Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Ide Dekorasi Rumah Minimalis untuk Memberi Nuansa Bersih dan Tenang

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain rumah minimalis banyak diminati oleh pemilik rumah. Sebab, rumah minimalis menampilkan kesederhanaan dan nuansa ruangan yang bersih dan teduh.

Desain rumah minimalis menghilangkan kekacauan, tumpukan barang, dan kondisi berantakan. Sebaliknya, rumah minimalis terfokus pada barang berkualitas tinggi namun disukai dan fungsional.

Dikutip dari The Spruce, Kamis (12/1/2023), menurut Jung Lee, pendiri Jung Lee NY, dalam desain dan dekorasi rumah minimalis, Anda perlu tetap berpegang pada hal-hal penting. Jadi, apapun yang tidak diperlukan sebaiknya disingkirkan.

Ada seni untuk menciptakan rumah minimalis yang tetap terasa hangat, mengundang, dan menonjolkan ciri khas Anda. Berikut beberapa tips dekorasi rumah minimalis untuk memberikan nuansa bersih dan tenang.

1. Bersihkan dinding

Jangan gunakan palu dan paku. Dengan ruang minimalis, tidak perlu memenuhi setiap jengkal ruang dinding.

Rapikan dinding galeri Anda dan biarkan beberapa bagian yang menonjol menjadi pusat perhatian.

2. Sortir barang

Saat menciptkan ruang minimalis, pertimbangkan dengan serius setiap barang milik Anda, mulai dari pernak pernik hingga furnitur berukuran besar. Apakah Anda benar-benar menyukainya dan fungsional?

Sortir barang menjadi favorit Anda saja, dan itu akan menciptakan desain yang lebih bermakna dan minimalis. Ini bisa menjadi proses yang luar biasa, jadi lakukan di satu ruangan dulu, lalu berlanjut ke ruangan berikutnya.

3. Bermain dengan tekstur

Jika Anda tetap menggunakan warna netral di rumah, padukan tampilan dengan tekstur. Ini akan menambah dimensi dan lapisan pada ruangan tanpa membebani ruang.

4. Bawa unsur alam berupa tanaman

Sementara sebagian besar ide dekorasi minimalis melibatkan pemilihan barang, ada beberapa hal yang layak dibawa ke ruangan, salah satunya tanaman.

Menurut Lee, penambahan warna kecil dari tanaman dalam nuansa interior warna netral adalah yang Anda butuhkan untuk menciptakan aksen warna.

5. Tambahkan bantal aksen

Ruang minimalis pun membutuhkan tempat bagi Anda untuk mengistirahatkan kepala. Bantal beraksen dapat menyatukan ruang dengan warna, tekstur, dan skala favorit Anda, jelas Jenon Bailie, direktur desain di Room & Board.

Jadi, Anda dapat berbagai bantal aksen dalam berbagai warna, bahan, dan ukuran. Bantal aksen tidak hanya akan menciptakan pendaratan yang lembut saat bersantai, tetapi juga merupakan cara yang bagus untuk menyegarkan ruangan secara musiman.

Sederhanakan permukaan Anda dan tampilkan hanya yang diperlukan.

7. Biarkan cahaya alami masuk

Ruang minimalis seringkali memiliki reputasi terlalu dingin.


Akan tetapi, ada cara mudah untuk mengatasinya, yakni cahaya alami yang cukup. Jika ada jendela besar di rumah, biarkan sinar matahari masuk sebanyak mungkin.

Investasikan pada tirai tipis yang memungkinkan privasi sambil tetap membiarkan cahaya masuk.

8. Tetap pada satu warna

Lee menyarankan untuk tetap dengan satu warna. Pikirkan warna-warna terang dan menenangkan seperti putih, abu-abu, atau pastel.

Dari cat di dinding Anda hingga furnitur berlapis kain hingga linen, memilih warna berbeda dengan warna yang sama akan memberi Anda tampilan yang berlapis namun tenang.

9. Karpet sebagai pembatas ruangan

Jangan remehkan kekuatan karpet, yang mungkin merupakan sentuhan terakhir yang melengkapi desain interior rumah minimalis.

Menambahkan karpet akan menentukan ruang dan membantu menciptakan ruang bernapas visual saat Anda bertransisi dari ruang ke ruang, terutama dalam denah terbuka, ungkap Bailie.

10. Meja kopi sebagai titik fokus ruangan

Sementara ruang minimalis cenderung menjaga permukaan tetap bersih, Bailie menyarankan untuk menata satu tempat tertentu. Gunakan meja kopi sebagai titik fokus.


Hiasi dengan tumpukan rapi buku-buku, rangkaian bunga minimalis, atau anggrek dalam vas yang indah, dan objek apa pun yang bermakna.

Ketiga benda tersebut akan mencerminkan gaya pribadi Anda sambil menambahkan elemen grafis dan tekstur juga.

Tidak yakin berapa banyak benda untuk ditambahkan ke meja kopi? Bailie mengatakan, pengelompokan angka ganjil adalah pilihan yang baik.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/12/091200876/8-ide-dekorasi-rumah-minimalis-untuk-memberi-nuansa-bersih-dan-tenang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke