Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Warna yang Sebaiknya Tidak Digunakan di Kamar Mandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi adalah ruang yang paling sering digunakan di rumah. Ini adalah area yang digunakan untuk perawatan diri, tempat Anda memulai dan mengakhiri setiap hari.

Kamar mandi secara signifikan menentukan perasaan saat terbangun dan bersiap untuk beraktivitas.

LinkedIn melaporkan bahwa seseorang akan menghabiskan satu setengah tahun hidupnya di kamar mandi, jadi cara memilih untuk mendekorasi ruang ini sangat memengaruhi perasaan pemiliknya. 

Salah satu hal pertama yang selalu diperhatikan mata saat kita masuk ke sebuah ruangan adalah warna dindingnya, meskipun tidak menyadarinya. Latar belakang ruangan secara langsung memengaruhi semua hal lain di belakangnya.

Cara Anda melihat dekorasi pada dinding berwarna biru akan sangat berbeda dengan cara Anda melihatnya dengan warna coklat.

Dilansir House Digest, Minggu (25/12/2022), berikut lima warna yang tidak boleh diaplikasikan di dalam kamar mandi. 

1. Putih cerah

Putih sering menjadi warna pilihan bagi banyak orang karena cukup serbaguna dan cocok dengan gaya minimalis untuk tampilan yang luas.

Namun, warna putih pekat cenderung terasa sangat steril, cepat, dan seolah-olah Anda sedang berjalan ke rumah sakit. Itu tidak menawarkan banyak kehangatan dan noda dengan mudah. 

Jika Anda memilih warna putih sebagai pilihan utama untuk kamar mandi Anda, carilah warna putih pudar dan krem.


Putih krem ini akan menawarkan suasana yang lebih hangat, sedikit pantulan, dan tetap memberikan tampilan yang bersih.

2. Merah

Akan lebih baik untuk selalu menghindari warna merah di ruangan mana pun yang tidak dimaksudkan untuk mengejutkan dan merangsang secara berlebihan.

 Selain itu, dinding merah menenggelamkan aksen dan dekorasi lainnya dan sangat sulit untuk dipasangkan dengan warna yang berbeda. Merah adalah langkah berisiko untuk kamar mandi Anda, bahkan jika Anda hanya mengecat hiasan dinding atau kaca jendela.

Ini adalah warna yang sangat mengganggu yang akan menghabiskan seluruh ruangan bersama dengan pikiran Anda, menciptakan lingkungan yang tidak cocok untuk bersantai.

Semburan warna kecil pada seni dinding atau dekorasi akan cukup berani untuk memberikan ruangan tampilan merah yang Anda inginkan.

3. Merah muda

Alasan Anda harus menjauhkan warna merah muda dari kamar mandi tidak ada hubungannya dengan hal itu karena tidak menarik, tetapi karena itu berbicara nada tertentu ke dalam ruangan.

Beberapa waktu lalu, ada ledakan tren warna merah jambu milenial dan nada dramatis yang dihasilkannya untuk sebuah ruang.

Akan tetapi, sejujurnya, warna merah muda telah dimasukkan ke dalam desain dan seni sejak lama. Praktek Seni Desain menguraikan bagaimana seniman terkenal seperti Picasso, Malisse, dan Fragonard menggunakan warna merah muda di beberapa karya ikonik mereka.

Merah muda pink memberikan esensi muda dan ceria, bukan justru yang menenangkan pikiran di pagi hari atau larut malam sebelum tidur.


Warna-warna yang diucapkan ini bisa terasa sangat berlebihan jika terlalu banyak dalam satu ruang. Karena kamar mandi biasanya bukan ruangan terbesar di rumah, dinding dengan warna ini akan terasa berlebihan di sebagian besar waktu.

Jika warna merah muda cocok untuk Anda, pertimbangkan untuk memasukkan aksen dan dekorasi ke dalam ruangan daripada mengolesi keseluruhan dinding.

Pilihan lain adalah menemukan nuansa redup yang akan lebih menyenangkan dengan mata pikiran.

4. Hitam

Dinding hitam membuat pernyataan berani ke sebuah ruangan, tidak seperti kebanyakan warna.

Kegelapannya menonjolkan detail di setiap celah ruangan dan merupakan pilihan populer bagi mereka yang mencari desain mencolok.

Mengingat bahwa beberapa faktor terpenting di kamar mandi termasuk pencahayaan dan ruang, Anda harus menghindari mengecat dinding kamar mandi dengan warna hitam.

Ini akan menyedot sebagian besar pencahayaan alami dan membuat ruangan terasa pengap dan sesak.

Sharper Impressions Painting merekomendasikan penggunaan warna hitam untuk aksen tajam pada perangkat keras, ubin, dan marmer. Ini akan tetap memberi ruangan Anda elemen khas yang dihadirkan warna hitam sambil tetap memprioritaskan pencahayaan.

Penting untuk tidak mencekik ruangan dengan warna yang menyelimuti, jadi dinding aksen tunggal adalah cara terbaik lainnya jika Anda ingin mengunakan warna ini. Juga, pertimbangkan betapa sulitnya mengecat hitam. 

5. Emas


Sekilas, cat emas memiliki sisi yang canggih dan elegan yang mungkin terlihat sempurna untuk kamar mandi, namun cenderung terlihat kuno. Populer di tahun 70-an, warna ini dipasarkan sebagai warna trendi dan bersahaja.

Akan tetapi, emas bisa dengan mudah terlihat lebih seperti kuning berlumpur, membuat ruangan menjadi kusam, terutama jika dipasangkan dengan aksen yang lebih gelap. 

Emas dan kuningan cenderung bekerja paling baik pada dekorasi dan perangkat keras, yang menawarkan berbagai kemungkinan untuk setiap estetika.

Hijau dan biru adalah warna lain yang perlu dipertimbangkan yang menawarkan efek menenangkan dan bersahaja. Apa pun warna yang Anda pilih untuk mengecat kamar mandi Anda, prioritaskan pengalaman tanpa stres dan ketenangan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/25/105205576/5-warna-yang-sebaiknya-tidak-digunakan-di-kamar-mandi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke