Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, 4 Bahaya Atap Bocor Saat Musim Hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras yang melanda banyak daerah di Indonesia beberapa waktu terakhir dapat menyebabkan atap bocor. Kebocoran atap adalah salah satu masalah pemeliharaan rumah yang mungkin membuat Anda tergoda untuk mengabaikannya.

Akan tetapi, ada lebih dari satu alasan untuk memperbaiki atap bocor dengan lebih mendesak.

Selain kerusakan yang dapat terjadi pada rangka rumah, atap bocor juga mengganggu isolasi, mendorong pertumbuhan jamur, dan bahkan dapat menimbulkan bahaya kebakaran.

Dikutip dari Home Guides SF Gate, Rabu (28/12/2022), berikut beberapa bahaya atap bocor yang perlu diwaspadai.

1. Kerusakan struktur

Ketika air merembes melalui atap, itu mungkin menetes langsung ke loteng, tetapi sering mengalir di sepanjang bagian bawah atap ke dinding dan kemudian turun di sepanjang bingkai.

Seiring waktu, kayu basah membusuk dan kehilangan kekuatannya. Kemudian, atap melorot, dinding membungkuk dan bahkan fondasinya bisa tergenang air dan kenyal.

Bahkan kebocoran kecil pun dapat menimbulkan masalah ini, meskipun mungkin perlu beberapa tahun hingga masalah tersebut terlihat. Namun, pada saat terlihat, perbaikannya kemungkinan akan mahal.

2. Kerusakan lapisan dan pertumbuhan jamur

Jika air menetes dari kebocoran atap ke insulasi loteng, lapisan atap menggumpal dan kehilangan keefektifannya.

Lapisan yang rusak juga merupakan tempat berkembang biaknya jamur, yang akan terus tumbuh bahkan saat cuaca kering.


Jamur juga cenderung tumbuh di bagian mana pun dari dek atap atau bingkai yang terkena air, dan dapat menyebabkan masalah pernapasan bagi Anda dan keluarga.

3. Bahaya korsleting listrik dan kebakaran

Air dari kebocoran dapat menghubungi kabel listrik, dan jika ada kerusakan pada isolasi, dapat menyebabkan sirkuit terbuka yang dapat menyebabkan kebakaran.

Meskipun tidak ada kerusakan insulasi, air masih bisa berbahaya jika merembes di sekitar kotak sambungan logam yang berisi kabel yang tidak tertutup.

Air yang merembes di sekitar kabel yang terbuka dapat menjadi bermuatan listrik, dan siapa pun yang menyentuhnya dapat tersengat listrik.

Setelah Anda mengetahui adanya kebocoran, Anda harus mematikan daya ke sirkuit apa pun yang mengalir melalui area yang terkena dan memanggil teknisi listrik untuk menyelidikinya.

4. Bahaya lainnya

Air yang bocor tidak harus bersentuhan dengan sirkuit listrik terbuka untuk menimbulkan bahaya. Jika jatuh ke lantai dan menimbulkan genangan air, seseorang bisa terpeleset.

Bahaya lain yang ditimbulkan oleh air yang bocor adalah kerusakan dek atap yang disebabkan oleh paparan air yang berkepanjangan. Diperlukan kehati-hatian ekstra saat memperbaiki atap, karena kadang-kadang Anda dapat menginjak kayu yang dilemahkan air.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/28/151400676/catat-4-bahaya-atap-bocor-saat-musim-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke