Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bolehkah Memandikan Kelinci Peliharaan?

TANGERANG, KOMPAS.com - Beberapa hewan peliharaan seperti anjing dan kucing perlu dimandikan guna menjaga kebersihan bulunya.

Selain itu, jika sahabat bulu berada dalam keadaan bulu yang kotor, mereka dapat memengaruhi kesehatan hewan peliharaan. 

Akan tetapi, bagaimana dengan sahabat bulu jenis lainnya seperti kelinci? Apakah mereka perlu dimandikan dengan air?

Irma melanjutkan, kelinci secara naluriah sudah bisa memastikan apakah dirinya cukup bersih atau tidak. Jika tidak, mereka akan lanjut membersihkan diri.

Menurutnya, apabila kelinci dimandikan, mereka bisa merasa kedinginan, bahkan hingga hipotermia. Sebab, suhu tubuhnya menjadi lebih rendah daripada suhu tubuh normalnya.

"Bisa menyebabkan kematian, jadi enggak dianjurkan untuk memandikan kelinci, kecuali ada kondisi tertentu," ujar Irma.

Adapun kondisi tertentu biasanya seperti penyakit, atau bulunya sangat kotor karena kelinci bermain di lumpur. Untuk penyakit, memandikan kelinci harus berdasarkan anjuran dari dokter hewan.

Sementara untuk pembersihan karena bulu kelinci sangat kotor, Irma menyarankan untuk mengunjungi groomer profesional. Sebab, mereka mengetahui teknik memandikan dan mengeringkan bulu kelinci secara tepat.


"Cara mengatasi bulu kelinci kotor juga bisa jangan dikeluarkan dari rumah. Meski dikeluarin di halaman, harus diawasin. Kalau kakinya kotor, bersihkan pakai tisu basah," ujar Irma.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/27/204700776/bolehkah-memandikan-kelinci-peliharaan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke