Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gampang, Ini Cara Menanam Bonggol Aglonema di Pot

Selain memiliki penampilan yang cantik, tanaman ini juga mudah diperbanyak. Salah satu cara memperbanyak tanaman aglonema adalah menggunakan bonggolnya.

Cara menanam bonggol aglonema bisa dilakukan di dalam pot dengan syarat semya kebutuhan tanaman terpenuhi.

Lantas, bagaimana cara menanam aglonema menggunakan bonggol agar tumbuh subur

Mengutip dari buku Budidaya Tanaman Hias Daun Anthurium dan Aglaonema, Minggu (21/8/2022), berikut cara menanam bonggol aglonema. 

Media tanam yang digunakan untuk menanam bonggol aglonema adalah tanah berhumus. Jenis tanah ini memiliki unsur hara yang melimpah dan porositasnya tinggi.

Selain itu, media tanam seperti campuran arang sekam, cocopeat, dan pasir halus juga bisa digunakan untuk menanam aglonema.

Namun, sebelum digunakan untuk memperbanyak aglonema, media tanam harus terlebih dahulu disterilisasi agar media tersebut tidak terkontaminasi patogen yang menyebabkan tanaman mati.

Sterilisasi bisa dilakukan dengan mengkukus media tanam selama 20 menit, menjemur di bawah sinar matahari selama seharian, atau menaburkan Basamide G atau Furadan dengan dosis tertentu.

Memilih pot

Bahan pot yang digunakan untuk menanam bonggol agloneme bisa disesuaikan dengan keinginan. Hal terpenting adalah dasar pot harus memiliki lubang agar air tidak menggenang.

Proses penanaman

Cara menanam bonggol aglonema tidak sulit. Berikut langkah-langkahnya. 

Pemeliharaan tanaman aglonema perlu dilakukan untuk menjaga tanaman tumbuh baik dan subur. Beberapa pemeliharaan tanaman aglonema yang perlu dilakukan seperti berikut:

Itulah penjelasan dingkap seputar cara menanam bonggol aglonema dalam pot dan perawatan aglonema. Selain menjadi tanaman koleksi, aglonema juga bisa menjadi bisnis yang prospektif.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/21/105400076/gampang-ini-cara-menanam-bonggol-aglonema-di-pot-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke