruang bermain anak yang lebih menenangkan, pilih warna-warna pastel yang cantik, seperti merah muda pucat, biru, kuning, dan hijau.

Warna-warna ini memiliki kualitas mimpi yang bagus untuk menenangkan indra serta menciptakan tempat yang hangat dan nyaman bagi si kecil untuk belajar, bermain, dan tidur siang.

Sama dengan warna-warna berani, Anda bisa mengecat seluruh ruang bermain dengan satu warna pastel atau warna berbeda di setiap dinding, tergantung pada apa yang paling cocok untuk Anda dan si kecil.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/07/205112276/7-ide-memasukkan-warna-ke-ruang-bermain-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke