Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Ide Dekorasi Ruang Tamu Warna Beige, Cocok untuk Berbagai Gaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu warna beige bisa menjadi cara yang sempurna untuk menyambut keluarga dan tamu dengan hangat dan menarik. Warna beige adalah salah satu warna netral yang populer digunakan di rumah dalam beberapa waktu terakhir.

Dikutip dari Homes & Gardens, Senin (19/9/2022), banyak orang merasa paling nyaman ketika dikelilingi oleh warna-warna seimbang yang menciptakan lingkungan yang sederhana, nyaman, dan sedap dipandang.

Warna beige menawarkan kemungkinan tak terbatas untuk membuat ruang lapang dan santai, halus dan abadi, atau elegan. Namun, ide ruang tamu warna beige saja bukanlah pilihan yang aman, Anda dapat memadukannya pula dengan warna lain.

Berikut beberapa ide dekorasi ruang tamu warna beige yang bisa menjadi inspirasi Anda.

1. Tekstur pada ruang tamu warna beige

Warna beige berkisar dari warna cokelat yang sederhana hingga yang lebih bernuansa oker. Warna beige yang tepat di ruangan gelap akan membawa sinar matahari ke ruang yang tidak memiliki cahaya alami.

Anda dapat memasangkan cat dinding warna beige dengan aksen tekstur dalam bentuk kain, kayu, dan batu untuk menambah kenyamanan fisik dan ketertarikan visual pada ruang tamu.

Paula Taylor, spesialis warna dan tren di Graham & Brown menyatakan, sebaiknya hindari warna berpasir atau warna beige dengan nada kuning di kamar yang menghadap ke utara, karena ini bisa tampak hijau saat cuaca dingin atau musim hujan.

2. Ciptakan gaya kohesif

Baik Anda menyukai warna-warna cerah atau tampilan sederhana, kombinasi tekstur, pola, dan skala mendukung setiap skema warna beige yang bagus. Kuncinya adalah memilih gaya yang kohesif dan membawanya melalui kain, furnitur, dan aksesori.

Anda bisa mengambil inspirasi dari warna beige ringan, hijau tenang dan ide ruang tamu abu-abu, menggunakan nuansa latte untuk menciptakan suasana ketenangan.


Adapun aksen kayu, rotan, dan enamel menambahkan kesan nyaman dan sederhana namun elegan.

3. Padukan gaya dekorasi

Skema warna beige di ruang tamu yang lembut dan hangat akan memberi Anda kebebasan untuk bermain dengan warna aksen yang berbeda, tekstur mewah, dan sentuhan akhir di tempat lain di ruangan.

Anda bisa memadukan gaya dari era yang berbeda. Misalnya, ruang tamu modern abad pertengahan dilengkapi dengan gaya Skandinavia yang bersih, tekstur, dan palet warna beige.

4. Warna beige sebagai kanvas untuk karya seni

Berikan definisi ide ruang tamu warna beige dengan sentuhan karya seni monokrom modern dan perabotan lembut. Tambahkan beberapa gaya kontemporer yang tajam di ruang yang sebagian besar netral dengan aksen hitam dan putih.

Pertahankan sentuhan minimal untuk menjaga skema keseluruhan tetap santai dan bersahaja.

5. Dekorasi dalam berbagai warna beige

Ide ruang tamu klasik, tenang, dan nyaman menawarkan jeda dari angin puyuh kehidupan modern dan dengan elemen warna netral yang ada, mudah untuk bermain dengan keseimbangan palet warna.

Warna beige berfungsi dengan baik sebagai dasar, karena membuat interior terlihat segar dan bergaya tanpa terlihat kuno, terang desainer interior Kelly Hoppen.

Anda kemudian dapat menggunakan warna untuk aksen atau sorot menggunakan perabotan, aksesori, atau karya seni.

6. Gunakan satu warna aksen yang menjadi daya tarik

Saat mendekorasi ruang tamu warna beige, Anda mungkin merasa ada sesuatu yang hilang, dan itu bisa jadi warna aksen.


Teknik menambahkan bayangan tak terduga di area kecil ruang tamu adalah salah satu cara tercepat untuk menambahkan drama ke ruang, sekaligus menciptakan skema yang harmonis.

Tergantung pada hasil yang ingin Anda capai, warna-warna ini dapat melengkapi atau kontras dengan nada utama ruangan.

7. Gaya minimalis

Berakar pada prinsip membersihkan rumah dari kekacauan, ide ruang tamu minimalis ada di seluruh media sosial saat ini.

Dengan lebih banyak dari kita yang menginginkan ruang bersih yang hanya menampilkan beberapa item yang berarti, mudah untuk memahami alasannya.

Ruang tamu minimalis dan skema warna krem berjalan beriringan, jadi pilihan warna Anda harus tetap sederhana.

Pilih ruang tamu berwarna putih dengan dekorasi krem dan hitam, seperti skema di atas, dan pinjam inspirasi desain dari tahun 1950-an, saat dekorasi rumah dibuat sederhana namun tetap fungsional dengan indah.

8. Wara netral, bahan alami, dan tanaman untuk menciptakan nuansa tenang

Kembali ke dasar dengan dekorasi sederhana dan ide ruang tamu netral. Di samping semua hiruk pikuk warna, pola, dan bentuk dalam desain interior saat ini, ada cerita yang lebih tenang tentang bentuk dan tekstur terbaik yang dipertimbangkan dan sederhana.

Dandani ide ruang tamu warna beige yang tenang dengan bahan-bahan yang ditemukan di alam, banyak tanaman hijau subur, dan seni dan warna yang telah dirancang untuk menanamkan kedamaian, ketenangan, dan ketenangan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/19/074700976/8-ide-dekorasi-ruang-tamu-warna-beige-cocok-untuk-berbagai-gaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke