Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tanaman Beracun untuk Burung Peliharaan

Karena itu, pemilik burung harus berhati-hati memilih jenis tanaman hias yang aman saat memelihara burung di rumah. 

Keracunan ini terutama tergantung pada varietas tanaman, ukuran burung, dan seberapa banyak burung peliharaan memakannya, 

Gangguan gastrointestinal adalah tanda umum burung peliharaan keracunan ataun memakan sesuatu yang beracun. Dalam kondisi ini, segera membawa burung peliharaan ke dokter hewan.

Namun, langkah utama adalah mencegahnya. Dikutip dari The Spruce Pets, Jumat (26/8/2022), berikut sejumlah tanaman beracun untuk burung peliharaan. 

Amarilis merupakan tanaman beracun untuk burung peliharaan dan hewan peliharaan lainnya. Menelan bunga ini dapat menyebabkan hewan muntah, diare, anoreksia, air liur 

berlebihan, dan banyak lagi. 

Bunga lili 

Ada banyak jenis bunga lili, semuanya indah dan populer. Namun, pemilik burung harus menghindari merawat semua jenis tanaman bunga lili, termasuk bunga lili perdamaian. 

Sebab, bunga lili dapat menyebabkan iritasi parah pada mulut burung, air liur berlebih, dan tanda-tanda gastrointestinal seperti muntah. 

Philodendron adalah tanaman hias umum yang dedaunannya dapat menambahkan suasana hutan ke rumah, tetapi tanaman hias tidak aman untuk burung peliharaan.

Semua bagian tanaman philodendro beracun dan menyebabkan iritasi serius pada mulut burung, kesulitan menelan dan bernapas, serta muntah.

Bahkan, jika menelannya dalam jumlah besar, dapat menyebabkan koma dan kematian. 

Poinsettia

Tanaman cantik dengan bunga berwarna merah cerah rupanya menjadi tanaman beracun untuk burung peliharaan.

Poinsettia tidak hanya beracun untuk burung, tapi juga hewan peliharaan dan manusia. Tanaman hias ini bisa menyebabkan masalah pencernaan, melepuh, air liur berlebih, iritasi kulit, dan masalah kesehatan serius lainnya. 

Ivy hijau yang subur adalah dekorasi yang populer di banyak rumah. Meski menambahkan aksen yang indah ke sebuah ruangan, beberapa jenis ivy, termasuk English ivy, dapat mematikan bagi burung peliharaan mana pun.

Ivy menjadi tanaman beracun untuk burung peliharaan yang dapat menyebabkan masalah gastrointestinal seperti muntah, sakit perut, diare, serta hipersalivasi. 

Shamrock

Anda mungkin berpikir memiliki tanaman shamrock akan membawa sedikit keberuntungan ke rumah, tetapi tidak untuk burung.

Shamrock termasuk tanaman beracun untuk burung peliharaan serta hewan lain seperti anjing dan kucing. Tanaman ini bisa menyebabkan tremor dan air liur berlebihan bila sahabat bulu tak sengaja menelannya. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/26/130600376/6-tanaman-beracun-untuk-burung-peliharaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke