Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Fakta Menarik Ekor Anjing, dari Berkomunikasi dan Membantu Bergerak

Anjing peliharaan sering kali menggoyangkan, mengibaskan, dan menyelipkan ekornya di antara kaki. Namun, tak banyak pemilik yang mengetahui maksud anjing peliharaan ini. 

Nah, berikut ini sejumlah fakta menarik ekor anjing untuk mengetahui maksud sahabat bulu dikutip dari Rover, Selasa (23/8/2022). 

Ekor anjing dapat mengomunikasikan perasaan, dari rasa ingin tahu hingga kegelisahan. Ekor yang terselip di antara kedua kaki dapat menunjukkan rasa malu atau tunduk.

Ekor anjing yang tegak lurus ke atas menjadi tanda kepercayaan diri, bahkan agresi. Selain itu, kecepatan mengibaskan ekor anjing dapat membawa banyak arti.

Menurut VCA Animal Hospital atau Rumah Sakit Hewan VCA di Amerika Serikat, semakin cepat mengibaskan ekornya, semakin bersemangat sahabat bulu.

Sebaliknya, ekor anjing yang bergoyang lambat atau ekstra lembut mungkin menunjukkan rasa tidak aman. Gerakan yang sangat cepat dan tinggi adalah tanda kewaspadaan.

Karena itu, kibasan terbaik dari semua ekor anjing adalah yang santai dan cepat disertai dengan goyangan pantat. Ini menandakan bahwa anjing senang bersama Anda.  

Seperti ditulis  Dr. Stanley Coren, penulis How To Speak Dog: Mastering the Art of Dog-Human Communication dalam Psychology Today, “Ketika sendirian, anjing tidak akan mengibaskan ekornya yang khas, seperti halnya orang tidak berbicara ke dinding.” 

Ekor anjing adalah perpanjangan dari tulang belakang

Ekor anjing terdiri atas tulang belakang seperti tulang punggung. Ekor memiliki lima sampai 20 ruas tulang belakang yang lebih besar di bagian pangkal dan mengecil di bagian ujung.

Seperti tulang belakang di belakang, tulang ekor dipisahkan cakram lunak yang memberikan bantalan dan fleksibilitas 

Patah tulang ekor dapat terjadi dan bisa menyebabkan masalah ringan hingga serius, tergantung pada lokasinya.

Patah tulang di ujung ekor dapat sembuh dengan sendirinya meski ekornya mungkin memiliki tonjolan atau lekukan di tempat patah.

Patah tulang di dekat pangkal ekor anjing dapat melibatkan kerusakan saraf lebih serius. Setiap cedera ekor harus segera mendapat perawatan dokter hewan. 

Misalnya, ras anjing Spitz seperti Shiba inu dan Akita memiliki ekor “sabit” karena meringkuk di atas punggung anjing dan mengarah ke kepala mereka seperti sabit.

Sementara itu, anjing Labrador retriever memiliki ekor "berang-berang" yang tebal ke arah pangkal dan meruncing ke ujung, ditutupi bulu tebal serta pendek. Ekor berang-berang dinamai karena kemiripannya dengan berang-berang serta membantunya berenang lebih baik. 

Ekor anjing membantu bergerak

Terakhir, fakta menarik ekor anjing adalah membantunya bergerak. Untuk beberapa anjing, ekor berfungsi sebagai penyeimbang untuk membantunya menyeimbangkan dan membuatnya bergerak lebih tepat.

Coba perhatikan baik-baik saat melihat anjing Greyhound di taman. Anda mungkin melihat ekor rendah mereka bertindak sebagai kemudi saat anjing Greyhound berlari. Demikian pula, ekor anjing dapat bertindak sebagai kemudi di dalam air ketika sahabat bulu berenang.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/23/224500076/5-fakta-menarik-ekor-anjing-dari-berkomunikasi-dan-membantu-bergerak

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke