Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kesalahan Tata Letak Ruang Tamu yang Bikin Sempit

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu menjadi area yang penting diperhatikan tata letaknya untuk memberikan kenyamanan saat digunakan untuk berkumpul dengan keluarga atau kerabat lainnya.

Ukuran dan penempatan barang-barang tertentu di ruang tamu merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan saat menata furnitur dan menciptakan ruang hidup yang indah di rumah Anda. 

Dilansir Express.co.uk, Senin (5/12/2022), pakar interior di Casa Bella Furniture telah menyoroti beberapa kesalahan umum yang dilakukan orang yang membatasi potensi ruang tamu. Ini termasuk terlalu banyak kekacauan dan memiliki perabot dan dekorasi di tempat yang salah. 

1. Furnitur menempel ke dinding 

Meskipun ini adalah cara mudah untuk memasukkan furnitur Anda ke dalam ruangan, lebih sulit untuk membuat titik fokus dengan cara ini, karena mata Anda lebih sulit untuk menentukan di mana ia harus berhenti.

Ini juga biasanya membuat ruangan tampak aneh dan tidak proporsional. 

Para ahli menjelaskan bahwa kesalahan ini harus diperbaiki untuk setiap ukuran ruang tamu karena akan selalu membuat ruangan terlihat lebih kecil dari aslinya. 

2. Karpet yang salah

Karpet adalah bagian penting dari sebagian besar desain ruang tamu. Dengan menambahkan dimensi pada ruang, mereka meningkatkan tampilan ruangan.

Karpet yang tidak proporsional tidak hanya akan tampak hilang tetapi juga merusak tata bahasa visual ruang tamu. 

Para desainer berkata, memilih ukuran karpet yang tepat sangatlah penting. Karpet kecil mengganggu keseimbangan ruangan Anda.

Yang terbaik adalah karpet yang berada di bawah seluruh furnitur dalam pengaturan tempat duduk atau setidaknya di kaki depan furnitur. Jadi hindari membeli karpet kecil hanya untuk menghemat sedikit uang yang nantinya bisa menghabiskan banyak biaya.

3. Furnitur dengan ukuran yang salah 

Mengisi ruang tamu dengan furnitur yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk sebuah ruangan dapat membuatnya terlihat dan terasa berantakan. 

Jika orang harus memutar tubuh mereka untuk masuk dan keluar dari kursi di sekitar meja kopi Anda, mungkin sudah waktunya memikirkan kembali furnitur ruang tamu.

Perabotan besar mengambil alih ruang sehingga menyisakan sedikit ruang untuk bernapas. Di sisi lain, jika furnitur Anda terlalu kecil, ada kemungkinan besar Anda akan menambahkan furnitur ekstra yang menyebabkan lebih banyak kekacauan visual.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/05/085157276/kesalahan-tata-letak-ruang-tamu-yang-bikin-sempit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke