Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Melatih Anjing Doberman agar Tidak Agresif

Namun, Doberman juga memiliki reputasi sebagai anjing yang agresif dan salah satu paling galak di dunia. 

Karena itu, bila ingin memelihara anjing Doberman, penting memahami kepribadiannya dan melatihnya dengan baik untuk menjadi sahabat bulu yang menyenangkan serta berperilaku ramah. 

Saat melatih Doberman, perlu diingat bahwa mereka adalah ras anjing pekerja. Artinya, membutuhkan banyak stimulasi mental dan fisik.

Doberman juga sangat cerdas dan mudah bosan jika tidak mendapat cukup waktu untuk latihan. Salah satu hal terpenting yang harus diingat saat melatih anjing Doberman adalah konsisten. 

Anjing Doberman cepat mengalami frustrasi jika tidak mendapat pedoman jelas. Selain itu, penting bersikap tegas saat melatih Doberman.

Anjing Doberman perlu tahu bahwa Anda adalah pemimpin kelompok dan mengharapkan mereka mengikuti perintah Anda.

Namun, Doberman pinscher juga harus diperlakukan dengan baik serta hormat. Hukuman yang keras hanya akan membuat ras anjing ini semakin agresif.  

Nah, dilansir dari Dogseechew, Jumat (16/9/2022), berikut sejumlah cara melatih anjing Doberman agar tidak agresif. 

Penting juga mensosialisasikan Doberman sejak usia muda. Ini berarti memperkenalkan Doberman pada orang, tempat, dan situasi yang berbeda sehingga belajar menghadapi lingkungan serta situasi baru dengan tenang. 

  • Melatih duduk

Salah satu cara mencegah anjing Doberman menjadi agresif adalah melatihnya dalam kepatuhan. Salah satu perintah yang harus diketahui anjing adalah "sit".

Duduk atau sit adalah salah satu perintah paling dasar dan anjing Doberman harus mempelajari perintah ini sejak dini.

Anda dapat mulai melatih Doberman untuk segera duduk setelah fokus pada Anda dan mengikuti perintah sederhana.

Saat mengajari Doberman duduk, pastikan menggunakan suara yang tenang dan tegas. Berikan perintah sekali, lalu tunggu hingga anjing Doberman merespons.

Jika anjing tidak segera duduk, Anda dapat dengan lembut mendorongnya ke posisi duduk. Pastikan memberi pujian dan hadiah jika diinginkan.

Dengan pelatihan yang konsisten, Doberma akan belajar merespons perintah duduk dengan cepat dan tepat. 

Anda dapat mendaftarkan mereka di kelas anak anjing atau melakukannya sendiri. Kuncinya adalah konsisten dengan perintah dan penghargaan.

  • Cara berjalan dengan tali

Pelatihan membantu Anda mengendalikan anjing saat berada di tempat umum dan mencegahnya masuk ke situasi berbahaya.

Mulailah dengan mengajari anjing Doberman. Ini berarti anjing harus berjalan di sisi Anda, bukan di depan atau di belakang.

Saat anjing Doberman pinscher berjalan di sisi Anda, beri mereka banyak pujian dan penghargaan. Jika mereka mulai menarik ke depan, berhenti berjalan dan buat mereka menunggu sampai mereka kembali ke posisi yang benar. 

Penting juga mengajari cara melatih anjing Doberman untuk datang saat dipanggil. Ini akan membantu Anda mendapatkan perhatiannya jika anjing mulai mengembara atau melakukan sesuatu yang tidak seharusnya dilakukan.

Mulailah memanggil nama mereka dengan suara gembira dan menawarkan hadiah ketika anjing datang. Saat mereka menjadi lebih baik dalam hal ini, Anda dapat menambahkan gangguan seperti orang lain atau mainan.

Kedua, membantu membangun ikatan antara anjing dan pemiliknya. Anjing belajar bahwa mereka dapat mempercayai pemiliknya dan menganggapnya sebagai seseorang yang akan memberikan apa yang mereka butuhkan.

Ikatan kepercayaan ini penting untuk semua anjing, terlebih Doberman karena merupakan ras anjing agresif, 

Ketiga, pelatihan positif dapat membantu mencegah berkembangnya perilaku bermasalah pada anjing. Secara keseluruhan, pelatihan positif adalah cara efektif melatih anjing Doberman.   

Selama waktu ini, anak anjing Doberman paling mudah menerima informasi baru dan bersedia menyenangkan pemiliknya.

Selain itu, memulai pelatihan lebih awal akan membantu anak anjing Doberman mempelajari perintah kepatuhan dasar seperti duduk, diam, turun, serta naik. 

Penting juga mensosialisasikan anak anjing selama waktu ini sehingga dia belajar berinteraksi dengan anjing dan orang lain.

Anda dapat melakukan cara ini dengan membawa anak anjing Doberman ke taman anjing, toko hewan peliharaan, juga tempat-tempat lain di mana ia akan bertemu dengan hewan dan manusia lain.

Melatih anjing Doberman lebih awal akan mempersiapkannya sukses di masa depan. Doberman yang terlatih akan menjadi teman yang menyenangkan, anjing penjaga yang aman, serta aman membawanya keluar rumah atau tempat umum. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/16/133700576/cara-melatih-anjing-doberman-agar-tidak-agresif

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke