Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, 3 Jenis Ular yang Cocok Dipelihara oleh Pemula

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak pandemi Covid-19 berlangsung, banyak masyarakat yang terpaksa berkegiatan dari rumah lantaran kegiatan non-esensial seperti berwisata sempat dibatasi.

Walhasil, waktu luang pun dihabiskan untuk menyalurkan hobi atau melakukan sesuatu yang baru guna mengusir kebosanan, salah satunya memelihara hewan.

Beberapa orang mungkin memutuskan untuk memelihara reptil, misalnya ular. Namun, tidak semua jenis ular cocok dipelihara oleh pemula.

Salah satu anggota Royal Empire—komunitas pengembang biak dan pemilik ular sanca bola (ball phyton)—bernama Ardy, mengatakan, ada tiga jenis ular yang cocok dipelihara pemula.

“Kalau tiga jenis ular untuk dipelihara pemula, ada ball phyton (sanca bola), corn snake (Pantherophis guttatus), dan Kingsnake (Lampropeltis),” ujarnya kepada Kompas.com di Indonesia International Pet Expo (IIPE) 2022 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Sabtu (27/8/2022).

Adapun tiga jenis ular ini dikatakan relatif aman untuk pemula karena ukurannya tidak terlalu besar, sehingga pencinta reptil yang tinggal di hunian berukuran kecil pun bisa memeliharanya.

Selain ukuran, perawatannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menjaga kandangnya tetap kering, ada tempat minum berisi air secukupnya, dan diberi jenis makanan yang sesuai.

Sanca bola

  • Ukuran

Sanca bola, juga dikenal dengan ball phyton dan royal phyton, adalah spesies sanca yang terkecil yang berasal dari Afrika.

Ardy mengatakan, ukuran sanca bola membuatnya menjadi hewan peliharaan yang cukup aman. Dilansir dari The Spruce Pets, Senin (29/8/2022), ukurannya hanya mencapai 121-152 centimeter (cm).

Terkait perawatan, Ardy mengungkapkan, calon pemilik tidak perlu menyiapkan sesuatu yang khusus lantaran tida jenis ular ini cukup mudah dipelihara.

Untuk makanan sanca bola, misalnya, kamu hanya perlu memberinya satu tikus putih kecil setiap seminggu sekali. Kamu bisa memberinya dalam keadaan beku atau hidup.

  • Alas kandang

Ternyata, memelihara ular sama seperti memelihara kelinci atau hamster terkait kandang. Mereka sama-sama membutuhkan alas yang sesuai guna memastikan kenyamanan hewan peliharaan.

“Untuk ball phyton, bawahnya (alas kandang) dikasih serabut-serabut kelapa yang sudah dipotong kecil-kecil. Biasanya dijual di toko hewan peliharaan,” ujar Ardy.

Material tersebut dimaksudkan untuk membantu kandang selalu dalam keadaan kering, meski sanca bola bisa menjaga kelembapan.

Sama halnya dengan sanca bola, corn snake juga dikatakan oleh Ardy memiliki ukuran yang cocok dipelihara pemula. Ukurannya hanya mencapai 76,2-121 cm saja, meski terkadang bisa mencapai 182 cm.

  • Pemberian makan

Sama halnya dengan sanca bola, corn snake juga hanya perlu diberi makan tikus putih kecil dalam keadaan beku atau hidup, tetapi setiap lima hari sekali.


 

  • Alas kandang

Jika ingin memelihara corn snake, mereka tidak bisa diberi alas kandang yang sama seperti sanca bola. Sebab, kulitnya kurang mampu menjaga kelembapan. Jadi, gunakan koran yang lebih menyerap.

Kingsnake

  • Ukuran

Untuk Kingsnake sendiri, mereka memiliki ukuran 91-121 cm. Jika dibandingkan dengan dua jenis ular lainnya, Kingsnake adalah ular paling kecil nomor dua setelah corn snake.

Untuk Kingsnake, mereka juga hanya perlu diberi makan tikus putih kecil setiap seminggu sekali. Pemberian tikusnya bebas, entah itu dalam keadaan beku atau hidup.

Menu makanan para ular ini adalah satu tikus putih kecil. Kamu bisa memberinya dalam keadaan beku atau hidup.

Ukuran dan jumlah tikus yang diberikan tentunya akan menyesuaikan ukuran setiap jenis ular. Apabila hewan peliharaan sudah cukup besar, kamu perlu menyesuaikannya.

  • Alas kandang

Sementara untuk alas kandang Kingsnake, mereka cukup diberi koran saja seperti alas kandang corn snake karena lebih menyerap air.

“Dari semua jenis ular ini, ball phyton memang yang paling mudah dipelihara pemula. Karakternya lebih ramah, jadinya lebih jinak. Varian warnanya juga banyak,” pungkas Ardy.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/29/162900276/simak-3-jenis-ular-yang-cocok-dipelihara-oleh-pemula

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke