Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanda-tanda dan Cara Membuat Anjing Peliharaan Bahagia

Anjing dapat menghadirkan tawa, mengusir kebosanan, dan dapat menjadi sahabat terbaik, bahkan bagian keluarga. 

Lantaran kebaikan yang diberikan anjing ini, pemilik pun berusaha menghibur serta  memastikan anjing peliharaan tetap sehat.

Ada banyak yang hal yang bisa dilakukan pemilik untuk membuat anjing peliharaan benar-benar bahagia menjalani kehidupan bersama kita.

Terkadang anjing yang bahagia adalah asyik bermain, tapi di lain waktu ingin tidur siang. "Karena anjing adalah hewan sosial, anjing yang bahagia biasanya akan memiliki keseimbangan baik antara aktivitasnya sendiri, aktivitas sosial dengan orang lain di rumah, dan istirahat," kata Irith Bloom, Direktur Pelatihan di The Sophisticated Dog, LLC, kepada Daily Paws, Minggu (16/10/2022). 

Ketika seekor anjing merasa senang atau menikmati aktivitas yang dilakukan, ini dapat dilihat dari komunikasi dan bahasa tubuh yang ditunjukkan. Berikut tanda-tanda anjing bahagia.  

Blomm mengatakan, untuk memastikan anjing peliharaan bahagia, berikan mereka banyak pilihan cara untuk tetap sibuk.

Mainan makanan, mainan kunyah, jalan-jalan, waktu latihan, dan waktu bermain dengan Anda adalah bagian dari kehidupan yang bahagia.

Satu hal penting yang sering dilupakan pemilik anjing adalah sahabat bulu membutuhkan kemampuan membuat pilihan bagi diri mereka sendiri.

Pilihan lebih dari sekadar memilih mainan mana yang paling disukai atau makanan yang dipilih. Pilihan melibatkan membiarkan anjing memutuskan kapan, bagaimana, siapa, di mana, dan apa. 

Ini memberi anjing peliharaan kemampuan mengatakan "Tidak", yang banyak pemilik anjing lupa memberi sahabat bulu kesempatan mengatakannya.

Menurut Bloom, sangat penting memberikan izin kepada anjing untuk membuat pilihan. Sering kali anjing tidak punya pilihan tentang kapan atau bagaimana mereka dibelai, kapan dan di mana harus berjalan, atau seberapa cepat (atau lambat) bergerak saat berjalan-jalan,

Berikut lima pilihan yang dapat membuat anjing peliharaan bahagia. 

  • Pilihan untuk tidak tersentuh

Anjing harus diizinkan untuk mengatakan tidak untuk disentuh, dibelai, atau dipeluk—dan Anda harus menghormati keputusan mereka. 

  • Pilihan berada di tempat aman

Memberikan anjing peliharaan tempat yang aman dan tenang sehingga mereka dapat mundur ke tempat yang tidak dapat diganggu siapa pun adalah cara penting membuat anjing bahagia. Ruang ini harus tersedia bagi anjing setiap saat. 

  • Pilihan untuk tidak berlatih

Pelatihan penguatan positif harus selalu menyenangkan. Terkadang anjing terlalu lelah atau lingkungan terlalu stres. Anjing harus bisa memberi tahu Anda ketika mereka merasa siap dengan tugas itu dan Anda perlu mendengarkan.

  • Pilihan untuk aroma

Anjing mengalami dunia melalui hidung mereka. Saat berjalan-jalan, di halaman belakang dan di taman, Anda harus memberi anjing banyak waktu menikmati mengendus dan mencium lingkungan mereka. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/16/140000776/tanda-tanda-dan-cara-membuat-anjing-peliharaan-bahagia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke