Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui, Tanda AC Berjamur dan Cara Mengatasinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendingin ruangan atau AC sangat bermanfaat untuk menyejukkan ruangan dengan cepat, khususnya saat cuaca panas. Namun, ada penyebab AC berjamur, yang dapat mengganggu kesehatan Anda dan keluarga.

Dilansir Lifehacker, Selasa (23/8/2022), jika AC tidak dirawat dengan baik, tidak berfungsi dengan baik, atau tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, AC bisa berjamur. Sebab, kondisi itu menjadi lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan jamur.

Karena jamur berpotensi menyebabkan atau memperburuk berbagai masalah kesehatan, maka Anda tidak boleh memiliki AC berjamur dan segeralah lakukan tindakan.

Tanda-tanda AC berjamur

Kecuali ada jamur yang terlihat di bagian luar unit AC, tidak selalu mudah untuk mengetahui apakah itu ada. Seringkali, hal pertama yang diperhatikan orang adalah bau ap saat AC dihidupkan.

Tanda potensial lainnya adalah seseorang di rumah Anda mengalami gejala pernapasan baru atau memburuk, seperti batuk, mengi, atau sesak napas, atau semakin sering sakit kepala atau sakit tenggorokan.

Sebelum melakukan pemeriksaan apa pun yang mungkin melibatkan jamur, ada baiknya Anda mengenakan masker wajah terlebih dahulu, sehingga Anda tidak akan menghirupnya.

Jamur pada atau di AC bisa berwarna hitam, coklat, hijau, putih, merah muda, kuning, atau oranye. Mungkin juga muncul sebagai debu hitam yang menumpuk di sekitar ventilasi udara.

Meskipun jamur tidak terlihat dari luar unit AC, jamur mungkin tumbuh di dalamnya. Berikut ini cara memeriksa adanya jamur di AC.

Matikan AC, lalu cabut kabel listrik AC. Kemudian, akses filter AC Anda.

Keluarkan filter, dan cari noda terutama yang berwarna cokelat, hitam, dan hijau keabu-abuan, atau bubuk putih atau abu-abu, yang merupakan jamur. Jika Anda tidak melihatnya, gunakan senter untuk memeriksa bagian dalam dari tanda-tanda jamur dan lumut.

Apa yang harus dilakukan jika Anda menemukan jamur di AC?

Hal pertama yang harus dilakukan jika Anda melihat atau mencurigai adanya jamur di AC adalah berhenti menggunakannya, menurut US Environmental Protection Agency (EPA). Ini berarti mematikan unit AC Anda.

Pasalnya, menurut EPA, terus menggunakan AC yang terkontaminasi dapat menyebarkan jamur ke seluruh rumah Anda.

Jika AC memiliki banyak jamur, hal yang paling aman untuk dilakukan adalah menyingkirkannya. Namun jika jamur atau lumut tampak terbatas pada filter dan tidak terlalu parah, Anda dapat mengganti filter AC atau mencoba membersihkannya.

Pertama, kenakan masker wajah, sarung tangan, dan pelindung mata, serta lepaskan filter AC. Kemudian, gunakan sikat berbulu lembut atau sikat gigi bekas untuk menghilangkan kotoran dan jamur yang terlihat dari filter.

Selanjutnya, campurkan larutan satu bagian pemutih dengan 10 bagian air, rendam filter AC di dalamnya, dan biarkan meresap setidaknya selama 10 menit. Setelah itu, bilas filter dengan air bersih, dan biarkan mengering.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/23/074700776/ketahui-tanda-ac-berjamur-dan-cara-mengatasinya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke