Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, 4 Tanda Harus Beli Seprai Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Lazim untuk memiliki beberapa seprai di rumah. Akan tetapi, coba cek koleksi seprai Anda, apakah ada yang terlihat lebih buruk atau kusam dibandingkan yang lain?

Mengingat berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk tidur dan kita melapisi kasur dengan seprai, ada baiknya membeli seprai baru jika seprai Anda sudah terlihat agak terlalu usang atau tidak terlalu nyaman lagi.

Berikut beberapa tanda harus membeli seprai baru, dikutip dari The Spruce, Sabtu (24/9/2022).

1. Ada lubang besar di seprai

Lubang kecil kemungkinan besar dapat diperbaiki, tetapi jika seprai memiliki lubang yang lebih besar, inilah saatnya untuk menyingkirkannya sebelum terlambat, kata Ben Hyman, salah satu pendiri dan CEO Revival.

Menurut Hyman, lubang yang besar menunjukkan bahwa serat telah aus dan hal-hal mungkin menjadi lebih buruk dari sini.

Selain itu, lubang besar tidak menyenangkan secara estetika.

Jika Anda ingin menciptakan tempat yang benar-benar nyaman untuk tidur dan beristirahat, Anda harus membuat kamar tidur terasa seperti hotel dan setenang mungkin. Ini berarti memprioritaskan kenyamanan dan keindahan dalam hal tempat tidur.

2. Banyak noda di seprai

Jika Anda senang menyesap kopi di tempat tidur, noda-noda tumpahan atau tetesan kopi bisa saja ada di seprai Anda. Tumpahan kecil belum tentu merupakan buruk, setidaknya dalam beberapa kasus.


Hyman menjelaskan, sebagian besar noda pada serat alami dapat dihilangkan dengan beberapa kombinasi hidrogen peroksida, cuka putih, dan sabun cuci piring. Namun, jika seprai sudah mulai terlihat banyak noda, mungkin sudah saatnya untuk menggantinya.

Anda juga dapat membeli seprai baru ketika seprai lama warnanya tidak sesuai dengan yang seharusnya. Selain itu, menurut Monica Bhargava, direktur desain di Pottery Barn, seprai putih harus segera disingkirkan jika tampak noda kuning yang tidak bisa dihilangkan.

3. Kain sudah menyusut atau longgar

Jenis kain yang berbeda akan aus dalam berbagai kondisi. Jika Anda memiliki seprai kain percale, Anda mungkin harus berurusan dengan penyusutan, jelas Bhargava.

Adapun seprai satin bisa merenggang seiring waktu. Sementara itu, jelas Bhargava, seprai linen bisa meregang dan terasa sedikit lebih longgar.

4. Seprai sudah terlalu tua

Seprai tidak dimaksudkan untuk bertahan selamanya. Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa seprai sebenarnya idealnya harus diganti secara teratur.

Aturan utama penyimpanan seprai adalah dua hingga tiga tahun, atau 100 kali pencucian, tergantung penggunaan, kata pakar gaya HomeGoods Jenny Reimold

Sama seperti kaos katun, imbuh dia, seprai putih akan menguning karena usia atau sprei yang dicetak juga akan memudar, menjadi lebih tipis setelah bertahun-tahun dicuci. Ini semua adalah tanda bahwa mungkin sudah waktunya membeli seprai baru.

Saat Anda membeli seprai baru, pastikan untuk mengambil beberapa set. Memutar seprai di antara pencucian membantu mengurangi keausan yang dialami satu set dengan beberapa kali pencucian, jelas Reimold.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/24/091630276/simak-4-tanda-harus-beli-seprai-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke