Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menghilangkan Kerak dari Kloset, Wastafel, dan Bathtub

JAKARTA, KOMPAS.com - Suka atau tidak suka, sebagian besar rumah memiliki air sadah. Hal ini bisa terlihat ketika menyalakan keran, kemungkinan lama kelamaan akan membentuk residu putih yang tertinggal di keran atau pun keberadaan noda cincin di mangkuk kloset.

Dilansir dari Taste of Home, Senin (29/8/2022), dalam istilah ilmiah, air Anda dianggap air sadah jika mengandung mineral terlarut yang tinggi, terutama kalsium dan magnesium. Ketika air keras mengering di permukaan, ia meninggalkan endapan mineral.

Itulah yang menyebabkan noda sulit dihilangkan. Namun, jika hal itu terjadi, ada beberapa cara menghilangkan noda air sadah, antara lain sebagai berikut. 

1. Kloset

Noda melingkar seperti cincin yang tertinggal di dalam kloset tidak akan hilang dengan hanya dengan menggosok dengan sikat kloset biasa.

Sebagai gantinya, Anda memerlukan senjata rahasia yakni tongkat batu apung abrasif. Benda ini akan menggosok bekas cincin karena air sadah, tanpa menggores mangkuk keramik. 

Basahi batu apung terlebih dahulu, lalu gosokkan ujungnya pada garis air sadah dengan gerakan maju mundur. Saat Anda menggosok, tongkat menciptakan penumpukan pasta yang membantu membersihkan dan memoles.

Setelah cincin hilang, siram untuk membilas pasta dan residu.

2. Bathtub

Senjata rahasia lain melawan noda air sadah adalah cuka. Keasaman dalam cuka putih menggerogoti penumpukan mineral. 

Triknya adalah membiarkan cuka di atas air sadah cukup lama untuk melakukan keajaibannya. Ambil botol semprot dan campurkan air dan cuka dengan perbandingan yang sama. 

Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh sabun cuci piring untuk daya rekat yang lebih besar. Semprotkan larutan tersebut pada noda bathub, diamkan minimal 15 menit, lalu bersihkan.

Biarkan larutan bertahan lebih lama tergantung pada tingkat keparahan noda. 

3. Wastafel

Taburkan soda kue atau boraks langsung pada noda air sadah di wastafel, lalu semprotkan pada larutan cuka dan air yang sama dengan yang Anda gunakan di bak mandi.

Biarkan pembersih selama 15 menit, lalu gosok dengan sikat lembut atau spons. Ingatlah untuk memakai sarung tangan saat membersihkan dengan boraks.

Jika noda air sadah juga ada di keran wastafel, rendam tisu dapur dalam campuran cuka dan air, peras kelebihannya. Kemudian letakkan tisu dapur basah di keran dan diamkan selama 15 meni, gosok dengan tisu dapur tersebut. 

Cara mencegah noda air sadah 

  • Jangan biarkan air sadah mengering dengan sendirinya. Gunakan kain kering untuk menyeka air dari wastafel, bak mandi, keran, pancuran, dan meja.
  • Bersihkan dengan waktu yang sering. Semakin Anda mengabaikan penumpukan air sadah; semakin sulit untuk dihilangkan. Bahkan dapat merusak permukaan kamar mandi secara permanen jika tidak dilepas.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/29/203200476/cara-menghilangkan-kerak-dari-kloset-wastafel-dan-bathtub

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke